Tanda-tanda Orang yang Salat Bersama Setan

Rabu, 18 November 2020 - 09:21 WIB
loading...
Tanda-tanda Orang yang Salat Bersama Setan
Ssetan akan terus menggangu manusia dengan berbagai cara agar salat seseorang menjadi tidak sempurna. Foto ilustrasi/ist
A A A
Janji setan kepada Allah Subhanahu wa ta'ala adalah menyesatkan seluruh manusia. Maka, beragam tipu daya dan muslihat akan dilancarkan bala tentara setan dan iblis ini agar manusia ingkar dari Tuhannya. Allah menegaskan perkataan setan itu dalam firman-Nya:

{قَالَ فَبِمَا أَغْوَيْتَنِي لأقْعُدَنَّ لَهُمْ صِرَاطَكَ الْمُسْتَقِيمَ (16) ثُمَّ لآتِيَنَّهُمْ مِنْ بَيْنِ أَيْدِيهِمْ وَمِنْ خَلْفِهِمْ وَعَنْ أَيْمَانِهِمْ وَعَنْ شَمَائِلِهِمْ وَلا تَجِدُ أَكْثَرَهُمْ شَاكِرِينَ (17)

"Iblis berkata: “Karena Engkau telah menghukum saya tersesat, saya benar-benar akan (menghalang-halangi) mereka dari jalan Engkau yang lurus. kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka. dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur (taat). (QS. Al A’raf : 16 – 17)

(Baca juga : Enam Jenis Bisikan Setan yang Merasuki Manusia )

Muslimah, salah satu cara setan menyesatkan manusia yakni dengan melalaikan manusia dari salat. Setan akan senantiasa menggoda manusia agar salatnya tidak sempurna bahkan membujuk manusia agar ringan meninggalkan salat. Karena itu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

"Jika panggilan salat (adzan) dikumandangkan maka setan akan lari sambil mengeluarkan kentut hingga ia tidak mendengar suara adzan. Apabila panggilan adzan telah selesai maka setan akan kembali. Dan bila iqamat dikumandangkan setan kembali berlari dan jika iqamat telah selesai dikumandangkan dia kembali lagi, lalu menyelinap masuk kepada hati seseorang seraya berkata, 'Ingatlah ini dan itu'. Dan terus saja dia melakukan godaan ini hingga seseorang tidak menyadari berapa rakaat yang sudah dia laksanakan dalam salatnya." (HR Bukhari)

(Baca juga : Memohon Doa Ampunan dan Keselamatan Seperti yang Dipanjatkan Nabi SAW )

Padahal salat adalah ibadah yang paling utama dan yang pertama kali dihisab, tentunya setan tidak akan mudah membiarkan manusia menyembah Tuhannya, setan akan terus menempel bersama orang yang salat agar salatnya tidak khusyu. Dinukil dari buku karya Dr.Hasan el-Qudsy, '60 Kultum & Tausiyah Terbaik Sepanjang Masa', disebutkan ada orang-orang yang salat bersama setan ini. Mereka adalah sebagai berikut:

1.Orang yang waswas dalam niat

Setan membuat hatinya was wasan dan tidak yakin niatnya telah sempurna. Mengulang takbir berkali – kali, hingga imam rukuk bahkan sujud, ia masih saja dipermainkan setan dalam niat dan takbirnya.

(Baca juga : Syariat Islam Telah Sempurna Mengatur Perihal Rujuk )

2.Orang yang ingat itu dan ini

Saat tengah salat, setan akan mendatangi manusia untuk mengingatkan berbagai urusan, hingga sholat seseorang menjadi tidak khusyu.

Dikisahkan suatu hari Imam Hanafi didatangi seseorang yang kehilangan barang. Ia lupa menaruh barangnya, oleh Imam Hanafi orang itu dianjurkan untuk salat sepanjang malam hingga menemukan barang yang dicari. Namun baru setengah malam menjalankan salat, setan membuatnya ingat lokasi barang tersebut.

(Baca juga : Kerumunan Massa Habib Rizieq, Pakar Hukum: Jangan Asal Salahkan Gubernur )

Ketika ditanya mengenai hal tersebut, Imam Hanafi menerangkan bahwa setan tidak akan senang apabila seorang hamba khusyu dalam salatnya, sehingga setan akan membuatnya mengingat apa yang ia lupakan saat salat.

3.Orang yang merasa ragu buang angin

Perasaan ragu buang angin atau tidak adalah sebuah gangguan yang setan hembuskan untuk mengacaukan salat seseorang.
Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

“ Jika salah seorang di antara kalian merasakan hal itu, maka janganlah membatalkan sholatnya hingga dia mendengar suaranya atau mencium baunya tanpa ragu.”(H.R Ahmad)

(Baca juga : Simpan Benda Angkasa Paling Dicari, Anak Medan Ini Usik Astronom Dunia )

4.Orang yang tidak fokus pada salatnya

Setan akan membuat seorang yang sedang salat menjadi tidak fokus dengan mencuri perhatian, menjadikan orang yang sedang salat menengok kesana kemari, membaca tulisan di depannya atau teralihkan oleh dering telepon genggamnya.

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Aisyah radhiyallahu 'anha, ia berkata:

“Saya bertanya kepada Rasulullah tentang hukum menengok ketika sholat”. Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam menjawab, “Itu adalah curian setan atas sholat seorang hamba”. (HR Bukhari)

(Baca juga : Kunci Sukses Investasi, Jangan Hanya Mikir Cuan! )

5.Orang yang salatnya tergesa – gesa

Salat dengan tergesa-gesa sehingga salatnya tidak Tuma’ninah, Rasulullah sangat melarang hal tersebut. Dalam sebuah hadis Rasulullah bersabda :

“Sejahat-jahat pencuri adalah yang mencuri dari salatnya”. Para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, bagaimana mencuri dari salat?”. Rasulullah berkata, “Dia tidak sempurnakan ruku dan sujudnya” (HR Ahmad)

Dalam hal ini Rasulullah menganggap perbuatan mencuri dalam salat lebih buruk daripada mencuri harta.

(Baca juga : Tak Diberikan Izin Pengelola Monas, Reuni 212 Ditunda Sementara )

6.Wanita yang salat ke masjid menggunakan wangi – wangian

Menggunakan wangi-wangian saat ke masjid adalah salah satu perbuatan yang Rasulullah larang.

Rasulullah bersabda, yang artinya : “Jika salah satu dari kalian(para wanita) hendak ke masjid, maka janganlah sekali-kali menyentuh wewangian.”(HR Muslim)

Demikianlah, setan akan terus menggangu manusia dengan berbagai cara agar salat seseorang menjadi tidak sempurna. Di antara cara yang paling sering digunakan untuk membuat salat menjadi tidak khusyu adalah membuat lupa sesuatu sebelum salat, namun ketika salat justru ingat hal tersebut.

(Baca juga : Keroyok Warga hingga Tewas, 11 Prajurit TNI AD Dituntut Penjara )

Hendaknya kita senantiasa meminta perlindungan kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk dan selalu berusaha mempebaiki kualitas salat kita agar lebih khusyu.

Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2789 seconds (0.1#10.140)