Ini Perbedaan Muslim dan Mukmin, Kamu Pilih Mana?

loading...
Ini Perbedaan Muslim dan Mukmin, Kamu Pilih Mana?
Salah satu ciri orang-orang beriman (mukmin) yaitu mereka yang khusyuk dalam salatnya dan menjauhkan diri dari perbuatan serta perkataan yang tak berguna. Foto/Ist
Golongan muslim dan mukmin tidaklah sama. Seorang mukmin sudah pasti seorang muslim, namun seorang muslim belum tentu menjadi mukmin. Lantas, apa makna seorang muslim dan mukmin?

Kebanyakan kaum muslimin hari ini baru menunaikan syiar Islam mulai dari syahadat, shalat, zakat, puasa Ramadhan, haji bagi yang mampu. Namun, mereka masih 'gersang'. Level mereka belum sampai kepada mukmin. Al-Qur'an mengabarkan hal ini sebagaimana firman-Nya:

"Ketika orang-orang Arab Badui itu berkata, 'Kami telah beriman'. Katakanlah, 'Kalian belum beriman, tapi katakanlah, 'Kami telah berislam (tunduk)', karena iman itu belum masuk ke dalam hati kalian. Dan jika kalian taat kepada Allah dan Rasul-Nya, dia tidak akan mengurangi sedikitpun pahala amalanmu. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (Al-Hujurat: 14)

(Baca Juga: Seorang Laki-laki Bertanya Islam Apa Paling Baik? Ini Jawaban Rasulullah)



Lalu siapakah orang beriman (mukmin) itu? Jawabannya ada dalam Al-Qur'an:

التَّائِبُونَ الْعَابِدُونَ الْحَامِدُونَ السَّائِحُونَ الرَّاكِعُونَ السَّاجِدُونَ الْآمِرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَالنَّاهُونَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَالْحَافِظُونَ لِحُدُودِ اللَّهِ وَبَشِّرِ الْمُؤْمِنِينَ

"Mereka itu adalah orang-orang yang bertobat, beribadah, memuji (Allah), mengembara (demi ilmu dan agama), rukuk, sujud, menyuruh berbuat makruf dan mencegah dari yang mungkar dan yang memelihara hukum-hukum Allah. Dan gembirakanlah orang-orang yang beriman.." (QS. At-Taubah: 112)



Ciri-ciri orang mukmin ini juga dijelaskan terperinci dalam Surah Al-Mukminun.
halaman ke-1 dari 2
cover top ayah
يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوا اصۡبِرُوۡا وَصَابِرُوۡا وَرَابِطُوۡا وَاتَّقُوا اللّٰهَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ
Wahai orang-orang yang beriman! Bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap-siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah agar kamu beruntung.

(QS. Ali 'Imran:200)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video