Tips Memilih Istri Saleha dari Syaikh Ahmad Al-Misri

loading...
Tips Memilih Istri Saleha dari Syaikh Ahmad Al-Misri
Istri yang salehah akan berkata jika kamu mencintai aku, bantulah aku agar masuk surga sekeluarga. Foto ilustrasi/Ist
Syaikh Ahmad Al-Misri mengatakan, jodoh itu ibarat buah semangka. Kulit luarnya hijau, tapi kita tidak tahu apakah isinya berwarna putih atau merah. Pilihlah pasangan yang dapat mendukung kita bersama-sama untuk mencapai ridha Allah Ta'ala.

"Sebelum menikah, pilihlah calon istri yang sesuai keinginan kita. Perlu ilmu untuk memilih pasangan yang cocok agar tidak timbul permasalahan setelah menikah," kata Dai lulusan Mesir saat mengisi kajian Dhuha di Masjid Asy-Syarif Kompleks Sekolah Islam Al-Azhar, BSD, Tangerang Selatan. (Baca Juga: Mengapa Jodoh Tak Kunjung Datang? )

Lalu, bagaimana cara memilih istri yang saleha?
Syaikh Ahmad menukil salah satu Hadis Nabi dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:

تُنْكَحُ الْمَرْأَةُ لأَرْبَعٍ: لِمَـالِهَا وَلِحَسَبِهَا وَلِجَمَالِهَا وَلِدِيْنِهَا، فَاظْفَرْ بِذَاتِ الدِّيْنِ تَرِبَتْ يَدَاكَ



"Wanita dinikahi karena empat perkara: karena hartanya, keturunannya, kecantikannya, dan agamanya; maka pilihlah wanita yang taat beragama, niscaya engkau beruntung." (HR Al-Bukhari)

Kalau anda ingin kecantikan semata, berarti anda adalah hamba keindahan. Kalau nanti sang istri sakit, kecantikannya hilang. Keindahan itu bukan hanya di pakaian atau wajah, tetapi keindahan akhlak (budi pekerti).

"Orang yang dinikahi karena dilandasi agama, maka wajah istri selalu terlihat cantik. Jangan sekali-kali menikahi perempuan karena background-nya. Itu buruk. Saya menikahi istri saya gak memandang apapun, tapi saya memandang apakah keluarganya baik," kata Syaikh Ahmad .



Kemudian karena harta, dan yang terakhir karena agamanya. Berusahalah mencari wanita yang punya agama, kalau dia cantik atau tidak cantik, punya harta atau tidak punya harta asal agamanya bagus. Sekarang banyak suaminya tak punya uang, ditinggal oleh istri.

Ribuan kasus perceraian disebabkan karena masalah ekonomi. Kalau wanita salehah dia akan membantu suaminya. Apakah itu berdagang, jual nasi uduk, nasi goreng. Dia turun bersama suaminya, membantu ekonomi keluarga. Jika suaminya selingkuh itu tak ada kebaikannya, akan dihancurkan oleh Allah Ta'ala.

(Baca Juga: Amalan yang Mempermudah Datangnya Jodoh )

Cara Mendapatkan Jodoh Salehah

1. Memohon kepada Allah Agar Dianugerahi Istri Salehah
Rezeki besar kalau anda dapat istri yang salehah . Rezeki besar kalau anda dapat suami yang shaleh. Istri yang salehah akan berkata jika kamu mencintai aku, bantulah aku agar masuk surga sekeluarga. Mencintai karena Allah dan mencintai karena Rasulullah .

2. Niatkan Pernikahan untuk Menjaga Kehormatan
Kalau anda menikah karena menjaga kehormatan akan dipermudah oleh Allah Ta'ala. Rasulullah bersabda:

ثَلَاثَةٌ حَقٌّ عَلَى اللهِ تَعَالَى عَوْنُهُمْ : الْمُجَاهِدُ فِيْ سَبِيْلِ اللهِ وَ الْمُكَاتَبُ الَّذِيْ يُرِيْدُ الْأَدَاءَ وَالنَّاكِحُ الَّذِيْ يُرِيْدُ الْعَفَافَ

"Ada tiga golongan, Allah mewajibkan atas dzat-Nya untuk membantunya: (yaitu) orang yang berjihad di jalan Allah, orang yang menikah untuk menjaga kehormatan diri dan budak yang berusaha membeli dirinya sendiri hingga menjadi orang merdeka." (HR Ahmad dan at-Tirmidzi)

3. Bertanya kepada Orang yang Ahli
Kita dapat bertanya kepada ulama, saudara, atau tetangga kita. Ciri istri salehah: (1) Apabila diperintahkan dia taat. (2) Apabila tidak ada di sisinya ia menjaga diri. (3) Apabila dipandang wajahnya membahagiakan.

Karena itu, jika ingin menikah jangan cuma melihat fotonya, tapi lihatlah aslinya. Bisa juga bertanya ke ahlinya, tanya tetangganya bagaimana si fulan. Berkah itu adalah kalau menikah membuat dekat dengan Allah. Kalau menikah membuat jauh dari Allah itu musibah besar. Kata ulama, jika seorang wanita meninggal belum menikah dan bersabar dia dapat pahala syahid dan dinikahkan di surga.

4. Istikharah
Ini memilih antara dua hal, saya bingung apakah si A atau si B. Maka lakukan salat istikharah. Istikharah tidak hanya diberi petunjuk lewat mimpi, tetapi nanti bisa cenderung ke si A atau si B. Kalau belum ada, diulangi lagi sampai ada kecenderungan hati.
halaman ke-1 dari 2
cover top ayah
رَبِّ اجۡعَلۡنِىۡ مُقِيۡمَ الصَّلٰوةِ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِىۡ‌‌ ۖ رَبَّنَا وَتَقَبَّلۡ دُعَآءِ‏
Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang yang tetap melaksanakan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.

(QS. Ibrahim:40)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video