Cara Memilih Suami yang Saleh, Berikut Amalannya

Kamis, 26 November 2020 - 12:37 WIB
loading...
Cara Memilih Suami yang Saleh, Berikut Amalannya
Suami yang saleh akan menjadi teladan dan pemimpin yang mengantarkan keluarganya menuju surga dan ridha Allah. Foto ilustrasi/Ist
A A A
Suami yang baik dan saleh adalah dambaan semua kaum muslimah. Suami yang saleh akan menjadi teladan dan pemimpin yang mengantarkan keluarganya menuju surga dan ridha Allah.

Bagaiman cara memilih suami yang saleh ? Berikut tips dari Syaikh Ahmad Al-Misri (Dai lulusan Mesir) saat mengisi kajian Dhuha di Masjid Asy-Syarif Kompleks Sekolah Islam Al-Azhar, BSD, Tangerang Selatan.

1. Jangan Tertipu Penampilan
Carilah laki-laki yang akhlaknya baik yang kalau terjadi sesuatu ia tidak akan menzalimimu. Ada orang dikenal di bumi tapi terkenal di langit. Ada orang tak dikenal di bumi, tapi terkenal di langit.

2. Punya Kemampuan Secara Ekonomi
Laki-laki itu tidak harus orang kaya, yang penting dia mampu menafkahi istri dan anak. Kalau ada yang kaya bagus, tapi yang berkecukupan bisa mencukupi.

3. Bersabar Atas Takdir Allah
Kalau yang anda pilih ternyata punya kekurangan, maka bersabarlah atas takdir Allah. Jangan sampai setelah menikah, malah tidak rajin mengaji atau tidak hadir di majelis ilmu.

4. Banyak Berdoa dan Tidak Berputus Asa
Berdoa agar dianugerahi suami yang saleh. Jika anda dapat suami yang saleh itu lebih baik dari dunia dan seisinya. Anda akan dimuliakan, di akhirat diajak bersama. Sebab, istri itu adalah berlian sehingga wajib dimuliakan.

5. Cari Suami yang Shalat Tepat Waktu
Kalau dia bisa menjaga shalat tepat waktu, maka dia pasti bisa menjagamu. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Sebaik-baik kalian adalah yang paling baik terhadap keluarga (istri)nya. Aku adalah orang yang paling baik di antara kalian terhadap keluarga (istri)ku." (HR At-Tirmidzi)

6. Cari Suami yang Bekerja di Tempat yang Baik dan Halal
Jangan tergoda dengan laki-laki yang mencari nafkah dari tempat yang haram (sumber yang haram).

( )

Amalan Agar Bisa Mendapatkan Pasangan yang Baik:
1. Perbanyak istighfar.
2. Banyak berdoa.
3. Jaga dzikir pagi dan petang.
4. Menjaga shalat 5 waktu.
5. Menjaga shalat malam walaupun 2 raka'at.
6. Baca Surat Al-Anbiya Ayat 89:
رَبِّ لَا تَذَرۡنِىۡ فَرۡدًا وَّاَنۡتَ خَيۡرُ الۡوٰرِثِيۡنَ‌

"Ya Tuhanku, janganlah engkau biarkan aku hidup seorang diri (tanpa keturunan) dan engkaulah perwaris yang terbaik." (QS Al-Anbiya: 89)
7. Amalkan ini di malam Jumat:
- Istighfar 100 kali .
- Shalawat 100 kali.
- Baca Surat Maryam.
- Baca Surat Yaasiin.
- Kemudian berdoa agar diberi jodoh terbaik.

(Baca Juga: Doa Agar Cepat Mendapat Jodoh Terbaik)

"Itulah amalan yang disampaikan guru-guru kami, semoga bisa diamalkan. Carilah suami yang mengayomimu, melindungimu sampai akhirat," kata Syaikh Ahmad.

Untuk ikhwan (laki-laki), perempuan itu seperti payung. Kalau engkau muliakan di atas kepala engkau akan mendapatkan keberkahan. Kalau tidak diletakkan di atas kepala tidak akan mendapat kebaikan dan keberkahan. Semoga Allah memberikan hidayah dan karunia-Nya agar yang belum menikah dimudahkan jodohkan dengan pasangan terbaik. Aamiin.

( )
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4596 seconds (0.1#10.140)