Pernikahan Fitnah

Kamis, 03 Desember 2020 - 19:18 WIB
loading...
Pernikahan Fitnah
Sefaqih dan sealim apapun seseorang, tetap saja hati manusia mudah tergelincir oleh fitnah. Kisah Imran bin Hiththan hanyalah satu dari sekian banyak kasus serupa. Foto ilustrasi/ist
A A A
Imran bin Hitthan bin Zhbyan adalah seorang ulama yang banyak meriwayatkan hadis dari para Sahabat Nabi. Artinya, ia salah seorang dari Tabi’in , generasi yang bertemu dengan Sahabat Nabi Shallallahu alaihi wa sallam. Di antaranya ia meriwayatkan hadis dari Abu Musa al-Asy’ari, Ibnu Abbas, Ibnu Umar, Sayyidah ‘Aisyah, dan masih banyak lagi.

(Baca juga : Mengenal Sifat Allah sebagai al-Mujib )

Siapakah Imran ini? Dahulunya, Imran bin Hitthan adalah pembesar ulama Ahlu Sunnah wal Jama’ah di kota Bashrah. Ia sangat masyhur dengan julukan Abu Syihab. Selain itu, Imran bin Hitthan dipandang sebagai seorang penyair yang agung . Keindahan puisi-puisinya kerap sekali disejajarkan dengan keindahan puisi-puisi karya penyair yang sudah terkenal terlebih dahulu, semisal Farozdak dan Jarir.

Imran bin Hitthan memiliki banyak murid yang nantinya akan menjadi rantai sanad hadis darinya. Di antara murid-muridnya adalah Yahya bin Abi Katsir, Qatadah, Maharib bin Ditsar, dan masih banyak lagi. Sayangnya, separoh hayatnya ia terjerat oleh fitnah wanita. Ya, oleh cinta. Seperti apa kisahnya?

(Baca juga: Sebaik-baiknya Pernikahan yang Paling Baik )

Dirangkum dari beberapa sumber seperti Fath al-Bari Syarh Shahih Bukhari karya Ibnu Hajar al-Asqalani, Tahdzib at-Tahdzib karya Ibnu Hajar al-Asqalani dan Mizan al-‘Itidal karya Syamsuddin adz-Dzahabi, dikisahkan suatu hari, Imran bin Hitthan yang usianya masih sangat muda mengenal seorang gadis dari keluarga besarnya. Ia ingin menikahi putri pamannya bernama Hamnah.

Saat itu, ia berkeinginan menyelamatkan Hamnah dari pemikiran menyimpang. Pasalnya, Hamnah merupakan pengikut pemahaman Khawarij. Aliran Khawarij kerap kali mencaci-maki para al-Khulafa ar-Rasyidin, yaitu Khalifah Abu Bakar ash-Shiddiq, Khalifah Umar bin Khattab, Khalifah Utsman bin Affan, dan Khalifah Ali bin Abi Thalib.

(Baca juga : Ada Keutamaan Bila Menutupi Aib Orang Lain )

Pemahaman tersebut terkenal sangat bermudah-mudahan dalam mengkafirkan orang dan menumpahkan darah. Inilah pemahaman dibalik pembunuhan Khalifah Utsman bin ‘Affan dan Ali bin Abi Thalib. Rasulullah bahkan telah memperingatkan bahaya mereka para Khawarij yang penampakannya islami namun pemikirannya menyimpang jauh dari ajaran beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Karena memahami bahaya Khawarij yang disebut dalam hadis dan ajaran para shahabat, Imran pun merasa sangat khawatir. Ia sedih putri pamannya terjatuh dalam pemahaman tersebut. Ia lalu bertekad meluruskan Hamnah kembali pada ajaran Rasulullah sesuai pemahaman para sahabat nabi.

(Baca juga : Polisi Tangkap Penyebar Masif Azan Jihad di Jatinegara Jakarta Timur )

Imran kemudian mendatangi pamannya untuk melamar Hamnah. Ia yakin bisa meluruskan Hamnah jika si wanita menjadi istrinya. Berlangsunglah pernikahan antara Imran dan Hamnah yang parasnya sangat cantik jelita. Rumah tangga pun dibangun Imran dengan cita-cita tinggi mengajak Hamnah bertaubat dan membangun keluarga diatas sunnah Rasulullah dan para sahabatnya.

Namun cita-cita tinggal lah angan saja. Impiannya meluruskan pemahaman Hamnah ternyata sirna sudah. Setelah menikah, Imran ternyata terbelenggu fitnah. Benarlah bahwa fitnah terbesar bagi pria adalah wanita. Bukannya mempengaruhi sang istri, Imran justru dipengaruhi oleh istrinya. Imran terjatuh pada pemahaman Khawarij. Luntur sudah segala ilmu yang ia pelajari dari s.ahabat nabi.

(Baca juga: Warung Mantap Sejahtera Besutan Bank Mantap dan TMI Jadi Pilihan Purnawirawan TNI )

Imran bin Hiththan sang mata para ulama, seorang yang faqih dalam agama, siapa sangka dapat terjerumus pada fitnah wanita. Orang-orang terkejut ketika Imran tampil menjadi tokoh khawarij. Murid-muridnya tak percaya gurunya yang saleh dapat terfitnah. Para ulama sahabatnya pun sangat menyayangkan dan menyesali. Umat Islam kehilanggan seorang ulama faqih dari kalangan tabi’in.

Bahayanya Fitnah Wanita

Sefaqih dan sealim apapun seseorang, tetap saja hati manusia mudah tergelincir oleh fitnah. Kisah Imran bin Hiththan hanyalah satu dari sekian banyak kasus serupa. Betapa banyak muslimin yang terfitnah setelah menikah.

(Baca juga : RI Pulangkan Puluhan WNI Korban Perdagangan Orang dari Timur Tengah )

Seorang pria berkeinginan menikahi seorang perempuan agar perempuan tersebut menjadi saleha, atau berhijab, mengaji, bermajelis, dan sebagainya. Pria itu lalu menikahinya. Namun pada kenyataannya justru si pria yang futur iman dan jauh dari agama.

Bahkan yang lebih menyedihkan di masa kini, tak sedikit pemuda muslim yang menikahi perempuan non-muslim dengan harapan dapat menjadikan wanita itu muslimah. Namun pada kenyataannya, justru keimanan si pria yang kemudian luntur tak tersisa. Ia justru terbawa sang istri dan menjadi murtad. Naudzubillah. Jangankan pria biasa, seorang alim sekelas Imran sang ulama tabi’in pun dapat terfitnah wanita.

(Baca juga : Rekor! Hari Ini Kasus Covid-19 Bertambah 8.369, Papua Penyumbang Tertinggi )

Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2625 seconds (0.1#10.140)