Inilah Doa-doa Agar Diberi Keturunan yang Saleh

loading...
Inilah Doa-doa Agar Diberi Keturunan yang Saleh
Di dalam Al-Quran dan sunnah, banyak doa-doa yang disampaikan Allah Subhanahu wa taala dan Rasulullah untuk mendapatkan anak yang saleh. Foto ilustrasi/ist
Memiliki anak yang saleh , tentu menjadi dambaan setiap orang tua . Mengapa setiap orang tua ingin memiliki keturunan yang saleh? Sebagai umat Islam, kita menyakini bahwa anak yang saleh memiliki implikasi di akhirat. Amalan-amalan anak yang saleh senantiasa berkorelasi dengan kedua orang tuanya walaupun sang orang tua telah wafat.

(Baca juga : Amalkan Lima Doa Ini, Rezeki Datang Bertubi-tubi )

Jika sang anak melakukan kebaikan atau mendoakan orang tuanya maka amal dari kebaikannya juga merupakan amal orang tuanya dan doanya akan segera terkabul oleh Allah Subhannahu wa Ta’ala. Bahkan Allah Ta'ala menegaskan bahwa salah satu pahala yang tidak pernah putus adalah dengan memiliki anak saleh. Anak saleh di sini maksudnya anak yang taat beribadah, patuh sama orang tua, melaksanakan perintah-Nya dan meninggalkan larangan-Nya.

Karena itu, untuk mendapatkan keturunan yang saleh dan memiliki budi pekerti yang baik, dianjurkan para orang tua untuk selalu berdoa kepada Allah Ta'ala. Bahkan, sebelum sang anak itu berada di rahim ibunya, doa-doa untuk mendapatkan keturunan yang saleh dianjurkan untuk selalu diamalkan.



(Baca juga : Bercermin, Berdialog dengan Diri Sendiri )

Seperti kita ketahui, di antara doa yang mustajab adalah doa dari ayah dan ibu kepada semua anak-anaknya. Oleh sebab itu kita sebagai orang tua disarankan agar sering membaca doa minta anak saleh sebab anak tersebut yang akan membawa kebaikan di dunia dan terutama di akhirat.

Seperti yang disabda Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam, “Tiga jenis doa mustajab yang tidak diragukan keajaibannya adalah doa orang tua untuk anaknya, doa orang musafir dan doa orang yang dizalimi,” (HR. Bukhari dan Muslim).



(Baca juga : Memberi Nama Anak yang Disukai Allah Ta'ala )

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa sallam bersabda, “Apabila mati anak Adam, maka terputuslah segala amalannya melainkan tiga perkara yakni sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak saleh yang mendoakan untuk orang tuanya," (HR Muslim)

Lantas, doa-doa apa saja yang harus kita amalkan untuk mendapatkan keturunan yang saleh ini? Di dalam Al-Qur'an dan sunnah, banyak doa-doa yang disampaikan Allah Subhanahu wa ta'ala dan Rasulullah untuk mendapatkan anak yang saleh. Salah satunya, mungkin sangat sering kita dengar atau bahkan sering pula kita melafalkannya, penggalan ayat atau doa yang berbunyi “Robbi hablii minash shoolihiin”?

(Baca juga : Mensos Tersangka, Pejabatnya Sunat Rp10 Ribu Setiap Paket Bansos Covid-19 )

Arti dari doa yang kita ucapkan itu yakni, “Ya Rabbi, anugerahkanlah kepadaku (anak) yang termasuk orang-orang yang saleh.

Selain itu, banyak doa lainnya yang bisa kita amalkan untuk mendapatkan anak-anak yang saleh dan saleha tersebut. Dirangkum dari berbagi sumber, berikut ini adalah doa untuk memohon kepada Allah Subhanhu wa ta'ala agar diberikan keturunan anak menjadi saleh dan saleha ini, yakni:

1. Doa Pertama :

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

ROBBANA HAB LANA MIN AZWAJINA WA DZURRIYATINA QURROTA A’YUN, WAJ’ALNA LILMUTTAQINA IMAMAA.

(Wahai Robb kami, karuniakanlah pada kami dan keturunan kami serta istri-istri kami penyejuk mata kami. Jadikanlah pula kami sebagai imam bagi orang-orang yang bertakwa) (QS. Al Furqon:74)

(Baca juga : Jelang Libur Akhir Tahun, Reservasi Hotel di Pangandaran Terus Meningkat )
halaman ke-1 dari 3
cover top ayah
اَللّٰهُ يَتَوَفَّى الۡاَنۡفُسَ حِيۡنَ مَوۡتِهَا وَالَّتِىۡ لَمۡ تَمُتۡ فِىۡ مَنَامِهَا‌ ۚ فَيُمۡسِكُ الَّتِىۡ قَضٰى عَلَيۡهَا الۡمَوۡتَ وَ يُرۡسِلُ الۡاُخۡرٰٓى اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى‌ ؕ اِنَّ فِىۡ ذٰ لِكَ لَاٰیٰتٍ لِّقَوۡمٍ يَّتَفَكَّرُوۡنَ
Allah memegang nyawa seseorang pada saat kematiannya dan nyawa orang yang belum mati ketika dia tidur, Allah menahan nyawa orang yang telah ditetapkan kematiannya dan melepaskan nyawa yang lain sampai waktu yang ditentukan. Sungguh, pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kebesaran Allah bagi kaum yang berpikir.

(QS. Az-Zumar:42)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video