Berperangai Buruk kepada Suami, Dosa Besar yang Sering Diremehkan

Senin, 07 Desember 2020 - 20:01 WIB
loading...
Berperangai Buruk kepada Suami, Dosa Besar yang Sering Diremehkan
Nabi Shallallahu alaihi wa sallam pernah meminta perlindungan kepada Allah dari istri yang berperangai buruk kepada suaminya. Foto ilustrasi/ist
A A A
Seorang istri yang taat kepada suami dalam hal yang makruf dan bukan kemaksiatan kepada Allah Ta'ala termasuk kewajiban utama bagi mereka. Ia harus menunaikannya dengan sesempurna mungkin dan sebaik-baiknya. Sehingga akan kokohlah kehidupan rumah tangga dan luruslah kehidupan suami istri ini.

(Baca juga : Menanamkan Jiwa Kreatif Anak Sesuai Syariat )

Sebaliknya, bila seorang istri yang berbuat maksiat di rumahnya, ia laksana setan yang berada di sarangnya. Hal tersebut hanya akan mengeruhkan umur, menyesakkan dada, dan membuat aib dalam kehidupan. Jadi, perbuatan tersebut hanya akan melenyapkan kebahagiaan dan mendatangkan kebinasaan, menghilangkan ketenangan hidup dan menjadi sumber kepayahan.

Dikutip dari kitab 'Mukhalafat Nisaiyyah, 100 Mukhalafah Taqa’u Fiihal Katsir Minan Nisa’ Bi Adillatiha Asy-Syar’iyyah' karya Abdul Lathif bin Hajis Al-Ghomidi, dijelaskan bahwa Nabi Shallallahu alaihi wa sallam pernah meminta perlindungan kepada Allah dari istri semacam itu. Istri yang berperangai buruk kepada suaminya.

(Baca juga : Penjelasan Al-Qur'an dan Doa Nabi Tentang Angin Kencang )

Dari Abu Hurairah radhiyallahu'anhu diriwayatkan bahwa ia berkata, salah satu doa yang dipanjatkan oleh Rasulullah-shallallahu ‘alaihi wa sallam- adalah :

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ جَارِ السُّوءِ وَمِنْ زَوْجٍ تُشَيِّبُنِي قَبْلَ الْمَشِيبِ وَمِنْ وَلَدٍ يَكُونُ عَلَيَّ رِبًا وَمِنْ مَالٍ يَكُونُ عَلَيَّ عَذَابًا وَمِنْ خَلِيلٍ مَاكِرٍ عَيْنَهُ تَرَانِي وَقَلْبُهُ تَرْعَانِي إِنْ رَأَى حَسَنَةً دَفَنَهَا وَإِذَا رَأَى سَيِّئَةً أَذَاعَهَا

Ya Allah, aku berlindung diri kepadaMu dari tetangga yang jahat, dari istri yang menjadikanku beruban sebelum waktunya, dari anak yang memposisikan dirinya sebagai tuan bagi diriku, dari harta yang menjadi azab bagiku dan dari teman yang berbuat makar, di mana matanya melihatku, namun hatinya selalu mengamat-ngamatiku, jika melihat kebaikan pada diriku disimpannya, namun jika melihat kejelekan disebarkannya (Dikeluarkan oleh Thabrani dalam ad-Du’a dan Dailami dalam Musnadul Firdaus. Lihat As-Silsilatus Shahihah (I-VII/377) (3137)

(Baca juga : Pentingnya Sikap Kehati-hatian )

Dalam riwayat lain yakni, dari Sa’ad diriwayatkan bahwa ia berkata Rasulullah-shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Ada tiga hal yang termasuk kebahagiaan dan tiga hal yang termasuk kesengsaraan. Yang termasuk kebahagiaan adalah seorang istri yang menyenangkan jika engkau pandang, jika engkau tidak ada di sisinya, ia akan menjaga dirinya dan hartamu; kendaraan yang patuh kepadamu yang akan mengantarkanmu menemui para sahabatmu; dan tempat tinggal yang luas yang banyak perabotannya. Sedangkan yang termasuk kesengsaraan adalah seorang istri yang tidak mengenakkanmu jika dipandang dan mengucapkan kata-kata yang tidak baik kepadamu, jika engkau tidak berada di sisinya, ia tidak bisa menjaga dirinya dan hartamu; kendaraan yang pelan jalannya, jika engkau memukulnya justru akan meletihkanmu, namun jika engkau biarkan ia tidak akan mengantarkanmu bertemu dengan para sahabatmu; dan tempat tinggal yang sempit yang sedikit perabotnya (Dikeluarkan oleh al-Hakim dan Ibnu ‘Asakir dalam Tarikh Dimasyqi. Lihat As-Silsilatus Shahihah (III/39) (1047)

(Baca juga : 6 Anggota FPI Tewas, HNW: Demi Tegaknya Hukum Segera Bentuk TPF! )

Kemudian, dari Ibnu Abbas diriwayatkan bahwa ia berkata, Rasulullah-shallallahu ‘alaihi wa sallam- bersabda,

أُرِيتُ النَّارَ فَإِذَا أَكْثَرُ أَهْلِهَا النِّسَاءُ يَكْفُرْنَ قِيلَ أَيَكْفُرْنَ بِاللَّهِ قَالَ يَكْفُرْنَ الْعَشِيرَ وَيَكْفُرْنَ الإِحْسَانَ لَوْ أَحْسَنْتَ إِلَى إِحْدَاهُنَّ الدَّهْرَ ثُمَّ رَأَتْ مِنْكَ شَيْئًا قَالَتْ مَا رَأَيْتُ مِنْكَ خَيْرًا قَطُّ

"Ketika diperlihatkan neraka kepadaku, aku lihat kebanyakan penghuninya adalah para wanita yang kufur.” Ditanyakan,’Apakah mereka kufur kepada Allah ? beliau bersabda, “Tidak, namun mereka kufur kepada suaminya dan mengingkari kebaikan suaminya. Jika engkau telah berbuat baik kepada salah seorang dari mereka selama rentang waktu yang lama, kemudian suatu saat ia melihat ada sedikit kekurangan padamu, maka ia akan mengatakan,’Aku tidak pernah melihat ada kebaikan sedikitpun darimu.” (Shahih al-Bukhari (I/15) (29)

(Baca juga : 2021 Masih Pakai Skema Lama: Gaji PNS Tetap, Mulai dari Rp1,5 -5,9 Juta )

Dari Ibnu Umar –semoga Allah meridhainya- diriwayatkan bahwa ia berkata, Rasulullah-shallallahu ‘alaihi wasallam-bersabda,

اثْنَانِ لا تُجَاوِزُ صَلاتُهُمَا رُءُوسَهُمَا : عَبْدٌ آبِقٌ مِنْ مَوَالِيهِ حَتَّى يَرْجِعَ إِلَيْهِمْ ، وَامْرَأَةٌ عَصَتْ زَوْجَهَا حَتَّى تَرْجِعَ

"Ada dua golongan manusia yang shalatnya tidak akan melampoi kepalanya (tidak diterima), yaitu seorang budak yang lari dari para tuannya hingga ia kembali kepada mereka dan seorang wanita yang bermaksiat kepada suaminya hingga ia kembali (tidak bermaksiat lagi) (HR. ath-Thabrani dalam al-Mu’jam ash-Shaghir)

( )
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6235 seconds (0.1#10.140)