5 Hadis Populer Tentang Keutamaan Puasa Ramadhan

loading...
5 Hadis Populer Tentang Keutamaan Puasa Ramadhan
Dai lulusan Al-Azhar Mesir Al-Habib Geys Assegaf. Foto/dok dompet duafa
Bulan Suci Ramadhan tinggal beberapa hari lagi. Sebelum memasukinya, umat Islam dianjurkan mempelajari ilmu fiqih tentang puasa agar tidak hanya menahan lapar dan dahaga semata.

Sebelumnya telah dibahas kemuliaan tentang bulan suci Ramadhan. Ternyata bukan hanya waktunya saja mulia, tetapi juga amalannya sangat mulia.

Dai yang juga lulusan Al-Azhar Mesir Al-Habib Geys Assegaf menjelaskan tentang keutamaan puasa Ramadhan menurut pandangan syari'at. Ada 5 hadis sahih yang diriwayatkan Imam Al-Bukhari dan Imam Muslim terkait keutamaan puasa Ramadhan ini.

1. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Untuk orang yang berpuasa ada dua kegembiraan: kegembiraan ketika berbuka dan kegembiraan ketika bertemu dengan Rabb-nya." (HR Muslim No. 1151)

"Supaya bahagia saat berbuka puasa, maka ada beberapa hal yang harus dipastikan, lakukan serius saat berbuka puasa. Beda dengan orang yang menghabiskan waktunya untuk main playstation, scrolling instagram, dan semacamnya ketika dia buka puasa hanya mendapat kenyang saja," kata Habib Geys.

Rasulullah juga bersabda: "Betapa banyak orang yang berpuasa namun dia tidak mendapatkan dari puasanya tersebut kecuali rasa lapar dan dahaga." (HR. At-Thabrani)

2. Dari Abu Sa'id radhiyallaahu 'anhu, Rasulullah SAW bersabda: "Barang siapa melakukan puasa satu hari di jalan Allah (dalam melakukan ketaatan pada Allah), maka Allah akan menjauhkannya dari neraka sejauh perjalanan 70 tahun." (HR Al-Bukhari No 2840)

"Itu baru 1 hari, bagaimana kalau 30 hari? Berarti 2.100 tahun. Bagi orang yang berpuasa ini menjadi tiketnya memasuki surga," kata Habib Geys.

3. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Sesungguhnya di surga ada sebuah pintu yang bernama ar-Rayyaan. Pada hari kiamat orang-orang yang berpuasa akan masuk surga melalui pintu tersebut dan tidak ada seorangpun yang masuk melalui pintu tersebut kecuali mereka. Dikatakan kepada mereka, ’di mana orang-orang yang berpuasa?’ maka orang-orang yang berpuasa pun berdiri dan tidak ada seorangpun yang masuk melalui pintu tersebut kecuali mereka. Jika mereka sudah masuk, pintu tersebut ditutup dan tidak ada lagi seorangpun yang masuk melalui pintu tersebut." (HR Al-Bukhari dan Muslim)

4. Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Rasulullah SAW bersabda: "Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak Kasturi." (HR Muslim No 1151)

Minyak Kasturi adalah wewangian yang paling dicintai oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Semoga ini menambah semangat kita untuk berpuasa di bulan Ramadhan.

5. Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Rasulullaah SAW bersabda: "Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan 10 kebaikan yang semisal hingga 700 kali lipat. Allah berfirman (yang artinya), "Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku." (HR Muslim No 1151)

"Amalan kita kelipatannya 1 sampai 700 kali, tapi pahala berpuasa untuk Allah Ta'ala, dan Allah sendiri yang akan membalasnya. Maksudnya sekali dia bersedekah di atas 700 kali lipat apabila dia sedang berpuasa. Kalau dia salat di atas 700 kali lipat kalau dalam keadaan berpuasa," terang Habib Geys.

Demikian hadis-hadis tentang keutamaan berpuasa di bulan Ramadhan. Semoga Allah Ta'ala berkenan mengangkat bala musibah yang kita hadapi dan umat Islam bisa melaksanakan ibadah Ramadhan dengan sempurna.

Wallahu A'lam Bish Showab
(rhs)
cover top ayah
اِنَّ الۡاِنۡسَانَ خُلِقَ هَلُوۡعًا ۙ‏
Sesungguhnya, manusia diciptakan dengan sifat suka mengeluh.

(QS. Al-Ma'arij:19)
cover bottom ayah
preload video