Kumpulan Artikel: Keutamaan Ramadhan

  • Menghapus Stigma Islamofobia dengan Keberkahan Puasa Ramadan
    Dunia Islam
    Rabu, 27 Maret 2024 - 16:15 WIB
    Maraknya kekerasan dan radikalisme menyisakan residu bernama Islamofobia. Hadirnya Ramadan merupakan momentum untuk menggugah semangat toleransi dan perdamaian.
  • 7 Keutamaan Umrah di Bulan Ramadan yang Tidak Didapat di Bulan Lainnya
    Tips
    Senin, 19 Februari 2024 - 15:16 WIB
    Keutamaan umrah Ramadan tidak didapat di bulan lainnya setidak ada 7. Berikut 7 keutamaan umrah di bulan suci Ramadhan tersebut, salah satunya mendapatkan pahala senilai ibadah haji:
  • Golongan Manusia yang Justru Merugi di Bulan Ramadan
    Tausyiah
    Selasa, 28 Maret 2023 - 12:19 WIB
    Ternyata ada golongan manusia yang justru merugi di bulan Ramadan. Siapa saja mereka? Mengapa disebut merugi, apa saja alasan dan dalilnya?
  • Marhaban Ya Ramadan, Ini Rahasia dan Keutamaan Puasa
    Hikmah
    Kamis, 23 Maret 2023 - 04:05 WIB
    Marhaban Ya Ramadan, selamat datang bulan mulia bertabur pahala dan keberkahan. Ramadan begitu istimewa karena banyak rahasia dan keutamaan yang tidak dimiliki bulan lainnya.
  • Bagaimana Hukum Bagi yang Tidak Melaksanakan Puasa Ramadan?
    Tausyiah
    Kamis, 16 Maret 2023 - 08:25 WIB
    Salah satu yang termasuk dosa besar adalah meninggalkan dengan sengaja Puasa Ramadan. Sebab Puasa Ramadan adalah bagian dari tegaknya syariat Allah Taala di muka bumi.
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • 6 Keutamaan Berpuasa Ramadan,  Pertama Diampuni Dosanya yang Telah Lalu
    Tausyiah
    Selasa, 14 Maret 2023 - 11:25 WIB
    Setidaknya ada 6 keutamaan melaksanakan ibadah puasa secara umum dan puasa Ramadan secara khusus. Pertama, akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.
  • 8 Keutamaan Puasa Ramadan, Nomor 2 Paling Populer dan Disukai Umat Muslim
    Tausyiah
    Jum'at, 10 Maret 2023 - 15:30 WIB
    Bulan yang dinanti umat Islam sebentar lagi tiba. Berikut keutamaan puasa Ramadan yang patut diketahui kaum muslim sebagai motivasi dan bekal menyiapkan diri menjalankan ibadah puasa.
  • 7 Persiapan Menyambut Ramadhan, Nomor 2 Wajib Ditunaikan
    Tausyiah
    Selasa, 28 Februari 2023 - 17:10 WIB
    Tak terasa kita sudah berada bulan Syaban tepatnya tanggal 7 Syaban 1444 Hijriyah, bertepatan Selasa (28/2/2023). Berikut tujuh persiapan menyambut bulan suci Ramadhan.
  • Ramadhan Jadi Momentum Semangat Saling Berbagi untuk Melebur Virus Kebencian
    Dunia Islam
    Kamis, 28 April 2022 - 04:11 WIB
    Wakil Sekretaris Komisi Pengkajian dan Penelitian MUI, KH Ali M Abdillah menuturkan bahwa Ramadhan momentum menggodok diri manusia menjadi lebih bertaqwa.
  • Keajaiban Ramadhan dalam Pandangan Umat Islam
    Muslimah
    Senin, 18 April 2022 - 05:22 WIB
    Bulan Ramadhan adalah bulan yang dimuliakan Allah Subhanahu wa Taala. Ini karena dalam bulan ini telah diturunkan Al-Quran di dalamnya.
  • Wafat di Bulan Ramadhan, Benarkah Langsung Masuk Surga?
    Tips
    Minggu, 17 April 2022 - 14:13 WIB
    Ketika ada orang yang meninggal dunia di bulan Ramadhan, sering kali disebut wafat dengan keadaan husnul khatimah dan pasti masuk surga. Benarkah demikian?
  • Keutamaan 10 Hari Pertama Bulan Ramadhan
    Tausyiah
    Rabu, 06 April 2022 - 15:10 WIB
    Sebagian umat Islam sangat menanti-nanti kedatangan bulan Ramadhan. Ini karena Ramadhan memiliki kemuliaan dan keutamaan spesial dibanding bulan lain.
  • 9 Nama Julukan Ramadhan yang Tidak Dimiliki Bulan Lain
    Tausyiah
    Minggu, 03 April 2022 - 22:54 WIB
    Banyaknya nama atau julukan menunjukkan sesuatu itu mulia dan agung. Sedikitnya ada 9 (sembilan) nama julukan Ramadhan yang tidak dimiliki bulan lain.
  • Marhaban Ya Syahru Siyam, Ini 15 Keutamaan Ramadhan dan Dalilnya
    Tausyiah
    Selasa, 29 Maret 2022 - 22:13 WIB
    Marhaban Yaa Ramadhan, Marhaban Ya Syahru Siyam. Ramadhan begitu istimewa karena banyak keutamaan yang tidak dimiliki bulan-bulan lainnya. Berikut 15 keutamaannya.
  • 3 Doa Jibril yang Diaminkan Rasulullah, Nomor 1 Terkait Ramadhan
    Tausyiah
    Selasa, 22 Maret 2022 - 23:19 WIB
    Sebuah Hadis dari Abu Hurairah mengemukakan tiga doa Malaikat Jibril yang diaminkan oleh Nabi Muhammad. Satu dari tiga doa itu berkaitan dengan bulan Ramadhan.
  • 2 Kegembiraan Bagi Orang yang Berpuasa
    Tausyiah
    Selasa, 22 Maret 2022 - 15:12 WIB
    Bulan Ramadhan 2022 segera tiba, sepatutnya kita menyambut tamu agung ini dengan hati gembira. Ada dua kegembiraan yang diperoleh orang yang berpuasa.
  • Sedih Ketika Ramadhan Pergi Tanda Lembutnya Hati
    Tausyiah
    Rabu, 12 Mei 2021 - 03:30 WIB
    Apakah hati kita sedih saat akan ditinggalkan Ramadhan? Jika tidak, manfaatkanlah waktu tersisa ini untuk menangis dan memohon ampun atas dosa dan kelalaian kita.
  • Ramadhan Segera Pergi, Kesedihan Bagi Orang-orang Beriman
    Tausyiah
    Minggu, 09 Mei 2021 - 09:33 WIB
    Kesedihan terbesar bagi orang beriman adalah ketika berpisah dengan bulan mulia Ramadhan. Para salafunas saleh (orang-orang saleh terdahulu) mengungkapkan kesedihan mereka.
  • Jumat Terakhir di Bulan Ramadhan, Berikut 5 Amalan yang Dianjurkan
    Tausyiah
    Jum'at, 07 Mei 2021 - 03:20 WIB
    Hari ini adalah Jumat terakhir di bulan Ramadhan (25 Ramadhan 1442 Hijriyah) atau bertepatan 7 Mei 2021. Momentum terbaik untuk memperbanyak ibadah sebelum Ramadhan pergi meninggalkan kita.
  • Tetap Semangat! Berikut 7 Keutamaan Orang yang Ikhlas Berpuasa
    Tausyiah
    Sabtu, 01 Mei 2021 - 03:20 WIB
    Alhamdulillah, hari ini sudah memasuki 19 Ramadhan bertepatan dengan Sabtu 1 Mei 2021. Senin lusa kita sudah memasuki 10 hari terakhir bulan Ramadhan.