Doa dan Zikir Setelah Shalat Fardhu

loading...
Doa dan Zikir Setelah Shalat Fardhu
Salah satu amalan terbaik yang didengar oleh Allah Taala adalah berdoa setelah shalat. Foto/SINDOnews
Shalat merupakan ibadah paling utama dan amalan yang pertama kali dihisab pada hari kiamat. Para ulama sepakat bahwa berzikir dan doa setelah shalat merupakan sunnah yang sangat dianjurkan.

Allah berfirman dalam Al-Quran: "Hai orang-orang yang beriman! berzikirlah (mengingat) kepada Allah dengan zikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya pada waktu pagi dan petang." (Surah Al-Ahzaab: 41-42).

Mengenai keutamaan berdoa setelah shalat dijelaskan dalam hadis yang diriwayatkan Imam At-Tirmidzi. Dari Abu Umamah, ia berkata: Dikatakan kepada Rasulullah صلى الله عليه وسلم, apakah doa yang paling didengarkan? Nabi صلى الله عليه وسلم menjawab: "Doa di tengah malam dan doa di akhir shalat wajib." (HR at-Tirmidzi)

(Baca Juga: Keutamaan Zikir Tasbih, Tahmid dan Takbir 33 Kali)

Berikut amalan zikir dan doa setelah shalat yang dilakukan Nabi صلى الله عليه وسلم sebagaimana disebutkan dalam berbagai Hadis.
1. Istighfar 3 kali
2. Membaca kalimat Tauhid 3 Atau 7 kali
3. Membaca doa keselamatan 1 kali
4. Membaca Ayat Kursi 1 kali
5. Membaca Surah Al-Ikhlas 3 kali
6. Membaca Surah Al-Falaq 1 kali
7. Membaca Surah An-Nas 1 kali
8. Tasbih 33 kali, Tahmid 33 kali, Takbir 33 kali.
9. Membaca Kalimat Takbir dan Hauqalah 1 Kali
10. Membaca Doa Berikut
11. Doa Setelah Shalat

1. Istighfar 3 Kali
اَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَضِيْمِ اَلَّذِيْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ وَأَتُوْبُ إِلَـــيْهِ

Astaghfirullohal-'azhim Alladzi La ilaha illa Huwal-hayyul Qayyum wa Atubu ilaih (3x)

Artinya:
Aku memohon ampun kepada-Mu, ya Allah! Yang Maha Agung, yang tiada Tuhan melainkan Dia, Yang Hidup lagi Yang Berdiri Sendiri, dan aku bertobat (kembali) kepada-Nya.

2. Membaca kalimat Tauhid 3 Atau 7 Kali
لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدٌ يُحْيِ وَيُمِتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قدِرْ

Laa ilaha illallahu wahdahu la Syarikalahu lahul-Mulku wa lahul-hamdu yuhyi wayumitu wa Huwa 'ala kulli Syai'in Qadir.

Artinya:
Tidak ada Tuhan selain Allah, Zat yang Maha Tunggal yang tidak mempunyai sekutu, bagi-Nya kerajaan dan pujian, Yang menghidupkan dan Yang mematikan, Dia-lah yang mempunyai kekuasaan.

3. Membaca Doa Keselamatan
اَللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلاَمُ وَإِلَيْكَ يَعُوْدُ السَّلاَمُ فَحَيِّنَا رَبَّنَا بِالسَّلاَمِ وَأَدْ خِلْنَ الْجَنَّةَ دَارَ السَّلاَمِ تَبَرَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَا لَيْتَ يَاذَالْجَلاَلِ وَالْأِ كْرَامِ

Allahumma Antas Salam wa minkas Salam wa ilaika ya'udus Salam fa hayyina Rabbana bis Salam wa adkhilnal-jannata daras-Salam Tabarakta Rabbana wa ta'alaita ya Dzaljalali wal-Ikram.

Artinya:
Ya Allah, Engkau adalah Zat yang mempunyai kesejahteraan dan dari-Mu kesejahteraan itu kepada-Mu akan kembali lagi segala kesejahteraan itu. Ya Tuhan kami, hidupkanlah kamu dengan sejahtera. Masukkanlah kami kedalam surga kampung kesejahteraan. Engkaulah yang berkuasa memberi berkah yang banyak dan Engkaulah Yang Maha Tinggi, wahai Zat yang memiliki keagungan dan kemuliaan.
halaman ke-1
cover top ayah
وَلَا تَقۡفُ مَا لَـيۡسَ لَـكَ بِهٖ عِلۡمٌ‌ ؕ اِنَّ السَّمۡعَ وَالۡبَصَرَ وَالۡفُؤَادَ كُلُّ اُولٰۤٮِٕكَ كَانَ عَنۡهُ مَسۡـُٔوۡلًا
Dan janganlah kamu mengikuti sesuatu yang tidak kamu ketahui. Karena pendengaran, penglihatan dan hati nurani, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya.

(QS. Al-Isra:36)
cover bottom ayah
preload video