Inilah Waktu-waktu yang Dianjurkan Membaca Shalawat

Rabu, 16 Desember 2020 - 08:48 WIB
loading...
A A A
7. Ketika hendak memulai suatu urusan penting dan berharga

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah radhiyallahu'anhu, bahwa Rasulullah bersabda: “Tiap-tiap urusan penting dan berharga yang tidak dimulai dangan hamdalah dan shalawat, maka urusan itu menjadi hilang berkahnya.” (HR. Ar-Rahawy, Al-Jam’i)

8. Ketika berziarah ke Maqbarah (Makam) Nabi Muhammad

Nabi bersabda dalam sebuah hadisnya: “Tidak ada seorangpun di antara kamu yang memberikan salamnya kepadaku yakni di sisi kuburku, melainkan Allah mengembalikan kepadaku ruhku untuk menjawab salamnya itu.” (HR. Abu Daud)

(Baca juga : Gojek–Grab Merger, Driver Tolak Keras )

9. Sesudah bertalbiyah

Muhammad ibn Al-Qasim berkata: “Seseorang memang diperintahkan untuk membaca shalawat kepada nabi apabila ia telah selesai membaca talbiyahnya dalam segala keadaannya.” (HR. As-Syafi’i dan Ad-Daruqutni)

10. Ketika telinga mendenging

Rasululullah bersabda: “Apabila salah seorang di antara kamu mendenging, maka hendaklah ia mengingat dan bershalawat kepadaku. Setelah itu hendaklah ia ucapkan pula: Dzakarallahu Man Dzakarani Bikhairin (Allah mengingat baik orang yang mengingatku).” (HR. Ibn As-Sunni)

(Baca juga : Kiai Ma'ruf: Startup Digital Dorong Ekonomi Syariah )

11. Ketika tertimpa kesusahan dan kegundahan

Di dalam kitab At-Targhib karya Zakiyuddin Abdul Adzhim disebutkan: Diberitakan oleh Ubay bin Ka’ab, bahwa seseorang laki-laki bertanya kepada Rasulullah. Dia berkata: “Ya Rasullah, bagaimana pendapat engkau sekiranya saya jadikan shalawat saya untuk engkau semua?. Rasulullah menjawab: “Kalau demikian Allah akan memelihara egkau dari segala yang membimbangkan engkau, baik mengenai dunia, maupun mengenai akhirat engkau.” (HR. Ahmad)

12. Ketika hendak mengadakan majelis

Rasulullah bersabda: “Tidak duduk suatu kaum di dalam suatu majlis, sedangkan mereka tidak menyebut kepada nama allah dan tidak bershalawat kepada nabinya, melainkan mereka mendapat kekurangan. Jika allah menghendaki, niscaya akan mengadzab mereka. Jika allah menghendaki, niscaya akan mengampuni mereka.” (HR. At-Turmudzi dan Abu Daud)

(Baca juga : FDA Setujui Babi Hasil Rekayasa Genetik untuk Makanan dan Transplantasi )

13. Tiap-tiap waktu pagi dan petang

Rasulullah bersabda: “Barang siapa yang bersholawat kepadaku waktu pagi sepuluh kali, waktu petang sepuluh kali, maka ia akan mendapatkan syafa’atku di hari kiamat.” (HR. At-Thabari)

14. Membaca shalawat ketika mendengar nama Rasulullah disebut

Rasulullah bersabda: “Orang yang paling kikir adalah orang yang tidak mau bershalawat ketika orang menyebut namaku di sisinya.” (HR. Ahmad)

Wallahu ‘Alam…
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1724 seconds (0.1#10.140)