3 Mutiara yang Mengangkat Derajat Manusia di Sisi Allah

Jum'at, 18 Desember 2020 - 16:39 WIB
loading...
3 Mutiara yang Mengangkat Derajat Manusia di Sisi Allah
Siapa yang dapat mengamalkan 3 amalan hati dari Rasulullah niscaya Allah akan mengangkat derajatnya di sisi-Nya. Foto/Ist
A A A
Ada 3 amalan yang dapat mengangkat derajat seseorang di sisi Allah Ta'ala. Hal ini disampaikan langsung oleh Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم dalam satu hadis shahihnya.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَا نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَالٍ وَمَا زَادَ اللَّهُ عَبْدًا بِعَفْوٍ إِلَّا عِزًّا وَمَا تَوَاضَعَ أَحَدٌ لِلَّهِ إِلَّا رَفَعَهُ اللَّهُ (رواه مسلم)

Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda: "Tidak akan pernah berkurang suatu harta karena shadaqah. Dan tidaklah sesoorang memberi maaf kepada orang lain, melainkan Allah akan menambah kemuliaannya. Dan tidak ada orang yang merendahkan diri karena Allah, melainkan pasti Allah akan mengangkat derajatnya." (HR Muslim No 4689)

(Baca Juga: Inilah 3 Amalan yang Paling Dicintai Allah)

Ustaz Rikza Maulan, Dai lulusan Al-Azhar Mesir Fakultas Ushuluddin Jurusan Hadits menjelaskan kandungan hadis ini dalam satu tausiyahnya.
1. Ikhlas Bersedekah.
Walaupun secara kasat mata, sedekah dapat mengurangi harta, namun secara hakikat sedekah sama sekali tidak akan pernah mengurangi harta. Bahkan jika ikhlas bersedekah, insya Allah hartanya akan menjadi berkah dan bertambah serta rezekinya akan penuh kemuliaan. Dia bersedekah tidak berharap sesuatu kecuali hanya keridhaan Allah.

2. Ridha Memaafkan.
Memaafkan adalah amalan hati yang sangat mulia. Walaupun secara kasat mata memberi maaf itu terkesan merendahkan diri kita di hadapan orang lain. Namun secara hakiki, seseorang yang mudah memaafkan orang lain, Allah akan tambah kemuliaannya. Namun tentu saja, dengan syarat hati yang ikhlas dalam memaafkan.

3. Rendah Hati karena Allah.
Karena rendah hati adalah tanda dalamnya keimanan, matangnya kepribadian, dan luhurnya akhlak seseorang. Walau terkadang, rendah hati atau tawadhu' terkesan tidak berdaya atau lemah di hadapan manusia. Namun yang yang rendah hati karena Allah akan diangkat derajatnya oleh Allah.

Mudah-mudahan kita termasuk dalam ketiga golongan tersebut. Aamiiin Ya Rabbal Alamiiiin.

(Baca Juga: 7 Amalan Hebat yang Dicintai Allah dan Rasul-Nya)

Wallahu A'lam
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1328 seconds (0.1#10.140)