Surat Al-Kafirun, Surat yang Sangat Ditakuti Iblis

loading...
Surat Al-Kafirun, Surat yang Sangat Ditakuti Iblis
Surat Al-Kafirun
Beberapa surat pendek yang sering kita baca saat melaksanakan salat, ternyata banyak memiliki keutamaan dan fadhilah. Salah satunya adalah surat Al-Kafirun. Surat yang dimulai dengan ayat yang berbunyi “Qul yaaaaa ayyuhal kaafiruun”, ini merupakan surat ke 109 dalam Al-Qur’an yang berada dalam juz terakhir (jus Amma).

Dalam sejarahnya, surat Al-Kafirun ini diturunkan ketika kaum kafir laknatullah berusaha mempengaruhi Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam dengan menawarkan kekayaan agar beliau menjadi seorang yang paling kaya di kota Makkah, dan akan dinikahkan dengan perempuan yang beliau kehendaki.

Syaratnya Nabi Muhammad harus menyembah berhala yang menjadi Tuhan mereka dalam kurun waktu satu tahun. Jelas sekali saja sang Nabi Allah menolak usul kaum kafir untuk penyatuan ajaran agama dalam rangka mencapai kompromi.

(Baca juga :Amalan Ringan yang Bisa Jadi Sebab Turunnya Rahmat Allah)

Surat Al Kafirun juga memiliki keutamaan, di antaranya memperkuat keimanan, ditakuti iblis, dan terbebas dari kemusyrikan. Hal itu disampaikan oleh Nabi Muhammad yang tertuang dalam hadis riwayat Abu Dawud. Imam Qurthubi memberikan beberapa keutamaan mengenai surat Al Kafirun ini untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa keutamaannya surat ini adalah adalah sebagai berikut :



1. Sebagai ajakan toleransi

Dalam sejarah turunnya surat Al-Kafirun ini, maka surat ini sangat dikenal sebagai surat toleransi bagi umat Islam untuk menghormati penganut atau faham agama lain dan bersesuaian dengan makna satu ayat dalam surat al hujarat bahwa Allah memang menjadikan orang itu berbeda-beda, bersuku-suku dan berbangsa-bangsa agar saling kenal mengenal untuk saling memahami, menghormati dan bukan saling memerangi.

(Baca juga :Derajat Kemuliaan Ibu dalam Pandangan Al-Qur'an)



Menurut Imam Qurthubi, sikap menghormati agama dan kepercayaan lain bukan berarti lemah atau diri menjadi larut mengiyakan kebenaran mereka, namun akan sebaliknya hal itu akan memperteguh keimanan dan membebaskan diri dari kemusyrikan dan kemunafikan sesuai dengan salah satu keutamaan surat al Kafirun dibawah ini :
halaman ke-1 dari 3
cover top ayah
اَفَلَا يَتَدَبَّرُوۡنَ الۡقُرۡاٰنَ اَمۡ عَلٰى قُلُوۡبٍ اَ قۡفَالُهَا
Tidakkah mereka menghayati Al-Qur'an ataukah hati mereka sudah terkunci?

(QS. Muhammad:24)
cover bottom ayah
preload video