Gambaran Menakjubkan Perhiasan Bagi Para Penghuni Surga

Senin, 28 Desember 2020 - 09:05 WIB
loading...
Gambaran Menakjubkan Perhiasan Bagi Para Penghuni Surga
Kitabullah dan as sunnah memberikan gambaran keindahan surga berikut segala nikmatnya yang disediakan Allah Taala bagi para penghuninya. Foto ilustrasi/ist
A A A
Jika mendengar kata "surga", berbagai gambaran kenikmatan dan keindahan pasti akan segera terlintas dalam benak manusia . Walaupun sesungguhnya, keindahan dan kenikmatan surga itu melebihi apa yang pernah didengar telinga, dilihat mata, dan dibayangkan. Namun gambaran surga sudah banyak dijelaskan di dalam Al-Qur'an dan juga hadis.

(Baca juga: Derajat Kecintaan Menurut Imam Al-Ghazali )

Kitabullah dan as sunnah memberikan gambaran keindahan surga berikut segala nikmatnya yang disediakan Allah Ta'ala bagi para penghuninya. Dalil-dalil Al-Qur`an, hadis Rasulullah, dan riwayat-riwayat sahih juga memberikan penjelasan mengenai awal penciptaan surga, nama-namanya, tingkatan-tingkatannya, siapa saja yang berhak mendapatkannya, dan keadaan para penghuninya.

Keindahan surga yang sangat luar biasa dan berbagai macam nikmatnya diperuntukkan kepada para penghuninya, hamba yang bertakwa .Salah satunya keindahan dan kenikmatan bagi penghuni surga ini adalah mereka akan mendapatkan banyak perhiasan .

(Baca juga: Nafisah binti Al Hasan, Ulama Perempuan Tersohor Cicit Rasulullah )

Dikutip dari Kitab Tanbihul Ghafilin karya Abu Laits As Samarqandi, dijelaskan bahwa diriwayatkan dari Ibnu Abbas radhiyallahu'anhu, ia berkata, Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda,

“Sesungguhnya penghuni surga itu muda semuanya, bersih, halus, tidak ada rambut kecuali pada kepala, dua alis, dua idep (di kelopak mata), artinya mereka tidak mempunyai rambut kemaluan dan bulu ketiak. (Mereka semua) setinggi Nabi Adam yakni 60 hasta dan seusia Nabi Isa bin Maryam yakni 33 tahun, (mereka) berkulit putih dan berpakaian hijau. Ada seseorang yang selalu menghidangkan makanan di hadapan salah seorang di antara mereka, lantas datanglah burung dan berkata: “Wahai kekasih Allah, saya telah minum dari sumber salsabil, bercanda ria di taman surga di bawah ‘arasy, serta makan buah-buahan ini dan itu.” Rasa sebelah badan burung itu adalah daging yang dimasak, dan sebelah badan yang lain terasa dipanggang. Penghuni surga itu makan daging burung itu sepuas-puasnya.”

(Baca juga: Inilah Rahasia Kecantikan Perempuan yang Jarang Diketahui )

Setiap kekasih Allah itu memiliki 70 perhiasan yang aneka ragam warnanya. Pada jari-jari mereka terdapat sepuluh cincin dengan ditulisi sebagai berikut:

Pada cincin ke 1 tertulis : “Selamat sejahtera atasmu karena kesabaranmu.” (QS. Ar-Rad :24).

Pada cincin ke-2 tertulis: “Masuklah ke dalamnya dengan sejahtera dan aman.” (QS. Al-Hijr :46)

Pada cincin yang ke-3 tertulis: “Dan itulah surga yang diwariskan kepada kamu karena perbuatan yang telah kamu kerjakan.” (Qs. Az-Zukhruf :72)

Pada cincin yang ke-4 tertulis: “Dihilangkan dari kamu segala kesedihan dan duka cita.”

(Baca juga: Mendag Lutfi Mulai Ikuti 'Sepak Terjang' Dua Sohibnya )

Pada cincin yang ke-5 tertulis: “Kami pakaikan intan dan berbagai macam perhiasan kepadamu”

Pada cincin yang ke-6 tertulis: “Kami kawinkan kamu dengan bidaadri yang cantik jelita.”

Pada cincin yang ke-7 tertulis: “Dan bagimu di dalam surga itu terdapat segala apa yang diingini oleh hati dan sedap dipandang mata dan kamu kekal di dalamnya.”

Pada cincin yang ke-8 tertulis: “Kamu berteman dengan para nabi dan orang-orang yang benar.”

Pada cincin yang ke-9 tertulis: “Kamu akan muda terus, tidak akan tua.”

(Baca juga: Fenomena Crazy Rich Berpotensi Langgengkan Kekuasaan dan Status Quo )
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1266 seconds (0.1#10.140)