Nafisah binti Al Hasan, Ulama Perempuan Tersohor Cicit Rasulullah

Minggu, 27 Desember 2020 - 14:48 WIB
loading...
Nafisah binti Al Hasan, Ulama Perempuan Tersohor Cicit Rasulullah
ilmu. Nafisah sangat senang mempelajari ilmu Tafsir dan Hadis dengan para ulama di Madinah, hingga ia mendapat julukan Nafisatul’ilmi. Foto ilustrasi/ist
A A A
Salah satu keturunan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam adalah Nafisah Binti Al – Hasan. Ia adalah cicit Rasulullah yang dikenal sebagai muslimah mulia yang begitu taat kepada Allah . Setiap harinya dihabiskan untuk beribadah, setiap tarikan nafasnya beriring dengan zikrullah .

Nafisah dilahirkan di Makkah pada 1 Rabiul Awal 145 Hijriah. Cicit Rasul dari Hasan ini sangat mahir dalam berbagai bidang disiplin ilmu, Kedalaman ilmu dan kecerdasannya diakui oleh para ulama. Bahkan ulama yang termasyur seperti Imam Syafi’i dan Imam Hanbali berguru padanya.

(Baca juga: Inilah Rahasia Kecantikan Perempuan yang Jarang Diketahui )

Dirangkum dari berbagai sumber, dijelaskan bahwa sejak usia 8 tahun, Nafisah telah mampu menghafal keseluruhan Al – Qur’an. Tumbuh dan berkembang di Madinah membuat Nafisah menjadi pribadi yang matang dan sangat mencintai ilmu. Nafisah sangat senang mempelajari ilmu Tafsir dan Hadis dengan para ulama di Madinah, hingga ia mendapat julukan Nafisatul’ilmi.

Kemudian, ia menikah dengan Ishaq Al-Mu’tamin putra dari Ja’far Ash-Shadiq bin Al – Husain pada bulan Rajab 161 Hijriah, dengan pernikahan tersebut bersatulah keturunan dari Al – Hasan dan Al – Husain dalam sebuah keluarga yang dipenuhi keberkahan.

(Baca juga: Jadilah Manusia yang Tidak Akan Merugi di Akhirat )

Nafisah selalu meletakan akhirat di hatinya dan menjadi tujuan utamanya, kebanyakan waktunya dihabiskan di Masjid Nabawi untuk beribadah. Keponakan Zainab, cucu Rasul yang pertama yang selalu membantu Nafisah berkata “Aku tak pernah melihatnya tidur pada malam hari dan tak pernah tak melihatnya puasa kecuali hari ‘ied dan tasyrik. Sampai ku bertanya padanya, Apa kau tidak mengasihani dirimu sendiri?”

“Bagaimana aku mampu mengasihani diriku, padahal di depanku ada jurang yang bisa melewatinya kecuali hanyalah orang yang beruntung.”

(Baca juga: Peringatan Allah Tentang Tipu Daya Dunia dan Bahayanya )

Disambut di Mesir

Pada 26 Ramadhan 195 Hijriah, perempuan mulia yang memiliki nama lengkap Nafisah binti al-Hasan bin Zaid bin al-Hasan bin Ali bin Abi Thalib itu pindah ke Kairo, Mesir.

Kedatangan Nafisah di Mesir disambut dengan suka cita, penduduk kota Kairo berbondong – bondong menuntut ilmu padanya, bahkan hampir membuatnya sulit untuk melakukan ibadah seperti yang biasa ia lakukan.

(Baca juga: Prabowo-Sandi Memilih Jadi Anak Buah Jokowi, AHY Harus Ambil Simbol Oposisi )

Nafisah merasa tidak nyaman dengan banyak-nya orang-orang yang terus berdatangan sehingga membuatnya teralihkan dari zikir – zikir dan persiapan untuk bekal akhiratnya, sehingga membuat ia ingin kembali ke Madinah.

Saat penduduk kota Kairo tahu akan berita itu, mereka beramai – ramai mencegat kendaraan Nafisah agar tidak keluar dari kota, Masa terus berdatangan untuk meminta agar Nafisah berkenan untuk tetap di Kairo dan mengajar mereka.

Kejadian ini membuat pemimpin kota Kairo , As-Sari bin Al-Hakam bin Yusuf untuk turun tangan. Ia menawarkan Nafisah rumah yang luas dan juga membatasi orang – orang yang ingin berkunjung menuntut ilmu atau konsultasi hanya pada dua hari dalam satu minggu. Nafisah menyetujui tawaran itu dan tetap tinggal di Kairo.

(Baca juga: Pengumuman! Bandara Soekarno-Hatta Buka Layanan Test Covid-19 untuk Umum )

Meninggal dalam Keadaan Puasa

Nafisah menderita sakit yang semakin parah setiap harinya, namun semgangatnya untuk terus beribadah tak berkurang sedikitpun, sakit yang diderita membuat Nafisah semakin dekat dengan Allah.

Sakitnya kian parah saat bulan Ramadhan tiba, dokter yang memeriksanya menganjurkan untuk berbuka puasa, namun ia menolaknya. “Alangkah mengherankan, sejak 30 tahun yang lalu aku berdo’a kepada Allah agar bisa berjumpa dengan-Nya dalam keadaan puasa, apakah sekarang aku harus berbuka? Tidak bisa!” Lalu Nafisah melanjutkan bacaan Al – Qur’an, huruf demi huruf ia baca dengan khusyu saat sampai surat Al-An’am ayah 127, tiba – tiba ia tak sadarkan diri.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2861 seconds (0.1#10.140)