Ingin Didoakan Para Malaikat? Inilah Jenis Manusia yang Mendapatkannya

loading...
Ingin Didoakan Para Malaikat? Inilah Jenis Manusia yang Mendapatkannya
Salah satu manusia yang didoakan malaikat adalah orang yang mendoakan saudaranya tanpa pengetahuan orang yang didoakan. Foto ilustrasi/ist
Malaikat tercipta dari cahaya yang tidak memiliki nafsu apapun, sehinggamalaikat merupakan makhluk Allah yang taat dan bersih dari segala dosa. Setiap tugas yang Allah perintahkan, para malaikat melakukannya dengan baik, termasuk mendoakan para hamba Allah, seperti manusia.

Tentang malaikat, Allah Ta'ala menegaskan dalam firmanNya:

يَخَافُونَ رَبَّهُمْ مِنْ فَوْقِهِمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

"Mereka takut kepada Tuhan mereka yang di atas mereka dan melaksanakan apa yang diperintahkan (kepada mereka)".
(QS An-Nahl : 49)

(Baca juga: Mulailah Persiapkan Bekal untuk Kesuksesan di Akhirat )

Kemudian ayat ini:

تَكَادُ السَّمَاوَاتُ يَتَفَطَّرْنَ مِنْ فَوْقِهِنَّ ۚ وَالْمَلَائِكَةُ يُسَبِّحُونَ بِحَمْدِ رَبِّهِمْ وَيَسْتَغْفِرُونَ لِمَنْ فِي الْأَرْضِ ۗ أَلَا إِنَّ اللَّهَ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

"Hampir saja langit itu pecah dari sebelah atas (karena kebesaran Tuhan) dan malaikat-malaikat bertasbih serta memuji Tuhan-nya dan memohonkan ampun bagi orang-orang yang ada di bumi. Ingatlah, bahwa sesungguhnya Allah Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Penyayang." (QS Asy-Syuura : 5)

Karena ketaatan dan kedekatan malaikat kepada Allah, tentu akan sangat bahagia bila didoakan olehnya. Lantas, siapa manusia yang didoakan para malaikat ini? Apa kriterianya? Dirangkum dari berbagai sumber, inilah beberapa kondisi dan jenis manusia yang selalu mendapatkan doa dari malaikat, antara lain:

(Baca juga:Dimuliakan Allah dan Rasulullah Setelah Memuliakan Anak Yatim)

1. Orang yang merapatkan shaf pertama dalam salat berjamaah

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

"Sesungguhnya Allah SWT dan para malaikat-Nya bershalawat kepada orang-orang yang berada di shaf pertama." Para sahabat lantas bertanya, "Wahai Rasulullah, bagaimana dengan orang-orang yang ada di shaf kedua?" Beliau SAW menjawab, "Juga untuk shaf kedua." (HR Ahmad)

2. Malaikat mengucapkan ‘Aamiin’ ketika seorang imam selesai membaca Al-Fatihah

Rasulullah SAW bersabda,

"Jika salah seorang di antara kalian mengucapkan 'amin', malaikat yang ada di langit juga mengucapkan 'amin'. Jika ucapan keduanya bertepatan, diampunilah dosanya yang telah berlalu." (HR. Imam Bukhari dari Abu Hurairah, Shahih Bukhari 782)

(Baca juga: Perihal Istri Bersedekah Tanpa Sepengetahuan Suami )

3. Orang yang duduk di tempat salatnya selepas melakukan salat

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

“Para malaikat akan selalu bershalawat (berdoa) kepada salah satu diantara kalian selama ia ada di dalam tempat shalat dimana ia melakukan shalat, selama ia belum batal wudhunya,(para malaikat) berkata, ‘Ya Allah ampunilah dan sayangilah ia.’” (HR. Imam Ahmad dari Abu Hurairah, Al Musnad no. 8106)
halaman ke-1
cover top ayah
اَلۡمُنٰفِقُوۡنَ وَالۡمُنٰفِقٰتُ بَعۡضُهُمۡ مِّنۡۢ بَعۡضٍ‌ۘ يَاۡمُرُوۡنَ بِالۡمُنۡكَرِ وَيَنۡهَوۡنَ عَنِ الۡمَعۡرُوۡفِ وَيَقۡبِضُوۡنَ اَيۡدِيَهُمۡ‌ؕ نَسُوا اللّٰهَ فَنَسِيَهُمۡ‌ؕ اِنَّ الۡمُنٰفِقِيۡنَ هُمُ الۡفٰسِقُوۡنَ
Orang-orang munafik laki-laki dan perempuan, satu dengan yang lain adalah sama, mereka menyuruh berbuat mungkar dan mencegah perbuatan yang makruf dan mereka juga kikir. Mereka telah melupakan Allah, maka Allah melupakan mereka.  Sesungguhnya orang-orang munafik itulah orang-orang yang fasik.

(QS. At-Taubah:67)
cover bottom ayah
preload video