Begini Seharusnya Adab Muslimah jika Ingin Salat Berjamaah di Masjid

Jum'at, 08 Januari 2021 - 14:59 WIB
loading...
A A A
Namun, yang perlu diperhatikan jika ia keluar ke masjid, maka ia haruslah ia beradab dengan adab Islami, seperti : tidak memakai parfum, tidak mengenakan pakaian yang dihiasi, tidak memakai perhisasan dan menampakkannya dan tidak menampakkan anggota tubuhnya (yang tidak boleh ditampakkan), menutupi wajah, kedua telapak tangan dan kakinya, serta menutupi dirinya dari pandangan laki-laki (yang bukan mahramnya).

Apabila ia beradab dengan adab-adab syar’i ini, maka diperbolehkan baginya keluar menuju ke masjid untuk menunaikan salat.

(Baca juga: Disimak ya Bun, Begini Cara Cek BLT Ibu Rumah Tangga )

Demikian pula, ketika ia berada di masjid juga, hendaknyalah letak shafnya terpisah dengan kaum laki-laki, tidak menjadi satu dengan shaf laki-laki dan tidak pula bercampur-baur dengan mereka, akan tetapi ia berada di bagian akhir (shaf) masjid.

Jika terdapat jama’ah perempuan lainnya, maka ia salat bersama mereka atau (jika tidak ada wanita lainnya), ia bershaf sendirian di belakang laki-laki, jika ia beradab dengan adab-adab Syar’i ini.

Adapun jika ia tidak beradab dengannya, maka suaminya hendaknya melarangnya dari pergi untuk menunaikan salat ke masjid”.

(Baca juga: Dijemput Pengacara, Abu Bakar Ba'asyir Keluar dari Lapas Pukul 05.30 )

Antara lain adabnya adalah :

1. Hendaknya berpakaian yang tertutup dan berhijab yang sempurna.

Berkata Aisyah radhiyallahu 'anha :

ﻛﺎﻥ ﺍﻟﻨﺴﺎﺀ ﻳﺼﻠﻴﻦ ﻣﻊ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻳﻨﺼﺮﻓﻦ ﻣﺘﻠﻔﻌﺎﺕ ﺑﻤﺮﻭﻃﻬﻦ ﻣﺎ ﻳﻌﺮﻓﻦ ﻣﻦ ﺍﻟﻐﻠﺲ

"Adalah para wanita salat bersama Rasulullah, kemudian mereka pulang sambil menyelimuti tubuh mereka dengan kain yang lebar, mereka tidak dikenali karena gelap (di waktu shubuh)." (HR. Al-Bukhari Muslim)

2. Hendaknya keluar tanpa memakai minyak wangi.

Berdasarkan sabda Rasulullah :

ﻟﺎ ﺗﻤﻨﻌﻮﺍ أﻣﺎﺀ ﺍﻟﻠﻪ ﻣﺴﺎﺟﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﺍﻟﻴﺨﺮﺟﻦ ﺗﻔﻠﺎﺕ

"Janganlah kalian melarang hamba-hamba Allah yang wanita menuju masjid-masjid Allah, dan hendaklah mereka keluar tanpa memakai wangi-wangian." (HR. Ahmad dan Abu Dawud)

(Baca juga: Joe Biden: Massa Perusuh Gedung Capitol Adalah Teroris! )

Dan dari Abu Hurairah berkata, bersabda Rasulullah :

ﺃﻳﻤﺎ ﺍﻣﺮﺃﺓ ﺃﺻﺎﺑﺖ ﺑﺨﻮﺭﺍ ﻓﻠﺎ ﺗﺸﻬﺪ ﻣﻌﻨﺎ ﺍﻟﻌﺸﺎﺀ ﺍﻟﺄﺧﺮﺓ

"Wanita manapun yang memakai dupa, janganlah ikut salat berjama'ah bersama kami, ketika salat Isya." (HR. Abu Dawud Nasa`i)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1220 seconds (0.1#10.140)