Mengapa Tamu Adalah Penunjuk Jalan Menuju Surga?

Minggu, 05 September 2021 - 05:10 WIB
loading...
Mengapa Tamu Adalah Penunjuk Jalan Menuju Surga?
Rumah yang kedatangan tamu untuk silaturahmi akan memberi keberkahan kepada penghuninya. Foto ilustrasi/istimewa
A A A
Bertamu dan menerima tamu dengan baik adalah menjalin silaturahmi yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dan rumah yang kedatangan tamu atau menjamu tamu juga akan mendatangkan keberkahan bagi penghuninya.Yakni keberkahan dari keikhlasan seseorang dalam menjamu tamunya.

Sebab, rumah yang banyak dikunjungi tamu adalah rumah yang dicintai Allah Ta'ala. Itu menandakan rumah tersebut di dalamnya telah turun rahmat dan berbagai keberkahan dari langit. Begitu indahnya rumah yang selalu terbuka untuk silaturahim dengan tetangga, teman, kerabat, anak kecil atau orang dewasa. Jadi, jangan membiasakan menutup pintu rumah dengan tujuan agar tidak ada tamu di rumah kita.

Sebagaimana hadis yang diriwayatkan Anas bin Malik bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa ingin dilapangkan pintu rezeki untuknya dan dipanjangkan umurnya hendaknya ia menyambung tali silaturahmi," (H.R. Bukhari)



Selain itu, memuliakan tamu adalah tanda orang beriman . Dalam arti, seorang muslim yang beriman kepada Allah dan hari akhir akan mengimani wajibnya memuliakan tamu.

Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam :

مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَاْليَوْمِ اْلأخِرِ فَلْيُكْرِمْ ضَيْفَهُ

“Barang siapa yang beriman pada Allah dan hari akhir maka hendaklah dia memuliakan tamunya.” (HR. Bukhari)

Begitulah rumah seorang yang beriman. Di dalamnya turun rahmat dan berbagai keberkahan dari langit. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, :

"Jika Allah menginginkan kebaikan terhadap satu kaum, maka Allah akan memberikan hadiah kepada mereka."

Para sahabat bertanya, "Hadiah apakah itu, ya Rasulallah ?".

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : "Tamu akan menyebabkan turunnya rezeki untuk pemilik rumah dan menghapus dosa-dosa penghuni rumah."

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : "Rumah yang tidak dimasuki tamu (tidak ada tamu), maka Malaikat Rahmat tidak akan masuk ke dalamnya."

Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : "Tamu adalah penunjuk jalan menuju surga."

Namun, memuliakan tamu dan menyediakan hidangan untuk tamu makanan semampunya saja. Akan tetapi, tetap berusaha sebaik mungkin untuk menyediakan makanan yang terbaik.

Allah ta’ala telah berfirman yang mengisahkan Nabi Ibrahim ‘alaihis salam bersama tamu-tamunya:

فَرَاغَ إِلىَ أَهْلِهِ فَجَاءَ بِعِجْلٍ سَمِيْنٍ . فَقَرَّبَهُ إِلَيْهِمْ قَالَ آلاَ تَأْكُلُوْنَ

“Dan Ibrahim datang pada keluarganya dengan membawa daging anak sapi gemuk kemudian ia mendekatkan makanan tersebut pada mereka (tamu-tamu Ibrahim-ed) sambil berkata: ‘Tidakkah kalian makan?'” (Qs. Adz-Dzariyat: 26-27)

Sebagai tuan rumah bagi si tamu, maka Islam juga mengatur adab seorang muslim untuk menerima tamu. antara lain :

1. Ketika mengundang seseorang, hendaknya mengundang orang-orang yang bertakwa, bukan orang yang fajir (bermudah-mudahan dalam dosa), sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam :
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1374 seconds (0.1#10.140)