Doa Setelah Wudhu dan Keutamaannya

Jum'at, 08 Januari 2021 - 15:37 WIB
loading...
Doa Setelah Wudhu dan Keutamaannya
Agar wudhu lebih baik hendaknya memperhatikan tata cara berwudhu dan mendawamkan doa setelah berwudhu. Foto/Ilustrasi
A A A
Berwudhu merupakan amalan penghapus dosa sebagaimana sabda Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم: "Barangsiapa yang berwudhu lalu memperbaguskan wudhunya, maka keluarlah kesalahan-kesalahannya sehingga keluarnya itu sampai dari bawah kuku-kukunya." (HR. Muslim)

Dalam hadis lain disebutkan, "Allah tidak akan menerima salat seseorang di antara kamu, apabila ia masih berhadas sehingga orang itu mengambil wudhu." (HR Al-Bukhari)

(Baca Juga: 8 Aktivitas yang Disunnahkan untuk Berwudhu)

Demikian pentingnya berwudhu sehingga syariat menekankan umat muslim menyempurnakan wudhunya. Agar wudhunya lebih baik lagi, hendaknya memperhatikan tata cara berwudhu dan mendawamkan doa setelah berwudhu.

Berikut Doa Setelah Berwudhu
أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. أَللَّهُمَّ اجْعَلْنِى مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ وَاجْعَلْنِيْ مِن عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ

Asyhadu an laa ilaaha illallah wahdahu laa syariikalah. Wa asyhadu anna Muhammadan 'abduhuu warasuuluh. Allaahummaj'alnii minat-tawwaabiina, waj'alnii minal mutathahhiriin, waj'alnii min 'ibadikash Shoolihin.

Artinya:
Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah yang Maha Esa dan tiada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang yang bertaubat dan jadikanlah aku termasuk orang yang menyucikan diri dan jadikanlah aku dari golongan hamba-hamba Mu yang saleh.

Adapun keutamaam membaca doa setelah wudhu adalah dibuka baginya delapan pintu surga, ia masuk dari pintu-pintu mana saja yang ia kehendaki. Hal ini berdasarkan sebuah hadis:

من توضأ فقال أشهد أن لا إله إلا الله - الخ - فتحت له أبواب الجنة الثمانية، يدخل من أيها شاء

"Siapa yang berwudhu kemudian membaca doa wudhu setelahnya, maka dibukalah baginya pintu-pintu surga yang delapan, ia masuk dari pintu mana yang ia kehendaki." (HR Muslim)

Selain doa di atas, berikut doa tambahannya:
سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ أَنْتَ اَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

Subhaanakallohumma Wabihamdika Ashadu-allaa Ilaha Illaa Anta Astaghfiruka wa Atuubu Ilaika.

Artinya:
Maha Suci Engkau Ya Allah dan dengan memuji-Mu. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau. Aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.

Fadhilah membaca doa ini adalah mendapat perlindungan dari kemurtadan.

Kemudian Membaca salawat dan salam kepada Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم:

وَصَلَّى اللهُ وَسَلَّمَ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ


(Baca Juga: 7 Amalan Setelah Berwudhu dan Keutamaannya)

Wallahu A'lam
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1267 seconds (0.1#10.140)