5 Manfaat Sedekah, Salah Satunya Dinaungi di Padang Mahsyar

loading...
5 Manfaat Sedekah, Salah Satunya Dinaungi di Padang Mahsyar
Selain membuka pintu rezeki, sedekah dapat memudahkan seseorang menjadi penghuni surga. Foto/ilustrasi
Sedekah atau mengeluarkan harta untuk orang lainadalah ibadah yang sangat mulia di sisi Allah. Selain membuka pintu rezeki, sedekah dapat memudahkan seseorang menjadi ahli surga.

Dalam satu hadis shahih, Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:

عن أبي هريرة رضي الله عنه: أن النبي صلى الله عليه وسلم قال: إذَا مَاتَ الإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إلاَّ مِنْ ثَلاَثَةِ: إِلاَّ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ، أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu berkata: Rasulullah bersabda: "Apabila manusia itu meninggal dunia maka terputuslah segala amalnya kecuali tiga yaitu, sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat atau anak sholeh yang mendoakan kepadanya." (HR Muslim)

(Baca Juga: Perihal Istri Bersedekah Tanpa Sepengetahuan Suami)

Berikut 5 Manfaat Sedekah:

1. Memudahkan Seseorang Masuk Surga
Dalam Al-Qur'an, Allah Ta'ala berfirman:"Dan bersegeralah kamu pada ampunan dari Tuhanmu dan pada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang diediakan untuk orang-orang yang bertakwa. Yaitu orang-orang yang menafkahkan harta mereka baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang menahan amarah mereka dan memaafkan kesalahan orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan. (QS Ali Imran: 133-134)

2. Mendapat Nanungan di Padang Mahsyar
Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda: "Ada tujuh kelompok yang akan dinaungi (dilindungi) Allah pada hari yang tidak ada tempat berteduh kecuali dalam naungannya-Nya. (salah satunya) seseorang yang bersedekah dengan sembunyi-sembunyi, sehingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang diinfakkan oleh tangan kanannnya…" (Shahih Al-Bukhari, Muslim)

3. Melembutkan Hati yang Keras
Dari Abu Hurairah, bahwa akan ada seseorang datang kepada Rasulullah صلى الله عليه وسلم mengeluhkan hatinya yang keras. Beliau bersabda: "Jika engkau ingin melembutkan hati, maka berilah makan kepada orang miskin, dan usaplah (dengan lemah-lembut dan kasih sayang) kepada anak yatim. (HR Ahmad)

4. Menghapus Dosa dan Menjauhkan Seseorang dari Api Neraka
Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda: "Jauhilah api neraka, meskipun hanya dengan sebutir kurma" (Shahih Al-Bukhari, Muslim). Di riwayata lain disebutkan: "Sedekah menghapus dosa, seperti air memadamkan api". (HR At-Tirmidzi)

5. Menenangkan dan Menyucikan Jiwa
Allah senantiasa memberkahi dan memberikan ketenangan kepada orang-orang yang bersedekah. Perasaan tenang dan damai ini akan menghampiri seseorang ketika jika melihat orang lain yang dibantu keluar dari kesulitannya.

Pahala yang Terus Mengalir
Adapun amalan yang pahalanya terus mengalir sekalipun seseorang telah meninggal dunia dijelaskan dalam satu Hadis dari Anas radhiyallahu 'anhu. Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda: Ada tujuh pahala yang terus mengalir diterima seseorang selepas matinya, yaitu:

1. Orang yang mendirikan masjid, ia akan mendapat pahalanya selagi masjid itu digunakan orang untuk beramal di dalamnya.
2. Orang yang mengalirkan air sungai, maka ia mendapat pahala selagai ada orang memanfaatkan airnya.
3. Orang yang menulis mushaf Al-Qur'an akan mendapat pahala bagi orang yang membacanya.
4. Orang yang membuat sumur selagi ada orang yang menggunakannya.
5. Orang menanam tanaman selagi ada yang memakannya baik manusia ataupun burung.
6. Orang yang mengajarkan ilmu agama dan diamalkan oleh orang yang mempelajarinya.
7. Orang yang meninggalkan anak saleh yang senantiasa mendoakan orang tuanya dan beristighfar untuknya setelah wafat. Apabila anak diajarkan ilmu Al-Qur'an, maka orang yang mengajarnya akan mendapat pahala selagi anak itu mengamalkannya tanpa mengurangi pahala anak itu sendiri.

(Baca Juga: Infak di Jalan Allah Diganjar Pahala Berlipat Hingga 700 Kali)

Wallahu A'lam
(rhs)
cover top ayah
وَاِنۡ تُطِعۡ اَكۡثَرَ مَنۡ فِى الۡاَرۡضِ يُضِلُّوۡكَ عَنۡ سَبِيۡلِ اللّٰهِ‌ؕ اِنۡ يَّتَّبِعُوۡنَ اِلَّا الظَّنَّ وَاِنۡ هُمۡ اِلَّا يَخۡرُصُوۡنَ‏
Dan jika kamu mengikuti kebanyakan orang di bumi ini, niscaya mereka akan menyesatkanmu dari jalan Allah. Yang mereka ikuti hanya persangkaan belaka dan mereka hanyalah membuat kebohongan.

(QS. Al-An’am:116)
cover bottom ayah
preload video