Istighfar dan Doa Sayidul Istighfar Sesuai Sunnah Rasul

loading...
Istighfar dan Doa Sayidul Istighfar Sesuai Sunnah Rasul
Ilustrasi/Ist
Istighfar berasal dari kata dasar غفر yang artinya menutup. Dalam pengertian bahasa Istighfar adalah memohon ampun atas segala dosa yang dilakukan oleh seorang hamba dengan niat tidak akan mengulangi perbuatan tersebut. Hal ini dapat dilakukan baik dengan perkataan maupun perbuatan.

Baca juga: Siapa yang Mengamalkan Istighfar Ini Termasuk Ahli Surga

Allah SWT menganjurkan ummat-Nya untuk beristighfar. Allah menghapus dosa dan kesalahan hamba-Nya yang beristighfar.

Rasulullah bersabda, "Allah telah berkata,'Wahai hamba-hamba-Ku, setiap kalian pasti berdosa kecuali yang Aku jaga. Maka beristighfarlah kalian kepada-Ku, niscaya kalian Aku ampuni. Dan barangsiapa yang meyakini bahwa Aku punya kemampuan untuk mengamouni dosa-dosanya, maka Aku akan mengampuninya dan Aku tidak peduli (beberapa banyak dosanya)." (HR.Ibnu Majah, Tirmidzi).



Imam Qatadah juga pernah berujar, " Al-Qur'an telah menunjukkan penyakit dan obat kalian. Adapun penyakit kalian adalah dosa, dan obat kalian adalah istighfar." (Kitab Ihya'Ulumiddin: 1/410).

Istighfar juga mempunyai kedudukan yang tinggi dalam diri seorang hamba, bahkan Allah memadukannya dengan iman ketika menjelaskan tentang orang– orang kafir di Makkah:

"Dan tidak ada sesuatupun yang menghalangi manusia dari beriman, ketika petunjuk telah datang kepada mereka, dan dari memohon ampun kepada Tuhannya, kecuali (keinginan menanti) datangnya hukum (Allah yang telah berlalu pada) umat-umat yang dahulu atau datangnya azab atas mereka dengan nyata". (QS.Al-Kahf : 55)

Istighfar juga menjadi penyebab turunnya kasih sayang Allah.

Allah berfirman: "Dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun"( Al Anfaal 23).
halaman ke-1
cover top ayah
وَاِنَّهٗ لَتَذۡكِرَةٌ لِّلۡمُتَّقِيۡنَ
Dan sungguh, Al-Qur'an itu pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa.

(QS. Al-Haqqah:48)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video