Tata Cara Salat Hajat Lengkap dengan Niat dan Zikirnya

loading...
Tata Cara Salat Hajat Lengkap dengan Niat dan Zikirnya
Siapa yang memiliki kebutuhan (hajat), maka dianjurkan mendirikan salat sunnah hajat. Foto/dok saintif
Salat Hajat adalah shalat sunnah yang dikerjakan agar hajat (keinginan/kebutuhan) dikabulkan Allah Ta'ala. Hajat yang dimaksud di sini adalah hajat yang dibenarkan oleh syariat.

Shalat hajat ini boleh dikerjakan beberapa kali, biasanya sampai 7 malam berturut-turut. Adapun dalil anjuran mengerjakan shalat hajat sebagaimana dalam hadis berikut:

"Siapa yang berwudhu dan sempurna wudhunya, kemudian shalat dua rakaat (Shalat Hajat) dan sempurna rakaatnya maka Allah berikan apa yang ia pinta cepat atau lambat." (HR Ahmad)

Baca Juga: Begini Do'a Setelah Salat Hajat Serta Waktu dan Tata Caranya



"Barangsiapa yang memunyai kebutuhan (hajat) kepada Allah atau salah seorang manusia dari anak-cucu Adam, maka wudhulah dengan sebaik-baik wudhu. Kemudian salat dua rakaat (shalat Hajat), lalu memuji kepada Allah, mengucapkan shalawat kepada Nabi? Setelah itu, mengucapkan "Laa illah illallohul haliimul kariimu, Subhaana…. (HR At-Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Diriwayatkan dari Abu Sirah an-Nakh'iy, dia berkata, "Seorang laki-laki menempuh perjalanan dari Yaman. Di tengah perjalanan keledainya mati, lalu dia mengambil wudhu kemudian shalat dua rakaat, setelah itu berdoa. Dia mengucapkan, "Ya Allah, sesungguhnya saya datang dari negeri yang sangat jauh guna berjuang di jalan-Mu dan mencari ridha-Mu. Saya bersaksi bahwasanya Engkau menghidupkan makhluk yang mati dan membangkitkan manusia dari kuburnya, janganlah Engkau jadikan saya berhutang budi terhadap seseorang pada hari ini. Pada hari ini saya memohon kepada Engkau supaya membangkitkan keledaiku yang telah mati ini." Maka, keledai itu bangun seketika, lalu mengibaskan kedua telinganya." (HR Baihaqi, sanad cerita ini shahih)

Kemudian, ada seorang yang buta matanya menemui Nabi صلى الله عليه وسلم, lalu ia mengatakan, "Sesungguhnya saya mendapatkan musibah pada mata saya, maka berdoalah kepada Allah (untuk) kesembuhanku." Maka Nabi bersabda, "Pergilah, lalu berwudhu, kemudian salatlah dua rakaat (salat hajat). Setelah itu, berdoalah…." Dalam waktu yang singkat, laki-laki itu terlihat kembali seperti ia tidak pernah buta matanya.” Kemudian Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda: "Jika kamu memiliki kebutuhan (hajat), maka lakukanlah seperti itu (salat hajat)." (HR at-Tirmidzi)

Tata Cara Shalat Hajat
Adapun jumlah rakaatnya mulai dari 2 rakaat sampai 12 rakaat dan setiap 2 rakaat salam. Sedangkan waktu pelaksanaannya boleh siang ataupun malam hari, asal bukan waktu-waktu yang terlarang.

Akan tetapi waktu yang terbaik adalah sepertiga malam terakhir (antara pukul 01.000 WIB sampai menjelang Shubuh) atau setiap selesai shalat fardhu.
halaman ke-1
cover top ayah
يَمُنُّوۡنَ عَلَيۡكَ اَنۡ اَسۡلَمُوۡا‌ ؕ قُلْ لَّا تَمُنُّوۡا عَلَىَّ اِسۡلَامَكُمۡ‌ ۚ بَلِ اللّٰهُ يَمُنُّ عَلَيۡكُمۡ اَنۡ هَدٰٮكُمۡ لِلۡاِيۡمَانِ اِنۡ كُنۡـتُمۡ صٰدِقِيۡنَ
Mereka merasa berjasa kepadamu dengan keislaman mereka. Katakanlah, “Janganlah kamu merasa berjasa kepadaku dengan keislamanmu, sebenarnya Allah yang melimpahkan nikmat kepadamu dengan menunjukkan kamu kepada keimanan, jika kamu orang yang benar.”

(QS. Al-Hujurat:17)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video