Begini Tata Cara Salat Saat Kondisi Bencana

loading...
Begini Tata Cara Salat Saat Kondisi Bencana
Ilustrasi/Ist
Pimpinan Pusat Muhammadiyah dalam buku " Himpunan Putusan Tarjih Muhammadiyah " memfatwakan bahwa dalam situasi masyarakat sedang mengalami bencana atau dalam kondisi siaga bencana, maka pelaksanaan salat dapat menggunakan prinsip rukhsah (keringanan). Salat dapat dilakukan dengan dijamak.

Baca juga: Gandeng Korps Marinir, Alit Indonesia Kirim Donasi untuk Korban Bencana di Mamuju

Pelaksanaan salat dengan cara dijamak, dapat dilakukan dengan cara taqdim atau ta’khir. Dalil dari pelaksanaan salat jamak dalam situasi bencana adalah hadis dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu (diriwayatkan bahwa) dia berkata, “ Rasulullah shallallahu ‘alayhi wa sallam salat zuhur dan Ashar di Madinah secara Jamak, bukan karena takut, dan juga bukan dalam perjalanan”.

Abu Az Zubair berkata, Saya bertanya kepada Sa’id ‘mengapa Beliau berbuat demikian?’” lalu dia menjawab, “Saya bertanya kepada Ibnu Abbas sebagaimana engkau bertanya demikian kepadaku”.



Ibnu Abbas berkata, “Beliau (Rasulullah) menghendaki agar tidak menyulitkan seseorang pun dari ummatnya” (HR Muslim).

Baca juga: Bencana Datang Bertubi-Tubi, Pendidikan Pengelolaan Risiko Mendesak

Dalam hadis tersebut, Rasulullah diceritakan menjamak salat tidak dalam situasi bencana/ketakutan, melainkan dalam kondisi normal. Maknanya, dalam situasi bencana maka salat jamak dapat dilakukan.

Dalam situasi bencana, bagi siapa saja yang mengalami kesulitan untuk berdiri dalam melaksanakan salat karena cedera yang menimpanya atau karena alasan lain, maka ia bisa mengerjakannya dengan duduk. Jika tidak mampu duduk, ia bisa melakukanya sambil berbaring. Sebagaimana kaidah ushul fiqih menyebutkan,

إنّ تعذّر الأصل يصار إلى البدلَ

Apabila uzur (berhalangan) pada yang asal (pokok/dasar), maka dialihkan pada penggantinya.
halaman ke-1
cover top ayah
اَفَلَا يَتَدَبَّرُوۡنَ الۡقُرۡاٰنَ اَمۡ عَلٰى قُلُوۡبٍ اَ قۡفَالُهَا
Tidakkah mereka menghayati Al-Qur'an ataukah hati mereka sudah terkunci?

(QS. Muhammad:24)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video