Kisah Khulafaur Rasyidin (17)

Kampanye Keji untuk Menumbangkan Kekhalifahan Ali bin Abi Thalib

loading...
Kampanye Keji untuk Menumbangkan Kekhalifahan Ali bin Abi Thalib
Ilustrasi/Ist
MENYADARI kekuatannya sendiri, Muawiyah tidak gugup menerima surat perintah Amirul Mukminin. Selesai dibaca, dengan sengaja surat itu dibiarkan begitu saja. Utusan Khalifah Ali bin Abi Thalib dibiarkan menunggu sampai tidak tentu batas waktunya.

Tiga bulan kemudian barulah Muawiyah membalas surat Khalifah Ali bin Abi Thalib.

Baca juga: Kisah Pembangkangan Muawiyah kepada Khalifah Ali bin Abi Thalib

Seorang dari Bani 'Absy diperintahkan berangkat membawa surat jawaban untuk Khalifah di Madinah . Untuk memperlihatkan sikapnya yang tidak mengakui Ali bin Abi Thalib sebagai Khalifah dan Amirul Mukminin, pada sampul surat jawaban itu ditulis: "Dari Muawiyah bin Abi Sufyan kepada Ali bin Abi Thalib."



Sebelum utusan itu berangkat ke Madinah, Muawiyah berpesan agar setibanya di kota tujuan, sampul surat itu diperlihatkan dulu kepada orang banyak, sebagai pemberitahuan bahwa ia tidak mengakui Ali bin Abi Thalib sebagai Amirul Mukminin.

Pesan Muawiyah itu dilaksanakan sebagaimana mestinya oleh orang dari Bani 'Absy. Secara demonstratif sampul surat Muawiyah diperlihatkan kepada orang banyak. Semua orang ingin tahu apa yang terjadi akibat pembangkangan Muawiyah.

Orang beramai-ramai mengikuti perjalanan kurir itu menuju ke tempat kediaman Ali bin Abi Thalib. Mereka juga ingin tahu apa sesungguhnya isi surat tersebut.

Baca juga: Perpecahan di Masa Khalifah Ali bin Abi Thalib, Dipicu Soal Pembagian Ghanimah

Kedatangan kurir Muawiyah disambut dengan tenang oleh Khalifah Ali bin Abi Thalib. Setelah dibuka, ternyata dalam sampul itu hanya terdapat secarik kertas yang bertuliskan "Bismillaahhir Rahmanir Rahim".
halaman ke-1
cover top ayah
اَلۡيَوۡمَ نَخۡتِمُ عَلٰٓى اَفۡوَاهِهِمۡ وَتُكَلِّمُنَاۤ اَيۡدِيۡهِمۡ وَتَشۡهَدُ اَرۡجُلُهُمۡ بِمَا كَانُوۡا يَكۡسِبُوۡنَ‏
Pada hari ini (kiamat) Kami tutup mulut mereka, tangan mereka akan berkata kepada Kami dan kaki mereka akan memberi kesaksian terhadap apa yang dahulu mereka kerjakan.

(QS. Yasin:65)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video