Kunci Hidup Bahagia Menurut Habib Quraisy Baharun

loading...
Kunci Hidup Bahagia Menurut Habib Quraisy Baharun
Pengasuh Ponpes Ash-Shidqu Kuningan Jawa Barat, Al-Habib Quraisy Baharun. Foto/ist
Semua orang mendambakan hidup bahagia, namun tak sedikit yang menemui hambatan karena tidak mengetahui jalan dan caranya. Itulah sebabnya Islam datang untuk memberi petunjuk yang lurus agar manusia memperoleh kebahagiaan hakiki.

Bagi yang ingin mengetahui kunci kebahagiaan, berikut nasihat Al-Habib Qurasiy Baharun (pengasuh Ponpesn Ash-Shidqu Kuningan). Dikisahkan, dalam satu pertemuan, Syekh Ali ath-Thonthowi rahimahullah mengatakan, "Apa itu bahagia?

Kata beliau, sumber bahagia itu ada dalam diri seseorang itu sendiri, bukan dari luar dirinya. Kukatakan kepada kalian, apa kata kunci kebahagiaan? Kata kunci kebahagiaan adalah ridho (puas, merasa cukup dan mencintai pemberian Allah).

Baca Juga: Kunci Kebahagiaan Cuma Satu, Dekati Allah!



Jika anda ingin bahagia ridholah dengan pemberian Allah. Jika anda ridho anda adalah orang yang berbahagia. Semakin anda banyak menuntut ingin ini dan itu kebahagiaan anda semakin berkurang." (Ali ath Thonthowi dalam Fushul Ijtima'iyyah hal 94)

Berikut firman Allah Ta'ala:

مَنْ عَمِلَ صَٰلِحًا مِّن ذَكَرٍ أَوْ أُنثَىٰ وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهُۥ حَيَوٰةً طَيِّبَةً ۖ وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ أَجْرَهُم بِأَحْسَنِ مَا كَانُوا۟ يَعْمَلُونَ

"Barangsiapa yang mengerjakan amal shaleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan." (QS. An-Nahl: 97)

Sesungguhnya kehidupan tanpa kebahagiaan iman bagaikan daya lemah yang sama dimiliki oleh manusia dan semut. Juga seperti keledai dengan kebodohannya; namun hari ini mereka masih saja merasa bahwa kebahagiaan itu sebagaimana kehidupan yang mereka jalani tanpa iman.
halaman ke-1
cover top ayah
فَمَنۡ يُّرِدِ اللّٰهُ اَنۡ يَّهۡدِيَهٗ يَشۡرَحۡ صَدۡرَهٗ لِلۡاِسۡلَامِ‌ۚ وَمَنۡ يُّرِدۡ اَنۡ يُّضِلَّهٗ يَجۡعَلۡ صَدۡرَهٗ ضَيِّقًا حَرَجًا كَاَنَّمَا يَصَّعَّدُ فِى السَّمَآءِ‌ؕ كَذٰلِكَ يَجۡعَلُ اللّٰهُ الرِّجۡسَ عَلَى الَّذِيۡنَ لَا يُؤۡمِنُوۡنَ
Barangsiapa dikehendaki Allah akan mendapat hidayah (petunjuk), Dia akan membukakan hatinya untuk menerima Islam. Dan barangsiapa dikehendaki-Nya menjadi sesat, Dia jadikan dadanya sempit dan sesak, seakan-akan dia (sedang) mendaki ke langit. Demikianlah Allah menimpakan siksa kepada orang-orang yang tidak beriman.

(QS. Al-An’am:125)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video