Keutamaan Bismillah yang Jarang Diketahui Orang

Senin, 08 Februari 2021 - 16:11 WIB
loading...
Keutamaan Bismillah yang Jarang Diketahui Orang
Siapa yang melazimkan kalimat Basmallah setiap memulai aktivitas maka Allah akan melimpahkan berkah padanya. Foto/Ist
A A A
Bagi umat Islam, kalimat basmalah (بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ) ini sudah tidak asing. Kalimat "Bismillah" merupakan bagian dari Surah Al-Fatihah yang agung dalam Al-Qur'an.

Allah menyatakan diri-Nya sebagai Zat Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang dalam kalimat ini. 'Bismillah' merupakan kalimat pembuka dan salah satu yang memiliki banyak keutamaan dan keagungan.

Baca Juga: Hukum Membaca Basmallah Menurut 4 Mazhab

Apa Saja Keutamaannya?
Dalam Kitab Qurrotul 'Uyun karya Syekh Muhammad At-Tihamiy, Sayyidina Anas radhiyallahu 'anhu berkata: "Demi Allah yang Maha Agung, maka sungguh Sayyidina Abu Bakar telah menceritakan kepadaku dan beliau berkata: "Demi Allah yang Maha Agung maka sungguh Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم yang terpilih telah menceritakan kepadaku dan Beliau telah berkata: "Demi Allah Yang Maha Agung maka sungguh Israfil telah menceritakan kepadaku bahwa Allah Ta'ala berfirman: "Demi keagungan-Ku, kedermawanan-Ku dan kemuliaan-ku, siapa saja yang membaca 'Bismillahir-Rohmanor-Rohiim' yang dihubungkan dengan pembuka Al-Fatihah sebanyak 1 kali, maka saksikanlah oleh kalian bahwasanya Aku telah memberi ampunan kepadanya dan Aku menerima amal kebaikannya dan Aku hapuskan semua kesalahannya. Dan Aku tidak akan membakar lidahnya di dalam api neraka dan Aku lindungi ia dari siksa kubur, siksa neraka dan siksa Hari Kiamat. Dan ia akan menemui-Ku sebelum para Nabi dan para wali seluruhnya."

Ulama Yaman Al-Habib Athos Bin Hafizh pernah memberi nasehat, "Apabila engkau mau mengerjakan sesuatu yang baik, maka bacalah بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ. Mau duduk, bacalah بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ. Mau berdiri, bacalah بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ. Mau menyentuh suatu benda yang baik dan bagus, bacalah بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ. Mau berkendaraan, bacalah بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ. Mau memakai pakaian, bacalah بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ. Dan semua yang berhubungan dengan kebaikan, maka bacalah بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ.

Fadhilahnya, Insya Allah pekerjaan apapun yang baik jika didahului membaca بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ, maka akan membawa berkah dan Malaikat membentangkan sayapnya. Malaikat memintakan ampun untuknya dan dicatat oleh Malaikat 400 kebaikan. Setiap satu kali perbuatan baik yang didahului oleh بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ akan dicatat dengan 400 kebaikan."

Syekh Muhammad Mutawalli Asy-Sya'rawi berkata: "Jikalau engkau terbiasa mengucapkan kalimat basmalah di setiap ingin memulai pekerjaan, maka nanti pada hari Kiamat di saat engkau menerima lembaran amal perbuatanmu selama di dunia, engkau akan memulai membacanya dengan kalimat basmalah sebagaimana kebiasaanmu didunia. Kemudian tanpa engkau sadari, seluruh dosamu telah dihapuskan, maka engkau pun heran dengan apa yang telah terjadi (padahal engkau telah banyak berbuat kemaksiatan ketika didunia). Seketika itu terdengarlah seruan, "Wahai hambaKu, sesungguhnya engkau telah memanggilku dengan Rahman dan Rahim (Maha Pengasih dan Maha Penyayang) maka aku hapuskan seluruh dosa-dosamu kerana sifatku yang maha kasih".

"Barangsiapa memungut kertas yang bertuliskan'Bismillaahirrohmaanirrohiim' dari lantai, dengan niat agar kalimat itu tidak tercemari oleh kotoran, tidak terinjak, dan dilakukan karena mengagungkan Allah, maka Allah akan memasukkannya ke dalam golongan as- Shiddiqin (para Waliallah yang selalu membenarkan Ajaran Allah) di sisi-Nya, dan kedua orang tuanya diampuni."

Demikian keutamaan kalimat Basmalah yang perlu diketahui umat Islam. Semoga kita termasuk orang-orang yang mengagungkannya dan melazimkan dalam kehidupan sehari-hari. Aamiin.

Baca Juga: Keutamaan Membaca 'Alhamdulillah' dan Rahasianya

Wallahu A'lam
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1595 seconds (0.1#10.140)