Fadhilah Salat Sunnah Awwabin Diganjar Pahala Ibadah 12 Tahun

Selasa, 09 Februari 2021 - 17:58 WIB
loading...
Fadhilah Salat Sunnah Awwabin Diganjar Pahala Ibadah 12 Tahun
Salat sunnah Awwabin dikerjakan antara Maghrib dan Isya dengan 2, 4 atau 6 rakaat. Foto/Ist
A A A
Salat Awwabin adalah salah satu salat sunnah yang memilik keutamaan besar. Awwabin berasal dari Bahasa Arab yang berarti orang yang sering bertaubat dan kembali kepada Allah Ta'ala.

Salat sunnah Awwabin dikerjakan antara Maghrib dan Isya dengan 2, 4 atau 6 rakaat. Paling banyak 20 rakaat dengan sepuluh salam. Salat ini sering dikerjakan oleh Rasulullah صلى الله عليه وسلم dan para sahabat sembari menanti masuknya waktu Isya.



Para ulama menganjurkan salat sunnah ini dikerjakan enam rakaat sesudah salat fardhu Maghrib agar termasuk kalangan Awwabin. Berikut fadhillah (keutamaan) salat Sunnah Awwabin:

Salat sunnah Awwabin ini dapat memelihara keteguhan iman seseorang, di samping menghapuskan dosa dan meraih banyak pahala. Dari Abu Hurairah, Nabi صلى الله عليه وسلم bersabda:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ صَلَّى بَعْدَ الْمَغْرِبِ سِتَّ رَكَعَاتٍ لَمْ يَتَكَلَّمْ فِيمَا بَيْنَهُنَّ بِسُوءٍ عُدِلْنَ لَهُ بِعِبَادَةِ ثِنْتَيْ عَشْرَةَ سَنَةً

"Siapa yang melakukan salat enam rakaat sesudah Maghrib tiada di selang antaranya dengan sesuatu pembicaraan (dunia) niscaya samalah pahalanya dengan ibadah 12 tahun." (HR Ibnu Majah, Ibn Khuzaimah dan At-Turmuzi)

Dari Ammar bin Yasir, Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda: "Siapa melakukan salat 6 rakaat setelah Maghrib, maka diampuni dosanya meskipun sebanyak ombak lautan." (HR at-Tabrani)

Rasulullah صلى الله عليه وسلم juga bersabda: "Barangsiapa salat 20 rakaat setelah Maghrib, maka Allah mambangun rumah di surga untuknya." (HR At-Tirmidzi)



Cara Mengerjakannya
Salat sunnah Awwabin dikerjakan sebanyak 2, 4 atau 6 rakaat setelah salat fardhu Maghrib. Setelah membaca Surah Al-Fatihah pada rakaat pertama dilanjutkan dengan membaca Surah Al-Qadr 1 kali, Surah Al-Ikhlas sebanyak 6 kali, Surah Al-Falaq 1 kali dan Surah An-Nas 1 kali. Begitu juga pada rakaat kedua.

Atau bisa juga membaca pada rakaat pertama yaitu Surah Al-Kafirun 1 kali dan rakaat kedua Surah Al-Ikhlas 1 kali.

Berikut Lafaz Niat Salat Sunnah Awwabin:
اُصَلِّى سُنَّةً الأَوَّابِينَ رَكَعَتَيْنِ ِللهِ تَعَالَى

Usholli sunnatal Awwabiina Rak'ataini Lillahi Ta'ala.

Artinya:
Aku niat Salat Sunnah Awwabin dua rakaat karena Allah Ta'ala.



Wallahu A'lam
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2265 seconds (0.1#10.140)