Ini Mengapa Ujian Bisa Berubah Menjadi Bencana yang Dahsyat

Rabu, 10 Februari 2021 - 13:53 WIB
loading...
Ini Mengapa Ujian Bisa...
Ilustrasi/Ist
A A A
Berbagai bencana di Indonesia, maupun secara global, belakangan ini hendaknya mengundang kita untuk instropeksi diri dan merenung. Mengapa bencana beruntun terjadi, adakah ini ujian ataukah ini hukuman?

Rasulullah SAW bersabda:

ستكون فتن كقطع الليل المظلم؛ يصبح مؤمنا و يمسى كافرا، و يمسي مؤمنا و يصبح كافرا. يبيع دينه بعرض من الدنيا

“Sesungguhnya akan terjadi beragam malapetaka di hadapanmu bagaikan malam gelap gulita, seseorang di pagi hari masih mukmin, di sore hari bisa berubah menjadi kufur. Di sore hari masih mukmin, di pagi hari bisa berubah jadi kufur. la menjual agamanya karena menginginkan kehormatan dunia." (HR Abu Dawud, Kitaabul Fitan wal Malaahim, no. 4259 dan HR. Ibnu Majah, Bab At-Tatsbiit fil fitnah, dari shahabat Abu Musa al-Asy'ari radhiyallaahu 'anh, no. 3961).

Demikianlah Rasulullah shalallaahu 'alaihi wa sallam mengingatkan ummatnya.

Ustaz Teten Romly Qomaruddien, Ketua Bidang Kajian & Ghazwul Fikri Dewan Da'wah Islamiyah Indonesia (DDII), menjelaskan isyarat kenabian yang disampaikan dalam hadisnya yang mulia ini mengandung renungan sangat mendalam dan perlu perhatian sangat serius.

Pertama, akan terjadi badai petaka yang sangat dahsyat menimpa kaum Muslimin.

Kedua, akan terjadinya perubahan perilaku yang sangat besar menimpa kaum Muslimin, di mana keimanan dan keislaman seseorang sudah menjadi barang murahan untuk dipertaruhkan.

"Tentu saja keduanya terjadi bukan tanpa sebab, melainkan banyak faktor yang menyebabkannya. Faktor-faktor inilah yang disebut dengan api fitnah atau sumber malapetaka," ujar Anggota Komisi Pengkajian & Penelitian MUI Pusat ini.

Memahami Makna Ujian
Ustaz Teten Romly memaparkan dalam kitab-kitab kamus (ma'aajim) dituliskan, bahwa yang dimaksud ujian (fitnah) memiliki banyak pengertian lain: selain diartikan batu ujian, cobaan, 'aib dan noda, bahkan stress atau kegilaan, masuk di dalamnya.

Terkadang diartikan pula dengan siksa, penyakit, kegaduhan, kerusuhan, chaos dan huru hara. Di samping itu, anak dan istri, juga harta benda yang dimiliki termasuk ujian. "Yang jelas, semuanya mengindikasikan kepada segala sesuatu yang tidak disenangi (kullu syai'in makruuhatin)," jelasnya dalam ulasannya yang berjudul "Agar Ujian Tidak Berubah Menjadi Bencana".

Dikarenakan semuanya bisa menjadi beban dan setiap beban akan terasa menjadi siksa, maka sederhananya fitnah dapat dimaknai azab, sekalipun bagi orang-orang saleh bisa berubah menjadi rahmat.

Hal ini tercermin dalam dialog Rasulullah shalallaahu 'alaihi wa sallam bersama Umul Mukminin Aisyah radhiyallaahu . Nabi bersabda: “Apabila telah tampak kerusakan di muka bumi, maka Allah akan turunkan siksa pada penghuninya.”

Lalu 'Aisyah menyangkalnya: “Bukankah penduduk bumi masih ada orang saleh?"

Nabi menjawab: “Benar, kemudian bagi mereka berubah menjadi rahmat.” (HR. Ahmad dalam Tafsir Ibnu Katsir 2/ 275).

Sungguh sangat jelas, terjadinya malapetaka merupakan buah akibat dari perbuatan manusia sendiri yang mengundang laknat dan murka Allah yang bukan hanya menimpa pelaku kezaliman saja, melainkan termasuk orang-orang saleh sekali pun akan ikut menanggung derita karenanya.

Orang zalim binasa karena kezalimannya, sedangkan orang saleh dibinasakan karena diamnya, bungkam, diam seribu bahasa dan tidak mencegah kemaksiatan serta kezaliman. (Lihat: As-Syaukani dalam Fathul Oadir 2/ 376 dan As-Shabuni dai Shafwatut Tafaasir 1/ 500).

Maka sangatlah wajar, di antara para Ahli Tafsir menyebutkan, bahwa penyebab malapetaka muncul dikarenakan manusia telah banyak meninggalkan al-amru bil ma'ruuf wan nahyu 'anil munkar. (Khalid “Abdurrahman al-'Akk. Shafwatul Bayaan Lima'aanil Gur'aan, hlm. 52).

Maha benar Allah atas segala firmanNya: “Hendaklah kalian takut akan ujian berupa adzab Allah, di mana Allah tidak akan menimpakannya secara khusus kepada orang-orang zalim semata. Ingatlah sesungguhnya Allah Maha keras siksaannya.”" (OS. Al-Anfaal/8: 25).

Dahsyatnya Bencana
Dalam kenyataannya, terkadang kaum Muslimin mendapatkan ujian, terkadang dengan perkara yang baik (bil khair), juga terkadang dengan perkara yang buruk (bis syarr). Ujian dengan perkara yang baik-baik di antaranya melimpahnya kekayaan alam, pesatnya pembangunan atau majunya ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin mutakhir. Adapun ujian dengan perkara yang buruk-buruk, di antaranya banyaknya bencana yang menimpa, dari kemarau panjang sampai banjir bandang, dari gempa bumi, gunung meletus sampai tsunami. Singkatnya dari “banjir duit" sampai “banjir lumpur" masuk di dalamnya.

Semua ini terjadi ketika manusia masih di dunia, maka Rasulullah shalallaahu 'alahi wa sallam mengistilahkannya dengan fitnah dunia (fitnatul mahyaa, cobaan selagi hidup). Tentu saja ada cobaan yang lain yang lebih dahsyat ketimbang cobaan dunia, itulah yang dinamakan fitnah negeri akhirat (fitnatul mamaat: cobaan setelah kematian, di antaranya menjawab pertanyaan malaikat di alam barzakh.

Dapat menjawab berarti nikmat, tidak dapat menjawab berarti azab atau mushibah). (Sunan an-Nasaai bis Syarhil Hafizh Jalaluddin as-Suyithi wa Haasyiyatil Imam as-Sindi, 2/ 57).

Oleh karenanya, Rasulullah mengingatkan, kehidupan dunia selalu diuji dengan kenikmatan, sementara kehidupan akhirat selalu diuji dengan kepahitan. “Kelezatan dunia adalah empedunya akhirat, sedangkan kepahitan dunia adalah madunya akhirat." (HR Al-Hakim dan Ahmad dalam Washayal Ulamaa 'Inda Hudhuuril Maut, tahgieg Musthafa Abdul Gadir Atha', hlm. 102).

Sebagai Renungan
Kembali kepada ujian dunia, yaitu bencana demi bencana yang menimpa umat manusia, seyogianya menjadi bahan renungan dengan pendekatan yang dapat mengantarkan seseorang semakin dekat dan merapat kepada yang mendatangkan ujian, yakni Allah Rabbunaa Taabaaraka wa Ta'ala. Itulah yang disebutkan pendekatan akidah, di mana kembalinya umat manusia kepada akidah yang benar merupakan solusi atas setiap musibah yang menimpa.

Di antara renungan yang dimaksud adalah:

1) Menjadikan semua peristiwa sebagai pembimbing peringatan yang dapat menambahkan keimanan akan kesempurnaan kuasa dan kekuatan Allah azza wa jalla serta menyakini bahwa Allahlah yang mengatur sesuai kehendakNya dan berkehendak mengadzab manusia, baik “adzab dari atas" semisal petir, halilintar yang menghancurkan dan angin topan, serta "adzab dari bawah" semisal gempa dan tanah longsor (Renungan QS Al-An'aam/ 6: 65).

2) Menjadikan semua peristiwa sebagai sesuatu yang dapat mendatangkan rasa takut dikarenakan keagunganNya (Renungan QS. Al-Isra'/ 17: 59).

3) Setelah terjadinya bencana, merenungkan betapa bijaknya Allah meletakkan manusia di bumi yang tidak bergoncang ini (Renungan QS. Ghaafir/ 40: 64).

4) Menyakini bahwa bumi benar-benar milik Allah, apapun yang Dia lakukan merupakan kehendakNya (termasuk menenggelamkannya dengan bencana). (Renungan QS. Ar-Ra'd/ 13: 41).

5) Bertambahnya keyakinan dan tawakkal kepada Allah bahwa di balik peristiwa itu terdapat wasilah dan pelajaran yang dapat lebih menghubungkan hamba dengan RabbNya.

6) Menyadari bahwasanya semua musibah yang terjadi disebabkan karena dosa-dosa yang dilakukan (Renungan QS. Al-Ankabuut/ 29: 40).

7) Menjadikan bahan dorongan untuk membantu dan mendo'akan orang-orang yang dilanda musibah sebagai titik tolak pertaubatan menuju jalanNya. (Lihat: Taushiyah Syaikh Abdur Razaq bin Abdul Muhsin Al-Badr dalam risalahnya: “Agid Shahiihah, Solusi Atas Setiap Setelah Musibah)

'Alaa kulli hal, meminjam pepatah klasik “Tidak mungkin ada asap, kalau tak ada api, tak mungkin ada akibat (musabab), kalau tak ada sebab (sabab).”

Demikian pula datangnya berbagai bencana dan ujian yang menimpa sampai melahirkan badai petaka, semua terjadi dikarenakan tingkah laku manusia, di samping kehendak yang Maha Kuasa.

Bukankah Rasulullah pernah mengingatkan kepada kaum Muhaijirin: “Wahai segenap muhajirin, ada lima perkara yang dapat menyebabkan kalian ditimpa mushibah berat, dan aku berlindung dari semuanya itu.”

Berikutnya, Rasul pun merincikan:

1. Tidaklah perbuatan fakhsya' (kriminalitas, prostitusi, perjudian, minum khamar dll.) dilakukan secara terang-terangan, melainkan Allah kirimkan penyakit yang tidak pernah terjadi pada umat-umat sebelumnya.

2. Tidaklah mereka mengurangi timbangan dan sukatan (korupsi, manipulasi dan lainnya), melainkan Allah timpakan kemarau panjang dan sulitnya mendapatkan pertolongan, serta terjadinya kezaliman penguasa kepada mereka.

3. Tidaklah orang-orang kaya menahan zakat mereka, melainkan Allah tahan curahan hujan dari langit, Kalaulah Allah tidak sayang kepada binatang bumi, hujan itu tidak akan pernah diturunkan.

4. Tidaklah janji Allah dan rasulNya diingkari, melainkan Allah timpakan kesulitan berupa musuh yang akan merampas kekayaan mereka.

5. Tidaklah pemimpin mereka enggan menerapkan hukum Allah, melainkan Allah turunkan krisis di antara mereka. (HR. Ibnu Majah, Bab “Uguubaat, no. 4019).

Ya Allah, kami berlindung kepadaMu dari ujian yang berat (juhdul balaa”), kesengsaraan yang sangat menyulitkan (darkus saqaa), dan kegembiraan musuh atas bencana yang menimpa (tsamaatatil 'adaa) ... Innalillahi wa Innaa Ilaihi raajiuun.


(mhy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2977 seconds (0.1#10.140)