Keutamaan Sholat Sunnah Wudhu dan Cara Mengerjakannya

Senin, 15 Februari 2021 - 21:58 WIB
loading...
Keutamaan Sholat Sunnah Wudhu dan Cara Mengerjakannya
Sholat sunnah wudhu merupakan salat satu amalan Sayyidina Bilal yang menyebabkannya masuk surga. Foto/Ist
A A A
Salah satu sholat sunnah yang memiliki keutamaan besar adalah sholat sunnah wudhu. Sholat sunnah ini termasuk ke dalam sholat sunnah "muqayyad" yaitu sholat yang mempunyai sebab terkait dengan waktunya. Sehingga bagi Mazhab Syafi'i, sholat ini boleh dikerjakan kapan saja.

Adapun dalil sholat wudhu ini seperti diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah, bahwasanya Rasulullah صلى الله عليه وسلم bertanya kepada Bilal pada waktu sholat Subuh:

"Hai Bilal, ceritakanlah kepadaku, amal apakah yang telah engkau lakukan sehingga aku mendengar derap bunyi sandalmu di surga?" Bilal menjawab: "Aku tidak melakukan sesuatu amalan yang aku sangat harapkan pahalanya melainkan daripada kalau aku habis bersuci pada waktu malam ataupun siang, kecuali aku tentu bersholat dengan kesucianku (wudhu) itu, sebagaimana yang disarankan kepadaku untuk melakukan sholat sunnah wudhu." (muttafaq 'alaih)

Baca Juga: Fadhilah Salat Sunnah Awwabin Diganjar Pahala Ibadah 12 Tahun

Keutamaan Sholat Sunnah Wudhu
Sholat sunnah wudhu memiliki keutamaan yang sangat besar sebagaimana diterangkan dalam hadis-hadis Nabi berikut:

1. Diampunkan Dosa-Dosa Lampau

مَنْ تَوَضَّأَ نَحْوَ وُضُوئِي هَذَا ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ لاَ يُحَدِّثُ فِيهِمَا نَفْسَهُ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

"Barangsiapa berwudhu' seperti wudhukku ini lalu mendirikan sholat dua rakaat, yang pada sholatnya dia tidak berbicara pada dirinya sendiri (yakni mendirikannya dengan khusyuk) niscaya Allah akan memberikan ampunan kepadanya atas dosa-dosanya yang lalu." (HR Al-Bukhari)

2. Dimasukkan ke Dalam Surga
Dari Uqbah bin Amir, dia berkata, Rasulullah bersabda:

مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَتَوَضَّأُ فَيُحْسِنُ وُضُوءَهُ ثُمَّ يَقُومُ فَيُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ مُقْبِلٌ عَلَيْهِمَا بِقَلْبِهِ وَوَجْهِهِ إِلاَّ وَجَبَتْ لَهُ الْجَنَّةُ

"Tidaklah seorang muslim berwudhu dengan sebaik-baiknya kemudian mengerjakan sholat dua rakaat dengan menghadirkan hati dan menghadapkan wajahnya, melainkan telah wajib baginya surga."

Cara Mengerjakan dan Lafaz Niat
Sholat sunnah wudhu dikerjakan sebanyak dua rakaat sama seperti sholat sunnah lainnya. Sholat ini dianjurkan dilakukan setiap kali selesai berwudhu. Adapun surah yang dibaca setiap rakaat tidak ada surah khusus atau .

Lafaz Niatnya

اُصَلِّيْ سُنَّةَ اْلوُضُوْءِ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى

Usholli sunnatal wudhu-i rak'ataini lillahi ta'ala

"Saya sholat sunnah wudhu dua rakaat karena Allah Ta'ala."

Baca Juga: 9 Keutamaan Salat Tahajud, 5 di Antaranya Diraih di Dunia

Wallahu A'lam
(rhs)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2684 seconds (11.210#12.26)