Pada Mulanya Rasulullah Tidak Tahu Umatnya Diuji di Dalam Kubur

loading...
Pada Mulanya Rasulullah Tidak Tahu Umatnya Diuji di Dalam Kubur
Ilustrasi/Ist
PADA mulanya, Rasulullah SAW tidak tahu bahwa umatnya diuji di dalam kubur , kemudian Allah memberitahukan hal ini.

Baca juga: Kengerian Alam Kubur: Setiap Mukmin Inginkan Kiamat Dipercepat

Urwah bin Zubair meriwayatkan bahwa bibinya, Aisyah , berkata, “Rasulullah SAW masuk ke kamarku, dan waktu itu aku bersama seorang wanita Yahudi .

Wanita ini bertanya, "Apakah kalian akan diuji di dalam kubur?'

Rasulullah SAW terkejut dan bersabda, yang diuji hanya Yahudi.



Beberapa hari kemudian, Rasulullah SAW bersabda (di hadapan umatnya). “Telah diwahyukan kepadaku bahwa kalian akan diuji di dalam kubur."

Setelah itu, aku mendengar Rasulullah SAW memohon perlindungan dari siksa kubur. (Diriwayatkan oleh Muslim dalam Shahihnya, bab “Mesjid dan Tempat-tempat Salat", subbab “Anjuran Membaca Taawud dari Azab Kubur", hadis no. 584, h. 410)

Baca juga: Beginilah Keadaan Kaum Mukmin di Dalam Kubur

Munkar dan Nakir
Jika seorang hamba telah diletakkan di dalam kubur, datanglah kepadanya malaikat dalam bentuk yang menakutkan. Dalam Sunan at-Tirmidzi disebutkan bahwa Nabi SAW bersabda, “Jika mayat—atau salah seorang dari kalian—telah dikubur, datang kepadanya dua malaikat yang hitam kebiru-biruan. Yang satu bernama Munkar , yang lainnya bernama Nakir . Keduanya bertanya, "Apa pendapamu mengenai lelaki ini (Muhammadpen.)?'

Ia menjawab, “Apa yang dikatakannya adalah, ia hamba dan utusan Allah. Aku bersaksi, tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad itu hamba dan rasul-Nya.”
halaman ke-1
cover top ayah
يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

(QS. Al-Hajj:5)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video