Tanda dan Petunjuk Al Qur'an Tentang Siapa Jodoh Kita

loading...
Tanda dan Petunjuk Al Quran Tentang Siapa Jodoh Kita
Beberapa ayat Al-quran menunjukkan tanda-tanda tentang pentunjuk jodoh dari Allah, yang bisa kita lihat dan rasakan. Foto ilustrasi/ist
Dalam Islam, rejeki, jodoh dan kematian adalah rahasia Illahi . Tak ada seorang manusia, yang tahu akan rahasia Allah Ta'ala ini. Soal jodoh misalnya, banyak persepsi yang muncul. Ada yang menganggap bahwa jodoh adalah takdir , dimana Allah telah menetapkan. Sedangkan kubu lainnya beranggapan bahwa jodoh adalah pilihan, dimana manusia mampu menentukan pilihan jodohnya sendiri.

Baca juga: Keberuntungan Orang Tua di Akhirat Ditentukan oleh Hal Ini

Terlepas dari itu semua, Allah telah membocorkan rahasia tentang pasangan hidup kita dalam Al-Qur'an, sebagaimana firmannya:

وَٱللَّهُ جَعَلَ لَكُم مِّنْ أَنفُسِكُمْ أَزْوَٰجًا وَجَعَلَ لَكُم مِّنْ أَزْوَٰجِكُم بَنِينَ وَحَفَدَةً وَرَزَقَكُم مِّنَ ٱلطَّيِّبَٰتِ ۚ أَفَبِٱلْبَٰطِلِ يُؤْمِنُونَ وَبِنِعْمَتِ ٱللَّهِ هُمْ يَكْفُرُونَ



“Allah menjadikan bagi kamu isteri-isteri dari jenis kamu sendiri dan menjadikan bagimu dari isteri-isteri kamu itu, anak-anak dan cucu-cucu, dan memberimu rezeki dari yang baik-baik. Maka mengapakah mereka beriman kepada yang bathil dan mengingkari nikmat Allah?”(QS.An-Nahl:72)

Baca juga: Qanaah Dalam Kehidupan

Ayat di atas menunjukkan bahwa jodoh adalah salah satu rezeki atau nikmat yang diberikan Allah kepada kita.

اَلْخـَبِيـْثــاَتُ لِلْخَبِيْثـِيْنَ وَ اْلخَبِيْثُــوْنَ لِلْخَبِيْثاَتِ وَ الطَّيِّبَاتُ لِلطَّيِّبِيْنَ وَ الطَّيِّبُوْنَ لِلطَّيِّبَاتِ.

“ Wanita-wanita yang tidak baik untuk laki-laki yang tidak baik, dan laki-laki yang tidak baik adalah untuk wanita yang tidak baik pula. Wanita yang .baik untuk lelaki yang baik dan lelaki yang baik untuk wanita yang baik. (QS. An Nur:26)

Dari ayat di atas dapat kita pahami bahwa sesungguhnya kita dapat memilih jodoh kita sendiri dengan mengubah diri kita sendiri.

Baca juga: Doa Setelah Sholat Dhuha dan Keutamaannya yang Luar Biasa

Allah Ta'ala telah menetapkan jodoh, rezeki, dan kematian kita dalam kitab Lauh Mahfudz. Namun bukan berarti kita tidak dapat memilih jodoh kita sendiri. Allah memberikan jalan bagi kita untuk memilih jodoh yang kita inginkan. Hanya saja jika kita menginginkan jodoh yang baik untuk Anda maka jadilah pribadi yang baik, begitu pula sebaliknya jika kita menjadi pribadi yang tidak baik, maka jangan mengharapkan jodoh yang baik.

Beberapa ayat Al-qur'an menunjukkan tanda-tanda tentang pentunjuk jodoh dari Allah, yang bisa kita lihat dan rasakan.. Dinukil dari berbagai sumber, inilah tanda-tanda yang dapat menunjukkan dialah 'jodoh' kita. Berikut di antaranya :

Baca juga: Jaga Rasio Kredit Macet, Perbankan Perlu Berhati-Hati

1. Mempunyai sifat yang mirip

Tanda yang bisa kita rasakan adalah memiliki sifat yang mirip. Hal ini pun tertuang di surat An-Nur ayat 28:

فَاِنۡ لَّمۡ تَجِدُوۡا فِيۡهَاۤ اَحَدًا فَلَا تَدۡخُلُوۡهَا حَتّٰى يُؤۡذَنَ لَـكُمۡ‌ۚ وَاِنۡ قِيۡلَ لَـكُمُ ارۡجِعُوۡا فَارۡجِعُوۡا‌ۚ هُوَ اَزۡكٰى لَـكُمۡ‌ؕ وَاللّٰهُ بِمَا تَعۡمَلُوۡنَ عَلِيۡمٌ‏
"Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rezeki yang mulia (surga)." (QS. an-Nur: 28).

Baca juga: LSM Sayangkan Tim Kajian UU ITE Diisi Mayoritas Internal Pemerintah

2. Memberikan ketenangan jiwa

Sebagai teman hidup, jodoh hendaknya yang dapat memberi ketenangan saat kita bersamanya. Hal ini sebagaimana firman Allah dalam Ar-Rum ayat 21 yang artinya,

"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir." (QS. ar-Rum: 21).

Lebih lanjut, dalam surat Al Furqan ayat 74, bahwasanya orang-orang yang bertaqwa dan bersabar senantiasa berdoa akan diberikan istri serta anak-anak yang dapat menenangkan hati. Sesungguhnya yang demikian itu adalah sebaik-baiknya rezeki.

Baca juga: Lagi, DKI Perpanjang PPKM Mikro hingga 8 Maret 2021

"Dan orang orang yang berkata: Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa." (QS. Al Furqan: 74).

3. Dapat memberikan rezeki dari yang baik

Menikah dan memiliki keturunan sejatinya tidak akan membuat kita semakin miskin. Justru ibadah tersebut dapat membuka pintu rezeki kita semakin lebar lagi. Jodoh dan keturunan yang baiklah yang dapat menuntun kita mendapatkan rezeki yang baik pula.

Allah Ta'ala berfirman,

"Allah menjadikan bagi kamu isteri-isteri dari jenis kamu sendiri dan menjadikan bagimu dari isteri-isteri kamu itu, anak-anak dan cucu-cucu, dan memberimu rezeki dari yang baik-baik. Maka mengapakah mereka beriman kepada yang bathil dan mengingkari nikmat Allah?" (QS. an-Nahl: 72).

Baca juga: Gempa M 5,8 Buol Sulteng Dirasakan Kuat Warga Bone Bolango dan Toli-toli

Wallahu A'lam
(wid)
cover top ayah
وَاِذَا مَسَّ الۡاِنۡسَانَ الضُّرُّ دَعَانَا لِجَنۡۢبِهٖۤ اَوۡ قَاعِدًا اَوۡ قَآٮِٕمًا ۚ فَلَمَّا كَشَفۡنَا عَنۡهُ ضُرَّهٗ مَرَّ كَاَنۡ لَّمۡ يَدۡعُنَاۤ اِلٰى ضُرٍّ مَّسَّهٗ‌ؕ كَذٰلِكَ زُيِّنَ لِلۡمُسۡرِفِيۡنَ مَا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ
Apabila manusia ditimpa bahaya dia berdoa kepada Kami dalam keadaan berbaring, duduk atau berdiri, tetapi setelah Kami hilangkan bahaya itu darinya, dia kembali ke jalan yang sesat, seolah-olah dia tidak pernah berdoa kepada Kami untuk menghilangkan bahaya yang telah menimpanya. Begitulah, orang-orang yang melampaui batas itu memandang baik apa yang mereka kerjakan.

(QS. Yunus:12)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video