Doa Setelah Sholat Dhuha dan Keutamaannya yang Luar Biasa

loading...
Doa Setelah Sholat Dhuha dan Keutamaannya yang Luar Biasa
Karena banyaknya keutamaan tersebut, ada baiknya setelah sholat dhuha kita berdoa kepada Allah. Foto ilustrasi/ist
Banyak keutamaan dalam sholat Dhuha. Sholat sunnah yang dilakukan sejak matahari mulai terangkat naik dan berakhir hingga sedikit menjelang masuknya waktu dzuhur ini, sangat dianjurkan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam. Bahkan Beliau menyampaikan hal ini dalam sebuah wasiatnya untuk umat muslim.

Baca juga: Ternyata Amaliah Amar Ma'ruf Nahi Munkar Itu Wajib

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Kekasihku (Rasulullah) memberikan pesan (wasiat) kepadaku dengan tiga hal yang tidak pernah aku tinggalkan hingga aku meninggal nanti. Yaitu puasa tiga hari setiap bulan, sholat Dhuha, dan tidur dalam keadaan sudah mengerjakan sholat witir’.” (HR. Bukhari)

Menurut Syaikh Muhammad bin Shalih Al ‘Utsaimin berkata, “Awal waktu sholat dhuha adalah ketika matahari meninggi setinggi tombak ketika dilihat yaitu 15 menit setelah matahari terbit . Banyak berpendapat tepatnya jika waktu Indonesia di pagi hari tepatnya sekitar jam tujuh- jam delapan pagi hingga sebelum masuk waktu sholat wajib dzuhur.



Baca juga: Memaafkan, Akhlak Mulia yang Dapat Menghapus Dosa-dosa

Dalam banyak hadis disebutkan beragam keutamaan sholat dhuha ini, di antaranya adalah diampuni segala dosa, masuk surga lewat pintu khusus sholat dhuha, Allah akan mencukupkan rezekinya sepanjang hari, dicatat sebagai ahli ibadah dan masih banyak lagi.

Karena banyaknya keutamaan tersebut, ada baiknya setelah sholat dhuha kita berdoa kepada Allah. Ada salah satu doa yang dianjurkan oleh Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam.

Baca juga: Gelar Mulia vs Gelar Buruk Bagi Perempuan

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam selesai sholat Dhuha, beliau mengucapkan,
halaman ke-1
cover top ayah
لَهٗ مُعَقِّبٰتٌ مِّنۡۢ بَيۡنِ يَدَيۡهِ وَمِنۡ خَلۡفِهٖ يَحۡفَظُوۡنَهٗ مِنۡ اَمۡرِ اللّٰهِ‌ؕ اِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوۡمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوۡا مَا بِاَنۡفُسِهِمۡ‌ؕ وَاِذَاۤ اَرَادَ اللّٰهُ بِقَوۡمٍ سُوۡۤءًا فَلَا مَرَدَّ لَهٗ‌ۚ وَمَا لَهُمۡ مِّنۡ دُوۡنِهٖ مِنۡ وَّالٍ
Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia.

(QS. Ar-Ra’d:11)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video