Sifat Nikmat dan Azab Kubur: Begini Kondisi Saat Menanti Kiamat

Kamis, 25 Februari 2021 - 12:48 WIB
loading...
A A A
Dari hadis-hadis di atas dapat ditarik benang merah bahwa setiap manusia akan diperlihatkan tempat tinggalnya nanti setelah ditanya di dalam kubur, dan itu berlangsung terus menerus selama di dalam kubur. Dalam hadis riwayat Abdullah bin Umar r.a, Nabi SAW bersabda, “Sesungguhnya jika salah seorang dari kalian mati, akan diperlihatkan tempat tinggalnya pada pagi dan sore. Bila ia termasuk penghuni surga, maka tempat tinggalnya dari surga, bila ia termasuk penghuni neraka, maka tempat tinggalnya dari neraka. Lalu kepadanya dikatakan, “Inilah tempat linggalmu sampai Allah membangitkanmu pada hari kiamat.”

Dalam Sunan at-Tirmidzi diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW memberitakan bahwa malaikat Munkar dan Nakir berkata kepada seorang mukmin setelah ia menjawab dengan benar, “Kami tahu kau akan mengatakan hal itu.”

Kemudian kuburnya dilapangkan seluas tujuh puluh hasta, dan diterangi cahaya. Kepadanya kemudian dikatakan, “Tidurlah.”

Lalu ia berkata, “Aku akan kembali ke keluargaku untuk mengabari mereka.”

Keduanya berkata, “Tidurlah seperti tidurnya pengantin yang tidak bangun kecuali oleh anggota keluarga yang paling dicintainya.”

Ia pun tidur, hingga Allah membangkitkannya dari tempat tidur itu.

Adapun kepada orang munafik, kedua malaikat itu berkata, “Kami tahu kau akan mengatakan hal itu.”

Lalu dikatakan kepada tanah, “Himpitlah dia!” Tanah segera menghimpitnya sampai tulang-tulangnya remuk. Ia senantiasa disiksa sampai dibangkitkan oleh Allah dari tempat tidunya itu

(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2588 seconds (0.1#10.140)