Kumpulan Artikel: Azab Kubur

  • Inilah Amalan yang Dapat Menyelamatkan dari Siksa Kubur
    Tips
    Minggu, 14 April 2024 - 07:41 WIB
    Ada amalan-amalan yang dapat menyelamatkan dari siksa kubur. Amalan ini penting diketahui umat Islam, terutama dengan menghindari semua perkara yang dapat menyebabkan dijatuhkannya siksa kubur.
  • Apa Saja Siksaan di Alam Kubur? Begini Gambarannya
    Hikmah
    Minggu, 14 April 2024 - 05:15 WIB
    Apa saja siksaan di alam kubur? Pertanyaan ini menjadi semangat untuk mengetahui bagaimana keadaan di alam kubur terutama bagi orang yang beriman, begitu juga sebaliknya.
  • 4 Perkara yang Menyelamatkan Manusia di Alam Kubur
    Tausyiah
    Jum'at, 06 Oktober 2023 - 05:10 WIB
    Untuk mendapatkan kenikmatan kubur tentu tidak dapat diraih begitu saja kecuali dengan amal saleh ketika hidup. Berikut ini empat perkara yang menyelamatkan di alam kubur.
  • Ngeri, Azab Kubur Berlaku bagi Pelaku Ghibah
    Muslimah
    Selasa, 12 September 2023 - 11:46 WIB
    Ghibah atau bergunjing merupakan dosa besar yang sangat dibenci oleh Allah Taala. Bahkan, ada ancaman azab kubur bagi pelakunya yang sangat mengerikan.
  • Inilah Dalil tentang Azab dan Nikmat Kubur
    Hikmah
    Sabtu, 19 Agustus 2023 - 18:11 WIB
    Sebagai muslim, kita meyakini akan adanya hari Akhir, dan hal tersebut termasuk dalam rukun Iman. Salah satu percaya pada Hari Akhir ini adalah adanya azab dan nikmat kubur.
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Doa dan Amalan Agar Terhindar dari Fitnah Dajjal
    Tips
    Rabu, 09 Agustus 2023 - 21:02 WIB
    Doa dan amalan agar terhindar dari fitnah Dajjal dapat diamalkan oleh kaum muslim. Doa ini bersumber dari Hadis Nabi. Berikut doanya lengkap Arab, latin dan artinya.
  • Gambaran Kecil Siksaan Batin Penghuni Neraka
    Tausyiah
    Rabu, 14 Juni 2023 - 14:51 WIB
    Siksa neraka adalah siksaan yang sangat pedih dan tidak bisa dibayangkan ngerinya. Siksaan fisik hanyalah sebagian kecil dari bentuk dan azab siksa neraka bagi penghuninya.
  • Gus Baha: Amalan Agar Selamat dari Siksa Kubur
    Tausyiah
    Rabu, 21 Desember 2022 - 22:51 WIB
    Ulama ahli tafsir Al-Quran, KH Bahauddin Nur Salim atau Gus Baha menyampaikan amalan agar selamat dari siksa (azab) kubur dalam satu kajiannya.
  • Gambaran Siksa Kubur dan 4 Amalan yang Menyelamatkan
    Tausyiah
    Jum'at, 21 Oktober 2022 - 05:10 WIB
    Siksa Kubur disebut juga dengan siksa Barzakh. Berikut gambaran siksa kubur dan amalan yang menyelamatkan sebagaimana dijelaskan oleh Syaikh Nawawi Al-Bantani.
  • 3 Jenis Siksaan Neraka Teringan, yang Terakhir Melalui Pakaian
    Tips
    Kamis, 26 Mei 2022 - 11:35 WIB
    Siksaan di neraka jahanam amatlah pedih. Allah subhanahu wa taala menyiapkan siksaan neraka ini melalui tiga jenis yaitu, makanan, minuman, dan pakaian yang didapatkan penghuni neraka
  • Diskusi Sayyidah Aisyah dengan Wanita Yahudi Tentang Azab Kubur
    Muslimah
    Kamis, 06 Januari 2022 - 14:31 WIB
    Sayyidah Aisyah radhiyallahuanha menerima tamu seorang perempuan Yahudi di rumahnya. Perempuan tersebut mengajak sayyidah Aisyah untuk berdiskusi. Ternyata yang diperbincangkan dua wanita ini adalah tentang azab kubur.
  • Amalan Penyelamat dari Azab Kubur Berikut Doanya
    Tausyiah
    Sabtu, 27 November 2021 - 17:12 WIB
    Azab kubur pasti ada. Ada yang terhimpit oleh kuburnya, ada yang didatangi hewan-hewan, bahkan ada yang berpaling dari arah kiblat. Berikut amalan pelindung dari azab kubur.
  • 5 Golongan Manusia yang Terbebas dari Azab Kubur
    Tausyiah
    Senin, 27 September 2021 - 22:17 WIB
    Dalam perspektif Islam, setelah seorang meninggal dunia ia akan menunggu hari Kiamat di alam kubur. Berikut lima golongan manusia yang terbebas dari azab kubur.
  • Ngeri, Pelaku Ghibah Diazab di Alam Kubur
    Muslimah
    Senin, 13 September 2021 - 07:49 WIB
    Ghibah atau bergunjing merupakan dosa besar yang sangat dibenci oleh Allah Taala. Bahkan, ada ancaman azab kubur bagi pelaku ghibah ini. Sayangnya, banyak kaum wanita yang meremehkannya.
  • Shalat Hadiah Bagi Jenazah, Apa Maksudnya?
    Tips
    Kamis, 17 Juni 2021 - 09:59 WIB
    Alam kubur akan menjadi tempat berikutnya bagi mereka yang sudah meninggal. Di alam inilah, sang mayit akan menerima nikmat dan azab atau siksa kubur sesuai dengan amal perbuatannya selama di dunia.
  • Terhindar dari Azab Kubur karena Menjaga Amalan Ini
    Hikmah
    Jum'at, 07 Mei 2021 - 14:54 WIB
    Ulama faqih yang tinggal di Kufah Irak bernama Sulaiman bin Mihran Al-Amasy (wafat 764) dikenal sebagai orang yang selalu menjaga kesucian dirinya.
  • Berikut Ini Mereka yang Terpelihara dari Fitnah dan Azab Kubur
    Tausyiah
    Senin, 08 Maret 2021 - 05:00 WIB
    Sebagian kaum mukmin yang melakukan amal-amal besar atau tertimpa musibah besar akan terjaga dari fitnah dan azab kubur. Siapa sajakah mereka itu?
  • Begini Doa Memohon Perlindungan kepada Allah dari Fitnah dan Azab Kubur
    Tausyiah
    Jum'at, 05 Maret 2021 - 15:50 WIB
    Karena fitnah dan azab kubur termasuk keadaan yang berat dan menakutkan, maka Rasulullah SAW memohon perlindungan dari hal itu dalam salat dan di luar salat.
  • Ini Hal-hal yang Dapat Menyelamatkan dari Azab dan Fitnah Kubur
    Tausyiah
    Kamis, 04 Maret 2021 - 17:10 WIB
    Yang dapat menyelamatkan seseorang dari azab kubur adalah persiapan dirinya menghadapi kematian, sehingga jika maut datang secara tiba-tiba, ia tidak menyesal.
  • Orang Mati Disiksa karena Tangisan Orang yang Hidup
    Tausyiah
    Rabu, 03 Maret 2021 - 07:31 WIB
    Umar berkata, Hai Shuhaib, apa kau menangis karena aku, padahal Rasulullah SAW bersabda, Sungguh orang mati diazab karena tangisan keluarganya.