Keutamaan Menutupi Aib Orang Lain, Allah Ganjar dengan 3 Hal Ini

Senin, 08 Maret 2021 - 08:42 WIB
loading...
Keutamaan Menutupi Aib Orang Lain, Allah Ganjar dengan 3 Hal Ini
Tak hanya aib orang lain, bahkan aib sendiri saja tak sepantasnya untuk diumbar, karena Allah yang Maha Pengampun sejatinya telah menutupi aib hamba-Nya. Foto ilustrasi/ist
A A A
Perilaku membuka dan menyebarkan aib orang lain merupakan suatu perkara yang buruk . Dalam Islam, menutupi aib orang lain memiliki keutamaan . Bahkan, Allah berjanji akan menutupi aib hamba-Nya, jika ia juga berusaha untuk menutupi aib orang lain.



Tak hanya aib orang lain, bahkan aib sendiri saja tak sepantasnya untuk diumbar , karena Allah yang Maha Pengampun sejatinya telah menutupi aib hamba-Nya. Hanya saja terkadang manusia menjadi lalai. Sebuah hadis meriwayatkan dari Salim bin Abdullah, dia berkata, Aku mendengar Abu Hurairah radhiyallahu’ anhu bercerita bahwa beliau pernah mendengar Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,



“Setiap umatku akan mendapat ampunan, kecuali mujahirin (orang-orang yang terang-terangan berbuat dosa). Dan yang termasuk terang-terangan berbuat dosa adalah seseorang berbuat (dosa) pada malam hari, kemudian pada pagi hari dia menceritakannya, padahal Allah telah menutupi perbuatannya tersebut, yang mana dia berkata, ‘Hai Fulan, tadi malam aku telah berbuat begini dan begitu.’ Sebenarnya pada malam hari Rabb-nya telah menutupi perbuatannya itu, tetapi pada pagi harinya dia menyingkap perbuatannya sendiri yang telah ditutupi oleh Allah tersebut.” (HR. Bukhari dan Muslim).



Betapa baiknya Allah pada hamba-Nya, bahkan hanya Dia lah yang berhak untuk menutup dan membuka aib kita. Namun, Allah memilih untuk menutup aib hamba-hamba-Nya, sampai manusia sendiri yang akhirnya lalai dan membukanya.

Dalam beberapa hadis disebutkan bahwa Allah akan memberikan keutamaan bagi hambaNya dalam perkara menutupi aib orang lain ini, di antaranya:

1. Allah akan menutupi aibnya di akhirat

Keutamaan yang pertama apabila sesorang menutupi aib orang lain adalah, Allah akan menutupi aib orang tersebut di akhirat nanti.



Hal ini dijelaskan dalam hadis Rasululullah, beliau bersabda:

“Tidaklah seseorang menutupi aib orang lain di dunia, melainkan Allah akan menutupi aibnya di hari kiamat kelak.” (HR. Muslim)

2. Allah akan tutup aibnya di dunia

Selanjutnya adalah bahwa Allah akan menutupi aib dia di dunia selagi orang tersebut berusaha untuk menutupi aib orang lain. Rasulullah bersabda,

“Barang Siapa menutupi aib seorang muslim, maka Allah akan menutupi aib orang tersebut di dunia dan akhirat.” (HR. Ibnu Majah).

Baca juga: Mau Naik Taksi Terbang Anti Macet di Jakarta? Segini Biayanya

3. Seperti menghidupkan bayi

Selain itu, saat seseorang berusaha untuk menutupi aib orang lain maka dalam sebuah hadis dikatakan bahwa ia seperti menghidupkan bayi yang dikubur hidup-hidup.

"Siapa melihat aurat (aib orang lain) lalu menutupinya maka seakan-akan ia menghidupkan bayi yang dikubur hidup-hidup." (HR Abu Daud).



Selain itu, ada yang lebih utama yakni menutup aib orang lain akan mengantarkan kita masuk ke dalam surganya Allah. Sebagaimana Ath-Thabrani meriwayatkan dalam al-Ausath dan ash-Shaghir dengan sanadnya dari Abu Sa'id al-Khudri RA ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Tidaklah seorang Muslim melihat aurat (cacat) saudaranya lalu menutupinya kecuali pasti akan masuk surga."

Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2608 seconds (0.1#10.140)