Doa untuk Keharmonisan Keluarga yang Tercantum Dalam Al-Qur'an

Sabtu, 13 Maret 2021 - 07:57 WIB
loading...
Doa untuk Keharmonisan Keluarga yang Tercantum Dalam Al-Quran
Harapan menjadi keluarga sakinah tentunya tidak hanya untuk kehidupan dunia saja. Tetapi hingga sampai ke akhirat kelak. Foto ilustrasi/ist
A A A
Setiap pasangan rumah tangga muslim, pasti menginginkan membangun keluarga yang sakinah, mawadah dan rahmah (Samawa). Sehingga rumah tangganya bahadia dan mendapat keridhaan Allah Subhanahu wa ta'ala. Untuk itu, Islam mengajarkan untuk selalu berdoa, salah satunya doa yang dipanjatkan untuk keharmonisan keluarga.



Sakinah berarti ketentraman, kebahagiaan dan kedamaian dalam rumah tangga. Tentunya setiap pasangan suami istri mendambakannya untuk keluarga kecil mereka. Namun dalam menjalani hidup berumah tangga tak semulus yang dibayangkan. Pasti ada saja kendala dan masalah yang menyertai hari-hari Anda.

Harapan menjadi keluarga sakinah tentunya tidak hanya untuk kehidupan dunia saja. Tetapi hingga sampai ke akhirat kelak. Itulah dianjurkan membaca doa ini agar keluarga kita menjadi keluarga sakinah, mawadah, warahmah (Samawa) dunia akhirat.



Di dalam Al-Qur'an terdapat doa-doa yang dapat kita amalkan untuk memohon keluarga Samawa ini. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut doa-doa tentang keharmonisan keluarga yang terdapat dalam ayat-ayat Al Quranul Karim:

1. Doa agar keluarga bahagia dunia akhirat

Keutamaan doa ini untuk memohon kebaikan dalam kehidupan di dunia dan akhirat bagi semua anggota keluarga, serta terhindar dari azab api neraka.



Allah Ta'ala berfirman :

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbanaa aatinaa fiddunyaa khasanah wa fil akhirati khasanah waqinaa 'adzaabannaar.

Artinya: "Ya Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat serta peliharalah kami dari azab api neraka." (QS. Al-Baqarah: 201).

2. Doa agar keluarga sakinah

Doa ini bertujuan untuk memohon kepada Allah agar menjadikan pasangan suami istri yang sakinah dengan menganugerahkan keturunan sebagai penenang hati, kemudian menjadi contoh bagi orang-orang yang bertakwa.



Allah berfirman :

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Rabbanaa hablanaa min azwaajinaa wa dzurriyyaatinaa qurrota a'yun waj'alnaa lilmuttaqiina imaamaa.

Artinya: "Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami, pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami sebagai imam bagi orang-orang yang bertaqwa." (QS. Al Furqan: 74).
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1647 seconds (0.1#10.140)