Keajaiban Membaca Doa Iftitah yang Belum Banyak Diketahui

Jum'at, 19 Maret 2021 - 06:37 WIB
loading...
Keajaiban Membaca Doa Iftitah yang Belum Banyak Diketahui
Membaca doa iftitah ketika sholat sangat dianjurkan, karena doa ini dapat membuka pintu langit, di mana Allah Taala akan mengambulkan doa-doa yang kita panjatkan. Foto ilustrasi/ist
A A A
Ketika melaksanakan sholat baik itu sholat wajib maupun sunnah kita senantiasa membaca doa . Salah satunya yaitu doa iftitah. Kenapa harus doa iftitah? Karena setiap doa iftitah mengandung harapan berupa doa yang dipanjatkan kepada Allah SWT, dan ternyata jika kita membacanya ada keutamaan dan keajaiban di dalam ayat-ayatnya tersebut.



Seperti kita ketahui, doa iftitah merupakan doa dalam sholat yang biasa dibaca setelah takbiratul ihram dan sebelum membaca surat Al Fatihah. Iftitah berasal dari kata ‘fataha’ yang artinya yaitu pembukaan , inilah sebabnya doa iftitah diletakkan di awal. Doa iftitah sendiri biasa dibaca oleh imam ataupun makmum baik pada saat sholat berjamaah ataupun sholat sendiri.

Membaca doa iftitah hukumnya sunnah, karena hukumnya sunnah maka untuk yang membaca doa ini dalam sholatnya akan mendapatkan pahala dan jika ditinggalkan tidak berdosa. Namun karena sudah termasuk rukun sholat sesuai yang diajarkan Rasulullah SAW maka sholat tidak sempurna rasanya jika tanpa membaca doa iftitah di dalamnya.



Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

“Sholat seseorang tidak akan sempurna hingga ia bertakbir memuji Allah SWT dan menyanjunginya kemudian membaca Al Quran yang mudah baginya”. (HR. Abu Dawud dan Hakim).

Kenapa doa iftitah memiliki keistimewaan? Doa iftitah sebenarnya merupakan salah satu doa inisiatif dari sahabat nabi ketika pelaksanaan sholat berjamaah. Akan tetapi, karena Nabi begitu terpukau dengan doa ini, akhirnya bacaan doa iftitah mendapat pengakuan dari Rasulullah SAW dan masuk dalam salah satu sunnah yang dikerjakan dalam sholat.



Hal ini berdasarkan sebuah kisah ketika sahabat Nabi mengucapkan doa tersebut dalam sholat dan terdengar oleh Rasulullah. Pria ini membaca sedikit keras sehingga terdengar Rasulullah SAW. Bacaan tersebut memiliki arti

“Sesungguhnya Allah SWT maha besar, segala puji hanya bagi-Nya dengan pujian yang banyak. Maha suci Allah SWT di pagi dan petang hari”. Ternyata Rasulullah SAW mendengar doa yang di baca tersebut kemudian bertanya kepada para sahabat beliau : “Siapa yang tadi mengucapkan kalimat ini dan ini?” Rupanya beliau mendengar doa itu. “Saya ya Rasulullah”, jawab sahabat tadi. Lantas Rasulullah SAW bersabda : “Aku takjub dengan doa itu. Pintu-pintu langit di buka karenanya”. (HR. Imam Muslim).



Jadi, doa iftitah ini dapat membuka pintu langit. Seperti kita ketahui, di langit Allah membuat pintu-pintu yang dalam rentang waktu tertentu senantiasa dapat terbuka dan tertutup. Jika pintu langit terbuka, maka Allah Swt akan mengabulkan semua doa hamba-hamba-Nya.

Salah satu waktu pintu langit terbuka yakni ketika kita membaca doa iftitah saat melaksanakan sholat tersebut. Semenjak itu doa iftitah menjadi salah satu rukun sah dalam menjalankan sholat. Setelah mengetahui keutamaan dan keajaibannya, membuat kita menjadi lebih bersemangat untuk menjalankan ibadah sholat lima waktu tepat pada waktunya.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2657 seconds (0.1#10.140)