5 Doa Para Nabi dan Keutamaan yang Bisa Diamalkan

loading...
5 Doa Para Nabi dan Keutamaan yang Bisa Diamalkan
Di dalam Al Quran terdapat doa-doa yang bisa kita amalkan, salah satunya doa para nabi utusan Allah yang banyak keutamaan bila kita mengamalkannya. Foto ilustrasi/ist
Setiap muslim dianjurkan untuk mengetahui keagungan doa-doa yang disebutkan dalam Al Qur'an. Di dalamnya terdapat doa-doa pembuka kebaikan , penutup-penutupnya, dan perangkum-perangkumnya, awal dan akhir, serta lahir dan batin. Selain itu, ada beberapa doa para nabi utusan Allah yang dikutip dari Al Qur’an, yang dapat diamalkan setiap muslim.

Baca juga: Inilah Adab Ziarah Kubur Menurut Imam Al Ghazali

Imam Al-Qurthubi rahimahullah berkata dalam tafsimya AJ-Jaami’ Li Ahkaam Al-Qur’an, mengatakan: “Menjadi keharusan bagi manusia untuk menggunakan apa yang tercantum dalam kitab Allah dan sunnah yang sh ahih berupa doa-doa, lalu meninggalkan apa-apa yang selainnya, dan tidak mengatakan aku memilih ini. Karena Allah Subhanahu wa Ta’ala telah memilih untuk nabi-Nya. Wali-wali-Nya. dan mengajari mereka bagaimana berdoa.”

Untuk itu, menghafalkan dan menjadikan doa-doa dalam A-Qur'an pastilah memiliki keutamaan tersendiri. Berikut 5 doa yang dipakai para utusan Allah, yang bisa kita amalkan, antara lain:

Baca juga: Dahsyatnya Zikir ' La Hawla wa Laa Quwwata illa Billah', Dapat Harta Karun di Surga



1.Doa taubat Nabi Adam

Masyhur dalam sejarah Nabi Adam, bahwa beliau alaihissalam bersama istrinya Hawa pernah melakukan sebuah kesalahan yang membuat keduanya diusir dari surga dan turun ke dunia. Inilah doa taubat yang dipanjatkan keduanya kepada Allah Al Ghofur.

قَالَا رَبَّنَا ظَلَمْنَآ أَنفُسَنَا وَإِن لَّمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ ٱلْخَٰسِرِينَ

Qālā rabbanā ẓalamnā anfusana wa il lam tagfir lanā wa tar-ḥamnā lanakụnanna minal-khāsirīn

"Ya Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya pastilah kami termasuk orang-orang yang merugi.” (QS. Al A’raf : 23).

Baca juga: Kisah Hikmah: Menyembunyikan Kebaikan

2.Doa beramal Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail

Nabi Ibrahim dan putranya, Nabi Ismail, bergotong-royong membangun sebuah rumah Allah di Makkah. Itulah Ka’bah yang hingga kini menjadi kiblat umat muslim sedunia. Saat menyelesaikan pembangunan Baitullah, kedua nabi berdoa agar amalan mereka diterima Allah ta’ala.

وَإِذْ يَرْفَعُ إِبْرَٰهِۦمُ ٱلْقَوَاعِدَ مِنَ ٱلْبَيْتِ وَإِسْمَٰعِيلُ رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّآ ۖ إِنَّكَ أَنتَ ٱلسَّمِيعُ ٱلْعَلِيمُ

Wa iż yarfa'u ibrāhīmul-qawā'ida minal-baiti wa ismā'īl, rabbanā taqabbal minnā, innaka antas-samī'ul-'alīm

"Ya Tuhan kami terimalah daripada kami (amalan kami), sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al Baqarah : 127).

Baca juga: Lelah Sudah Setahun PJJ, Orang Tua Siswa Bersyukur Dimulainya PTM

3.Doa kesembuhan Nabi Ayyub

Nabiyullah Ayyub mendapat salah satu ujian Allah yang terberat. Ujian tersebut yakni semua keturunannya meninggal, hartanya hangus tak tersisa, ditambah penyakit yang merusak tubuh perkasa dan wajah tampannya. Namun semua itu dihadapi sang utusan Allah dengan sangat sabar.
halaman ke-1
cover top ayah
وَاَنَّهٗ هُوَ اَضۡحَكَ وَاَبۡكٰىۙ
Sesungguhnya Allah-lah yang menjadikan orang bisa tertawa dan menangis. 

(QS. An-Najm:43)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!