Ini Zikir dan Doa yang Bisa Diamalkan Selama Bulan Suci Ramadhan

Rabu, 24 Maret 2021 - 14:26 WIB
loading...
Ini Zikir dan Doa yang Bisa Diamalkan Selama Bulan Suci Ramadhan
Sama seperti ibadah sunnah yang lain, bila kita rajin membaca zikir di bulan Ramadhan maka pahalanya akan dlipatgandakan. Foto ilustrasi/ist
A A A
Bulan Ramadhan sebentar lagi tiba, bahkan tinggal menunggu hitungan hari saja. Sebagai muslim menyambut bulan suci ini, dengan penuh suka cita. Untuk menjalaninya, kita mempersiapkan diri dengan ibadah terbaik dan juga ilmu terkait ibadah tersebut.. Salah satunya adalah zikir dan doa yang bisa diamalkan selama menjalani puasa sebulan penuh ini.

Seperti diketahui, di bulan Ramadhan kita disarankan untuk memperbanyak amalan ibadah, salah satunya dengan berzikir. Zikir merupakan salah satu cara untuk mengingat Allah Ta'ala. Dengan berzikir, kita tidak hanya dijanjikan pahala tapi bisa mempermudah masalah kehidupan .



Walaupun merupakan amalan sunnah, namun zikir ini harus diutamakan. Untuk zikir di bulan Ramadhan, sebenarnya tidak ada ketentuan khusus. Hanya saja, bila kita membaca zikir di bulan Ramadhan maka pahalanya akan dlipatgandakan.

Dirangkum dari berbagai sumber, ada beberapa amalan zikir dan doa yang bisa dipraktekkan di bulan Ramadhan, antara lain:

1.Zikir ketika melihat hilal

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika melihat hilal beliau membaca,

اللّه أَكْبَرُ، اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْأَمْنِ وَالإِيمَانِ ، وَالسَّلامَةِ وَالإِسْلامِ، وَالتَّوْفِيْقِ لِمَا تُحِبُّ رَبَّنَا وَ تَرْضَى، رَبُّنَا و َرَبُّكَ اللَّهُ

“Allahu Akbar, Allahumma ahillahu ‘alayna bilyumni wal iimaani was salaamati wal islaami. Robbii wa Robbukallah.



artinya: “Allah Maha Besar, Ya Allah, tampakkan bulan itu kepada kami dengan aman dan dalam keimanan, keselamatan dan keislaman. Dengan taufiq agar kami melakukan yang disukai dan diridhai oleh Rabb kami. Rabb kami dan Rabbmu (wahai bulan sabit) adalah Allah” (HR.Tirmidzi, dan Ad Darimi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadis ini shahih)

2. Zikir ketika berbuka

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika berbuka membaca: “Dzahabazh zhoma-u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah”

Artinya: Rasa haus telah hilang dan urat-urat telah basah, dan pahala telah ditetapkan insya Allah” (HR. Abu Daud. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadis ini hasan)



3. Zikir setelah sholat

“Astaghfirullah (3x). Allahumma antas salaam wa minkas salaam tabaarakta yaa dzal jalaali wal ikraam”

Artinya: Aku memohon ampun kepada Allah. (3x) “Ya Allah, Engkau Maha Sejahtera,dan dari-Mu kesejahteraan. Mahasuci Engkau, wahai Rabb Pemilik keagungan dan kemuliaan.

atau bacaan zikir :

“Laa ilaaha illallaah wahdahu laa syariika lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘alaa kulli syai-in qadiir. Allaahumma laa maani’a limaa a’thaita wa laa mu’thiya limaa mana’ta wa laa yanfa’u dzal jaddi minkal jaddu”.

Artinya: Tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar melainkan hanya Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi–Nya. Bagi–Nya segala kerajaan dan bagi-Nya segala pujian. Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Ya Allah, tidak ada yang mencegah apa yang Engkau beri dan tidak ada yang memberi apa yang Engkau cegah. Tidak berguna kekayaan dan kemuliaan itu bagi pemiliknya dari (siksa)-Mu.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3036 seconds (0.1#10.140)