Mitos dan Fakta Gagak Hitam, Si Burung Cerdas yang Dicantumkan Al-Qur'an

loading...
Mitos dan Fakta Gagak Hitam, Si Burung Cerdas yang Dicantumkan Al-Quran
Burung gagak terkenal sebagai burung yang identik dengan mitos kematian., namun yang pasti, burung gagak telah memberikan pelajaran berharga dalam hal kecerdasan, kreativitas, kerja sama, hingga kepedulian terhadap alam. Foto wikipedia
Burung gagak , hampir semua orang mengenalinya. Burung ini sering dianggap mistis karena selalu dikaitkan dengan perihal kematian . Dan tahukah Anda, bahwa burung ini ternyata burung tertua di bumi, karena sudah ada sejak zaman Nabi Adam . Ya. itulah burung gagak hitam, burung terpintar yang Allah Ta'ala kirimkan ke bumi untuk diambil pelajarannya oleh manusia.

Baca juga: Doa Aqiqah Sesuai Sunnah Nabi SAW

Tentang burung gagak ini, Allah Ta'ala sebutkan dalam firmanNya:

فَبَـعَثَ اللّٰهُ غُرَابًا يَّبۡحَثُ فِىۡ الۡاَرۡضِ لِيُرِيَهٗ كَيۡفَ يُوَارِىۡ سَوۡءَةَ اَخِيۡهِ‌ؕ قَالَ يَاوَيۡلَتٰٓى اَعَجَزۡتُ اَنۡ اَكُوۡنَ مِثۡلَ هٰذَا الۡغُرَابِ فَاُوَارِىَ سَوۡءَةَ اَخِىۡ‌ۚ فَاَصۡبَحَ مِنَ النّٰدِمِيۡنَ

"Kemudian Allah mengutus seekor burung gagak menggali tanah untuk diperlihatkan kepadanya (Qabil) bagaimana dia seharusnya menguburkan mayat saudaranya. (Qabil) berkata,”Oh, celaka aku! Mengapa aku tidak mampu berbuat seperti burung gagak ini sehingga aku dapat menguburkan mayat saudaraku ini?” Maka jadilah dia termasuk orang yang menyesal," (QS Al-Maidah : 31)

Baca juga: Mengucapkan Talak Karena Emosi atau Canda, Ini konsekuensi Hukumnya

Hikmah kisah dari ayat ini, ketika Al Qur'an memilih makhluk , itu berarti secara harfiah dan spesifik , memberi petunjuk kepada kita agar melihat lebih dekat dan mempelajarinya lebih dalam untuk sumber pengetahuan yang belum dimanfaatkan.

Allah mengirimkan burung gagak saat terjadi kisah Habil dan Qabil, dua anak Nabi Adam alaihissalam yang saling berkelahi dan membunuh salah satunya. Terlihat bagaimana burung gagak mampu menjadi mentor dan mengajari manusia tentang hal-hal yang mendasar dalam kehidupan, terutama bagaimana tentang cara menguburkan jenazah.

Baca juga: Hindari 3 Hal Ini, Karena Allah Memurkainya

Hal ini sekaligus menjadi bukti mengapa burung gagak dianggap sebagai hewan cerdas di muka bumi. Di Indonesia sendiri, burung gagak terkenal sebagai burung yang identik dengan mitos “kematian”. Akan tetapi, mitos ini tentunya tidak bisa dipastikan kebenarannya. Yang pasti, burung gagak telah memberikan pelajaran berharga dalam hal kecerdasan, kreativitas, kerja sama, hingga kepedulian terhadap alam.

Baca juga: Ditolak Kemenkumham, Moeldoko dkk Disarankan Bikin Partai Baru

Burung Tercerdas di Dunia

Kecerdasan burung gagak sendiri, telah diakui dari hasil laporan penelitian International Widlife Encyclopedia tahun 2002 oleh Maurice Burton dan Robert Burton. Mereka melaporkan bahwa burung gagak memiliki tingkat kecerdasan atau IQ yang paling tinggi di antara jenis spesies burung lainnya.

Baca juga: PNS dan Keluarga Dilarang Plesiran Saat Libur Paskah Mulai Besok, Melanggar Kena Sanksi

Otak burung gagak juga dikatakan lebih besar dari otak manusia. Bagian titik gelap otak burung gagak adalah 2,7 persen dari total bobot tubuhnya. Sedangkan, otak manusia dewasa memiliki bagian titik gelap hanya 1,9 persen dari berat badan Ini artinya, otak burung gagak bisa lebih maksimal dalam menyerap informasi dan wawasan.

Tidak hanya cerdas dan pintar, burung gagak juga merupakan burung yang setia, mirip seperti merpati. Setelah menemukan pasangan, burung gagak akan membuat sarang dan tinggal dengan satu pasangan hingga mereka mati. Diketahui, usia burung gagak dapat mencapai 17 tahun. Bahkan, ada beberapa burung gagak yang mampu hidup selama 23 tahun sampai 40 tahun.

Baca juga: Tiga Manfaat Makanan Pedas, Bisa Lawan Kanker

Wallahu A'lam
(wid)
cover top ayah
اَمَّنۡ هٰذَا الَّذِىۡ يَرۡزُقُكُمۡ اِنۡ اَمۡسَكَ رِزۡقَهٗ‌ ۚ بَلۡ لَّجُّوۡا فِىۡ عُتُوٍّ وَّنُفُوۡرٍ
Atau siapakah yang dapat memberimu rezeki jika Dia menahan rezeki-Nya? Bahkan mereka terus-menerus dalam kesombongan dan menjauhkan diri (dari kebenaran).

(QS. Al-Mulk:21)
cover bottom ayah
preload video