Doa Ketika Susah Tidur yang Diajarkan Rasulullah

Kamis, 01 April 2021 - 18:43 WIB
loading...
Doa Ketika Susah Tidur yang Diajarkan Rasulullah
Ada doa khusus ketika kita mengalami kesulitan untuk tidur yang diajarkan Rasulullah kepada sahabatnya Zaid bin Tsabit, yang dapat kita amalkan. Foto ilustrasi/ist
A A A
Tidur merupakan salah satu bentuk istirahat yang paling sempurna. Setelah tidur, tubuh beserta pikiran seperti me-refresh kembali semua fungsi-fungsinya. Namun demikian, sering kali kita mengalami gangguan atau susah untuk tidur yang biasa disebut dengan penyakit insomnia.



Untuk itulah, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam menganjurkan kepada kita umat Islam untuk membaca doa sebelum tidur. Supaya pada saat kita tidur, kita dapat tidur dengan nyenyak dan terhindar dari godaan setan maupun ancaman dari binatang-binatang buas pada saat tidur.



Namun jika kita tetap mengalami kesulitan insomnia ini, ada doa khusus yang dianjurkan Rasulullah yang bisa kita amalkan. Tentang insomnia ini juga pernah dialami beberapa sahabat Nabi SAW. Salah satunya adalah Zaid bin Tsabit rhadiyallahu'anhu. Keterangan tentang kejadian Zaid bin Tsabit mengalami insomnia ini terdapat dalam kitab Ibnus Sunni.



Zaid bin Tsabit mengeluhkan tentang insomnia yang dialaminya setiap malam kepada Rasulullah SAW. Lalu setelah itu Rasulullah mengajari Zaid bin Tsabit sebuah doa agar terlepas dari gangguan sulit tidur. Berikut bacaannya:

اَللّٰهُمَّ غَارَتِ النُّجُوْمُ وَهَدَاتِ الْعُيُوْنُ وَأَنْتَ حَيٌّ قَيُّوْمُ لاَتَأْخُذُكَ سِنَةٌ وَلاَنَوْمٌ يَاحَيُّ يَاقَيُّوْمُ أَهْدِىءْ لَيْلِى وَأَنِمْ عَيْنِيْ



Allaahumma ghaaratin-nujuum wa hada'atil 'uyuunu wa anta hayyuun qayyuum, la ta'khuzuka sinatuw wa laa naumuy yaa hayyu yaa qoyyumu adhi'i lailii wa anim 'aini

Artinya : "Ya Allah, bintang-bintang telah tenggelam, dan semua mata telah lelap dalam tidurnya sedang Engkau maha hidup lagi maha terus-menerus mengurus makhluk. tidak pernah mengantuk dan tidak pula pernah tidur. wahai Tuhan yang Maha Hidup dan Maha mengurusi makhluk, tenangkanlah malam hariku dan tidurkanlah mataku"



Maka, Zaid bin Tsabit pun membaca doa yang diajarkan oleh Rasulullah. Allah SWT pun menghilangkan gangguan sulit tidur yang dideritanya.

Itulah bacaan doa ketika susah atau sulit tidur ang dianjurkan Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam. Semoga membaca doa di atas semoga Allah Ta'ala, memberikan ketenangan hati dan dimudahkan untuk tidur. Semoga doa ketika susah tidur diatas bisa bermanfaat bagi anda yang susah untuk tidur atau insomnia.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2773 seconds (0.1#10.140)