6 Hikmah Puasa Ramadhan yang Penting Diketahui

loading...
6 Hikmah Puasa Ramadhan yang Penting Diketahui
Puasa, adalah rangkaian amal terbaik setelah syahadat dan shalat. Banyak sekali manfaat dan hikmah ketika seseorang melaksanakan ibadah puasa. Foto ilustrasi/SINDONews
Muslimah, ibadah puasa di bulan Ramadhan merupakan bagian dari rukun dan pilar yang membangun Islam. Di balik hukum wajibnya puasa Ramadhan, terkandung banyak hikmah yang sangat agung. Sebagai muslim, tentu kita wajib mengetahui hikmah puasa Ramadhan ini.

Baca juga: Doa Ketika Susah Tidur yang Diajarkan Rasulullah

Seperti diketahui, bulan Ramadhan adalah salah satu bentuk kasih sayang Allah bagi kaum yang beriman, tanpa adanya kemurahan yang Allah berikan pada bulan ini, tentunya akan sangat berat bagi manusia untuk dapat masuk ke dalam surga melalui amalnya. Sebagaimana Allah firmankan:

يٰٓـاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا كُتِبَ عَلَيۡکُمُ الصِّيَامُ کَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيۡنَ مِنۡ قَبۡلِکُمۡ لَعَلَّكُمۡ تَتَّقُوۡنَۙ

" Wahai orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa," (QS.Al-Baqarah : 183)

Allah wajibkan kepada mereka yang beriman untuk melaksanakan ibadah puasa. Puasa, adalah rangkaian amal terbaik setelah syahadat dan shalat. Banyak sekali manfaat, hikmah ketika seseorang melaksanakan ibadah puasa. Kebaikannya meliputi seluruh aspek yang berhubungan dengan jasmani maupun rohani, baik secara individu maupun secara sosial.

Baca juga: Dahsyatnya Keutamaan Zikir Hasbunallah Wani’mal Wakil'

Dalam kitab 'Mukhtashar Ahadits ash-Shiyam', Syaikh Abdullah bin Shalih al-Fauzan menjelaskan tentang hikmah puasa Ramadhan. Menurutnya, ada 6 hikmah puasa Ramadhan yang penting diketahui oleh umat muslim. Berikut uraiannya;

1. Bentuk peribadatan kepada Allah Ta'ala

Puasa Ramadhan adalah sebentuk peribadatan kepada Allah ‘azza wa jalla. Para hamba mendekat kepada-Nya dengan meninggalkan berbagai hal yang ia sukai pada hari-hari biasanya. Ini sebagai bentuk ketaatan kepada-Nya. Juga kepatuhan terhadap perintah-Nya.
halaman ke-1
cover top ayah
وَقَالَ الشَّيۡطٰنُ لَـمَّا قُضِىَ الۡاَمۡرُ اِنَّ اللّٰهَ وَعَدَكُمۡ وَعۡدَ الۡحَـقِّ وَوَعَدْتُّكُمۡ فَاَخۡلَفۡتُكُمۡ‌ؕ وَمَا كَانَ لِىَ عَلَيۡكُمۡ مِّنۡ سُلۡطٰنٍ اِلَّاۤ اَنۡ دَعَوۡتُكُمۡ فَاسۡتَجَبۡتُمۡ لِىۡ‌ ۚ فَلَا تَلُوۡمُوۡنِىۡ وَلُوۡمُوۡۤا اَنۡفُسَكُمۡ‌ ؕ مَاۤ اَنَا بِمُصۡرِخِكُمۡ وَمَاۤ اَنۡتُمۡ بِمُصۡرِخِىَّ‌ ؕ اِنِّىۡ كَفَرۡتُ بِمَاۤ اَشۡرَكۡتُمُوۡنِ مِنۡ قَبۡلُ‌ ؕ اِنَّ الظّٰلِمِيۡنَ لَهُمۡ عَذَابٌ اَ لِيۡمٌ
Dan setan berkata ketika perkara (hisab) telah diselesaikan, “Sesungguhnya Allah telah menjanjikan kepadamu janji yang benar, dan aku pun telah menjanjikan kepadamu tetapi aku menyalahinya. Tidak ada kekuasaan bagiku terhadapmu, melainkan (sekedar) aku menyeru kamu lalu kamu mematuhi seruanku, oleh sebab itu janganlah kamu mencerca aku, tetapi cercalah dirimu sendiri. Aku tidak dapat menolongmu, dan kamu pun tidak dapat menolongku. Sesungguhnya aku tidak membenarkan perbuatanmu mempersekutukan aku (dengan Allah) sejak dahulu.” Sungguh, orang yang zhalim akan mendapat siksaan yang pedih.

(QS. Ibrahim:22)
cover bottom ayah
preload video