Bacaan Zikir Sebelum Berbuka Puasa Ramadhan

loading...
Bacaan Zikir Sebelum Berbuka Puasa Ramadhan
Sebelum berbuka puasa dianjurkan memperbanyak zikir dan berdoa. Foto/Ist
Umat Islam diperintahkan untuk menghidupkan Ramadhan dengan memperbanyak zikir dan berdoa. Rasulullah صلى الله عليه وسلم sendiri menghidupkan Ramadhan dengan sungguh-sungguh dalam tilawahnya, Qiyamnya dan zikirnya.

Di antara zikir yang dianjurkan sebelum berbuka puasa Ramadhan dinukil dari Kitab Al-Adzkar dan lainnya. Al-Habib Quraisy Baharun memposting bacaan zikir sebelum berbuka. Berikut lafaz zikirnya:

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلٰهَ إِلاَّ اللّٰهُ أَسْتَغْفِرُ اللّٰه
نَسْأَلُكَ الْجَنَّةَ وَ نَعُوْذُ بِكَ مِنَ النَّارِ (٣x)
اللّٰهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ كَرِيْمٌ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنَّا (٣x)
يَا كَرِيْمُ


Asyhadu Alla ilaha illallah, Astaghfirullah, Nas Alukal Jannah wa Na 'Uudzubika Minan Naar. Allahumma Innaka 'Afuwwun Kariim Tuhibbul 'Afwa Fa'fu Anni Yaa Kariim.

Artinya:
Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah, Kami memohon ampun kepada Allah, Kami memohon Surga kepada-Mu dan kami berlindung kepadaMu dari api neraka. Yaa Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf dan Maha Mulia, Engkau suka memaafkan, maka maafkanlah kami, Wahai Yang Maha Mulia.



وذكر العلامة السّيد الونائي رحمه الله تعالى عن أنس بن مالك رضي الله تعالى عنه، عنه عليه الصلاة والسلام : (مامن مسلم يصوم فيقول عند إفطاره : يَا عَظِيْمُ يَا عَظِيْمُ أنْتَ إلٰهي، لَا إلهَ غيرُكَ، اغفرِ الذَّنب العظيمَ؟ فإنهُ لا يغفرُ الذَنب العظيمَ إلَّا العظيمُ ؛
آلا خرج من ذنوبه كيوم ولدته أمه) قل رسول الله ﷺ: (علموها عقبكم فإنها كلمة يحبها الله ورسوله، ويصلح بها أمر الدنيا والآخرة)

Telah menyebutkan Al-'Allamah Assayiid Wanai dari Sayidina Anas Bin Malik dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Tidaklah ada seorang muslim yang berpuasa kemudian ia membaca ketika hendak berbuka "YA 'AZHIM 3X ANTA ILAAHI LAA ILAAHA GHOIRUK IGHFIRIZ DZAMBAL 'AZHIM FAINNAHU LAA YAGHFIRUDZAMBAL 'AZHIM ILLAL 'AZHIM" melainkan ia keluar dari dosa-dosa nya seperti di hari ibunya melahirkannya.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Ajarkanlah ia kepada orang setelah kalian (generasi) karena sesungguhnya itu adalah kalimat yang dicintai Allah dan Rasul-Nya dan dapat memperbaiki urusan dunia dan akhirat."

Baca Juga: Zikir dan Doa di Bulan Ramadhan Lengkap Latin dan Artinya
(rhs)
cover top ayah
وَلَوۡ يُعَجِّلُ اللّٰهُ لِلنَّاسِ الشَّرَّ اسۡتِعۡجَالَهُمۡ بِالۡخَيۡرِ لَـقُضِىَ اِلَيۡهِمۡ اَجَلُهُمۡ‌ؕ فَنَذَرُ الَّذِيۡنَ لَا يَرۡجُوۡنَ لِقَآءَنَا فِىۡ طُغۡيَانِهِمۡ يَعۡمَهُوۡنَ‏
Jika Allah menyegerakan keburukan bagi manusia seperti permintaan mereka untuk menyegerakan kebaikan, pasti diakhiri umur mereka. Namun Kami biarkan orang-orang yang tidak mengharapkan pertemuan dengan Kami, bergelimang dalam kesesatan.

(QS. Yunus:11)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!