Seperti Apa Pahala Membangun Masjid?

loading...
Seperti Apa Pahala Membangun Masjid?
Seperti Apa Pahala Membangun Masjid?/ PPPA Daarul Quran
Seperti Apa Pahala Membangun Masjid? Pernahkah kita dengar pengumuman yang mengajak sedekah pembangunan masjid? Maka beruntunglah orang-orang yang ketika itu juga menyumbangkan sebagian hartanya untuk pembangunan masjid.

Terlebih di bulan suci Ramadhan . Semua pahala akan dilipatkagandakan. Sebab, terdapat sejumlah keutamaan besar saat kita berbesar hati ikut berpartisipasi dalam pembangunan masjid. Beberapa di antaranya adalah:

Bangun Masjid Meski Hanya Menyumbang Satu Batu Bata

Saat ini masih saja banyak masyarakat yang beranggapan bahwa sedekah untuk membantu pembangunan masjid haruslah dengan nonimal yang besar. Namun, anggapan itu adalah keliru.

“Siapa yang membangun masjid karena Allah walaupun hanya selubang tempat burung bertelur atau lebih kecil, maka Allah bangunkan baginya (rumah) seperti itu pula di surga.” (HR. Ibnu Majah no. 738)



Dibangunkan Rumah di Surga

Hadits di atas kembali diperkuat dengan sejumlah dalil, termasuk juga dari hadits lainnya yang mengatakan bahwa Allah akan membangunkan rumah untuk siapapun yang membangun masjid karena Allah. “Siapa yang membangun masjid karena Allah, maka Allah akan membangun baginya semisal itu di surga.” (HR. Bukhari no. 450 dan Muslim no. 533).

Baca Juga: Hari Ke-10 Ramadhan! JanganCemaskan Rezeki, Khawatirkanlah Amalanmu

Dilipatgandakan Hingga 700 Kali Lipat

Selain hikmah di atas, sedekah sendiri memiliki keutamaan yang luar biasa. Sebagaimana diketahui bersama bahwa salah satu keutamaan bersedekah adalah ketika Allah melipatgandakan kebaikan tersebut bahkan hingga 700 kali lipat. Dalil tersebut tertuang dalam Al-Qur'an Surat Al-Baqarah ayat 261.

“Perumpamaan orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqarah: 261).
(aww)
cover top ayah
يٰۤـاَيُّهَا النَّبِىُّ قُلْ لِّاَزۡوَاجِكَ وَبَنٰتِكَ وَنِسَآءِ الۡمُؤۡمِنِيۡنَ يُدۡنِيۡنَ عَلَيۡهِنَّ مِنۡ جَلَابِيۡبِهِنَّ ؕ ذٰ لِكَ اَدۡنٰٓى اَنۡ يُّعۡرَفۡنَ فَلَا يُؤۡذَيۡنَ ؕ وَكَانَ اللّٰهُ غَفُوۡرًا رَّحِيۡمًا
Wahai Nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin, “Hendaklah mereka menutupkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu agar mereka lebih mudah untuk dikenali, sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.

(QS. Al-Ahzab:59)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!