5 Keutamaan Tadarus Al-Qur'an yang Jarang Diketahui Umat Islam

Senin, 26 April 2021 - 08:30 WIB
loading...
A A A
عَنْ اَبِيْ اُمَامَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَى اللهِ عَلَيْهِ وَسَلَمْ يَقُوْلُ : اِقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَاِنَّهُ يَأْتِيْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيْعًا لِاَصْحَابِهِ (رَوَاهُ مُسْلِمٌ)

"Dari Abu Umamah RA berkata: Saya mendengar Rasulullah bersabda: 'Bacalah Al-Qur'an karena sesungguhnya Al-Qur'an itu nanti pada hari kiamat akan datang untuk memberi syafa'at kepada orang yang membacanya." (HR Muslim)

4. Menghidupkan Hati yang Kosong
Hati yang tidak menyimpan Kalamullah diumpamakan seperti rumah kosong. Begitu juga rumah yang tidak dibacakan Al-Qur'an , maka akan diliputi oleh kesempitan dan ketidakberkahan. Jika tidak ingin seperti rumah yang kosong hendaklah mengambil pelajaran dari sabda Rasulullah berikut:

عَن ابِي عَبٌاسٍ رَضَيِ اللٌهُ عَنُهمَا قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللٌهِ صَلَيِ اللٌهُ عَلَيهِ وَسَلَمَ اِنَ الٌذِي لَيسَ فيِ جَوفِه شَي مِنَ القُرانِ كَالَبيتِ الخَرِبِ. (رواه الترمذي وقال هذا حديث صحيح ورواه الدارمي والحاكم وصححه)

Dari Abdullah bin Abbas radhiyallahu 'anhuma berkata bahwa Rasulullah bersabda: "Sesungguhnya seorang yang tida ada sedikitpun Al-Qur'an dalam hatinya adalah seperti rumah kosong". (HR at-Tirmidzi)

5. Memperkuat Ukhuwah Sesama Muslim
Manfaat lain dari Tadarus Al-Qur'an adalah dapat menguatkan persaudaraan sesama muslim (ukhuwah Islamiyah). Mereka yang tadarus Al-Qur'an baik di masjid, mushalla atau rumah berarti telah menyambung silaturahim sesama saudara muslim lainnya. Tadarus Al-Qur'an juga dapat menjauhkan seseorang dari perkara ghibah dan semacamnya.

Wallahu A'lam

(rhs)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1224 seconds (0.1#10.140)