Waspadai, 10 Amalan yang Sia-Sia

Selasa, 27 April 2021 - 18:24 WIB
loading...
A A A
Tidak melakukan ketaatan dan pengabdian kepada-Nya.



6. Kecintaan yang tidak disertai keridhaan

Kecintaan yang tidak disertai keridhaan pada Kekasihnya, tidak pula melaksanakan segala perintah-Nya.

7. Waktu yang tidak digunakan untuk mengenali Penciptanya

Waktu yang tidak digunakan untuk mengenali Penciptanya, tidak untuk mencari karunia-Nya, tidak pula digunakan untuk mendekatkan diri kepada-Nya.

8. Pikiran yang berkisar pada sesuatu yang tidak bermanfaat

Baca juga: Jadi Pelajaran Indonesia, Ini Penyebab Terjadinya Tsunami Covid-19 di India


9. Memberikan pelayanan kepada seseorang, namun hal itu tidak menjadikan dirimu dekat kepada Allah, tidak pula menghasilkan kebaikan untuk duniamu.

10. Khauf (takut) dan raja’ (harapan)

Khauf (takut) dan raja’ (harapan) yang engkau berikan pada makhluk yang ubun-ubun (jiwanya) berada di tangan Allah. Tentu Allah lebih mengetahui segala sesuatu yang berada dalam genggaman-Nya. Tatkala engkau memberikan khauf dan raja’ pada makhluk yang tidak memiliki kekuasaan sedikitpun terhadap dirinya sendiri, tidak dapat mendatangkan manfaat, tidak pula memiliki kekuasaan tentang kematian, kehidupan maupun kebangkitan.



Dan menurut Ibnu Qayyim, pokok kesia-siaan yang paling buruk di antara seluruh poin di atas terdapat dalam dua perkara. Sungguh hal itu menjadi pokok segala bentuk kesia-siaan yaitu menyia-nyiakan hati dan menyia-nyiakan waktu

Bentuk menyia-nyiakan hati adalah lebih mendahulukan dunia dari akhirat dan menyia-nyiakan waktu dengan memperpanjang angan-angannya. Maka terkumpullah segala bentuk kerusakan pada orang yang mengikuti hawa nafsunya lagi memiliki angan-angan yang panjang.



Wallahu A'lam
(wid)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2152 seconds (0.1#10.140)