Hati-hati, 3 Perkara yang Dianggap Sepele Ini Bisa Mengundang Murka Allah Ta'ala

loading...
Hati-hati, 3 Perkara yang Dianggap Sepele Ini Bisa Mengundang Murka Allah Taala
Kita harus berhati-hato pada kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan tanpa pikir panjang, pasalnya ada perilaku yang sepele itu justru menyebabkan murka Allah. padahal siapapun yang mendapat murka Allah, maka ia terancam jahanam. Naudzubillah mindzalik. Foto
Manusia terkadang suka menyepelekan sesuatu perkara , padahal hal yang dinilai remeh tersebut ternyata dapat mengundang kemurkaan Allah Subhanahu wa ta'ala. Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam telah memperingatkan hal tersebut kepada umatnya.

Baca juga: Puasa Adalah Perisai dari 3 Perkara Ini!

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu‘anhu, Nabi Shallallahu‘alaihi wa sallam bersabda,

“Sesungguhnya Allah ridha terhadap kalian pada tiga hal dan memurkai kalian karena tiga hal. Allah meridhai kalian jika; kalian beribadah kepada-Nya dan tidak menyekutukan sesuatu pun dengan-Nya, kalian semua berpegang teguh dengan tali Allah serta tidak berpecah belah , kalian saling memberi nasihat dengan orang yang Allah kuasakan padanya urusan kalian.Allah akan memurkai kalian pada tiga hal; Berkata-kata dengan berprasangka, banyak meminta-minta, membuang-buang harta.” (HR . Muslim).

Dari hadis ini diketahui, Allah akan memurkai pada tiga hal yang seringkali dilakukan manusia, yakni berprasangka, banyak meminta-minta dan membuang-buang harta. Dirangkum dari berbagai sumber berikut penjelasananya:



Baca juga: Kisah Indah Jelang Buka Puasa Sayyidah Aisyah

1. Berprasangka

Perilaku ini sangat sering kita temui, atau bahkan mungkin kita sendiri sering melakukannya. Dan ironisnya, perilaku ini dinilai sepele, seolah tak berdampak apa-apa. Lihatlah kondisi masyarakat kita saat ini, betapa sering media sosial menjadi ladang berita hoax dan membuahkan prasangka terhadap banyak hal dan banyak orang.

Celakanya, tak sedikit muslimin yang ikut serta menyebarluaskan berita penuh prasangka tersebut. Akibatnya, muncullah keresahan di tengah masyarakat.

Padahal Allah telah berfirman, “Wahai orang-orang yang beriman, hindarilah dari banyak berprasangka.” (QS. Al Hujurat: 12). Rasulullah juga bersabda, “Tinggalkanlah berprasangka, karena berprasangka adalah sedusta-dustanya pembicaraan.” (HR . Muslim).

Baca juga: Perempuan Mau Iktikaf di Masjid, Ini Syaratnya!

Karena menghindari prasangka inilah, Islam mensyariatkan umatnya untuk mengroscek setiap berita dan melarang memberitakan setiap apa yang didengar dan dilihat. Rasulullah memperingatkan, “Cukuplah seseorang dianggap dusta dengan dia membicarakan setiap apa yang dia dengar.” (HR . Muslim).

2. Suka meminta-minta

Meminta-minta juga perbuatan yang dimurkai Allah karena seorang muslim tidak pantas menghinakan diri dengan cara meminta-minta. Dari Ibnu Umar, Rasulullah bersabda,

"Tidaklah perbuatan meminta-minta ditekuni oleh seseorang kecuali dia akan berjumpa dengan Allah dalam keadaan tidak ada sekerat daging pun di wajahnya.” (HR. Al Bukhari dan Muslim).

Baca juga: Dua Anak Amien Rais Jadi Pendiri Partai Ummat

Termasuk meminta-minta di sini ialah perilaku gemar memberitahu kebutuhannya kepada orang lain. Termasuk pula hal yang dianggap sepele dan sering dilakukan, misalnya meminta traktir teman yang baru saja mendapat prestasi, meminta oleh-oleh kepada saudara yang hendak melancong, dan lain sebagainya.

Rasulullah memberikan pengecualian meminta-minta yang dibolehkan yakni meminta kepada pemerintah dan meminta-minta karena terpaksa. Hal ini sebagaimana dalam hadis dari Samurah bin Jundub, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

“Perbuatan meminta-minta adalah penggaruk yang mengoyak wajah seseorang. Kecuali jika seseorang meminta kepada penguasa atau dalam urusan yang mengharuskannya meminta.” (HR . At Tirmidzi).
halaman ke-1
cover top ayah
وَهُوَ الَّذِىۡ يَقۡبَلُ التَّوۡبَةَ عَنۡ عِبَادِهٖ وَيَعۡفُوۡا عَنِ السَّيِّاٰتِ وَيَعۡلَمُ مَا تَفۡعَلُوۡنَ
Dan Dialah yang menerima tobat dari hamba-hamba-Nya dan memaafkan kesalahan-kesalahan dan mengetahui apa yang kamu kerjakan,

(QS. Asy-Syura:25)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!