5 Doa Penenang Hati dan Penangkal Stres

Sabtu, 05 Juni 2021 - 22:13 WIB
loading...
5 Doa Penenang Hati dan Penangkal Stres
Berdoa adalah intisari dari ibadah dan senjata bagi kaum mukmin. Foto/Ist
A A A
Adalah lumrah bagi manusia suka mengeluh, gelisah ataupun stres ketika mendapat kesusahan atau sesuatu yang tidak menyenangkannya. Namun, jika hal ini dibiarkan bisa menyebabkan seseorang dikuasai oleh setan atau menjadi sesat.

Berikut 5 doa penenang hati sekaligus perlindungan dari segala keburukan. Doa ini sangat baik diamalkan setelah sholat fardhu maupun ketika mengalami stres atau gelisah. Insya Allah berkat doa ini, Allah akan memberi pertolongan-Nya.

DOA 1
اَللّٰهُمَّ اِنِّىْ اَعُوْذُبِكَ مِنْ جَهْدِالْبَلَاءِ وَدَرْكِ الشَّقَاءِ وَسُوْءِ الْقَضَاءِ و شَمَاتَةِ الْاَعْدَاءِ

Allahumma inni a'udzubika min jahdil bala, wa darkisy syaqa', wa suu-il qadhaa', wa syamaamatil a'daa'.

"Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari susahnya bala', hinanya kesengsaraan, keburukan qadha', dan kegembiraan para musuh." (Sahih Al-Bukhari)

DOA 2
اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

Allahumma inni a'udzubika minal hammi wal hazan, wa a'udzubika minal 'ajzi wal kasali, wa a'udzubika minal jubni wal bukhli, wa a'udzubika min gholabatid dayni wa qohrir rijaal.

"Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari rasa sedih dan gelisah, aku berlindung daripada sifat lemah dan malas, dan aku berlindung pada-Mu dari sikap pengecut dan bakhil, dan aku berlindung pada-Mu dari cengkraman utang dan penindasan orang." (HR Abu Dawud dan Al-Baihaqi)

DOA 3
يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيْث

Yaa hayyu yaa Qayyuum, Bi Rahmatika Astaghiits.

"Wahai Rabb Yang Maha Hidup, wahai Rabb Yang Berdiri Sendiri tidak memerlukan segala sesuatu, dengan rahmat-Mu aku meminta pertolongan." (HR At-Tirmidzi)

DOA 4
اللهُمَّ لا سَهْلَ إلا مَا جَعَلتَهُ سَهْلا وَ أنتَ تَجْعَلُ الحزْنَ إذا شِئْتَ سَهْلا

Allahumma La sahla illa ma ja'altahu sahla, wa Anta taj'alul hazna iza syi'ta sahla.

"Ya Allah, tidak ada kemudahan melainkan apa yang Engkau jadikan mudah dan perkara yang susah dapat Engkau jadikan mudah apabila Engkau mengkehendakinya." (HR Ibnu Hibban)

DOA 5
لا إلهَ إلا أنتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظّالِمِيْنَ

Laa ilaaha illa Anta Subhaanaka inni kuntu minazh zholimin.

"Tiada Tuhan melainkan Engkau (ya Allah)! Maha Suci Engkau, Sesungguhnya aku adalah dari orang-orang yang menganiaya diri sendiri." (QS Al-Anbiya' Ayat 87)

Demikian 5 doa penenang hati dan perlindungan terhadap segala gelisah dan keburukan yang bersumber dari Al-Qur'an dan Hadis Nabi. Semoga kita bisa mengamalkannya.

Wallahu A'lam

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1878 seconds (0.1#10.140)