Mencapai Derajat Ihsan

Senin, 07 Juni 2021 - 16:02 WIB
loading...
Mencapai Derajat Ihsan
Sebagai muslim, amal perbuatan kita harus mendatangkan kecintaan kepada Allah Taala dan menjadi hamba yang dicintai Allah. Foto ilustrasi/ist
A A A
Setiap muslim hendaklah beraktivitas di dunia ini, haruslah berhati-hati jangan sampai melanggar syariat Islam . Jangan sampai aktivitas kita sia-sia bahkan mendatangkan dosa. Setiap amal perbuatan kita haruslah bernilai pahala. Sebagai muslim, amal perbuatan kita harus mendatangkan kecintaan kepada Allah Ta'ala dan menjadi hamba yang dicintai Allah. Begitulah harusnya kita memanajemeni pribadi kita.



Menurut ustad Firanda Andirja, sesungguhnya ada tingkatan-tingkatan bagi kaum muslim dalam agama ini. Tingkatan yang pertama adalah seorang muslim, tingkatan kedua seorang mukmin, dan tingkatan yang tertinggi adalah seorang muhsin. Hal itu sebagaimana dijelaskan dalam hadis yang mahsyur , yang dikenal dengan sebutan hadis Jibril.

Oleh karenanya tidak semua seorang muslim bisa mencapai derajat mukmin. Dan tidak semua orang mukmin bisa mencapai derajat muhsin. Apa itu muhsin? Muhsin adalah seseorang yang melakukan Al-Ihsan.

Tatkala malaikat Jibril bertanya kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam :

فَأَخْبِرْنِي عَنِ الْإِحْسَانِ، قَالَ: «أَنْ تَعْبُدَ اللهَ كَأَنَّكَ تَرَاهُ، فَإِنْ لَمْ تَكُنْ تَرَاهُ فَإِنَّهُ يَرَاكَ

“Kabarkanlah kepadaku tentang ihsan itu?” Beliau menjawab: “Kamu menyembah Allah seakan-akan kamu melihat-Nya, maka jika kamu tidak melihat-Nya, maka sesungguhnya Dia melihatmu.” (HR. Muslim).



Derajat ihsan ini adalah derajat yang tertingi di dalam agama. Dan seseorang hendaknya berusaha untuk mengamalkannya agar dia mendapatkan kedudukan yang tertinggi di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Yang pertama adalah dia beribadah kepada Allah sehingga seakan-akan dia melihat Allah. Maksudnya adalah dia meyakini bahwa seakan-akan Allah Subhanahu wa Ta’ala hadir di hadapannya dan berbincang dengannya tatkala shalat.

Karena Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda :

إِنَّ أَحَدَكُمْ إِذَا قَامَ فِي صَلاَتِهِ فَإِنَّهُ يُنَاجِي رَبَّهُ

“Jika seseorang dari kalian berdiri shalat sesungguhnya dia sedang berhadapan dengan Rabbnya.” (HR. Bukhari).



Dalam riwayat yang lain Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan:

إِنَّ أَحَدَكُمْ إِذَا كَانَ فِي الصَّلاَةِ فَإِنَّ اللَّهَ قِبَلَ وَجْهِهِ

“Sesungguhnya jika salah seseorang dari kalian berdiri untuk shalat, maka dia sedang berhadapan dengan Allah.” (HR. Bukhari).

Sehingga tatkala seseorang yakin bahwasanya Allah sedang dekat dan memperhatikannya, maka keyakinan itu akan memberi pengaruh besar dalam kehidupannya, ibadahnya, dan sikapnya.

Jika seseorang tidak mampu meyakini hal ini, maka hendaknya dia kembali kepada syarat yang kedua, yaitu meyakini bahwa sesungguhnya Allah Maha Melihat di mana pun dia berada.



Untuk menghadirkan keyakinan bahwa Allah benar-benar memperhatikan kita, hendkanya kita membaca ayat yang menjekaskan tentang Maha Luas dan detilnya Ilmu Allah Subhanahu wata’ala.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :

أَلَا يَعْلَمُ مَنْ خَلَقَ وَهُوَ اللَّطِيفُ الْخَبِيرُ

“Apakah (pantas) Allah yang menciptakan itu tidak mengetahui? Dan Dia Mahahalus, Maha Mengetahui.” (QS. Al-Mulk : 14)

Kita semua ini adalah makhluk ciptaan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Maka tentu Allah Subhanahu wa Ta’ala tahu persis tentang apa yang kita lakukan.



Dalam ayat yang lain Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :

وَعِنْدَهُ مَفَاتِحُ الْغَيْبِ لَا يَعْلَمُهَا إِلَّا هُوَ وَيَعْلَمُ مَا فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ وَمَا تَسْقُطُ مِنْ وَرَقَةٍ إِلَّا يَعْلَمُهَا (59)

“Dan kunci-kunci semua yang gaib ada pada-Nya; tidak ada yang mengetahui selain Dia. Dia mengetahui apa yang ada di darat dan di laut. Tidak ada sehelai daun pun yang gugur yang tidak diketahui-Nya.” (QS. Al-An’am : 59)..

Jadi, setelah mengetahui dalil-dalil di atas, maka sudah seharusnya kita menjaga perilaku kita. Karena sejatinya Allah Subhanahu wa Ta'ala selalu memperhatikan dan mencatat setiap amal perbuatan kita. Dan nanti akan dimintai pertanggungjawaban di yaumil hisab atau hari perhitungan kelak di akhirat.

Baca juga: Mengintip Kunci Sukses MSP Tembus Pasar Timah Dunia

Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2211 seconds (0.1#10.140)