Di Jari Manakah Rasulullah Memakai Cincin? Berikut Penjelasannya

loading...
Di Jari Manakah Rasulullah Memakai Cincin? Berikut Penjelasannya
Banyak riwayat menyebutkan cincin yang dikenakan Nabi sangat istimewa karena memiliki ukiran. Foto/Ist
Menggunakan cincin adalah sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam sebagaimana diriwayatkan dalam banyak hadis sahih. Cincin Rasulullah terbuat dari perak. Pertanyaannya, di jari manakah Rasulullah memakai cincin?

Dalam satu kajian, Habib Munzir Al-Musawa menyebutkan bahwa Nabi memakai cincin di tangan kanannya. Dalam riwayat Imam at-Tirmidzi dijelaskan bahwa cincin itu kemudian dipakai oleh Sayidina Abubakar Asshiddiq lalu dipakai Umar lalu ke tangan Sayyidina Utsman bin Affan radhiyallahu 'anhum, lalu terjatuh ke Sumur Aris. (Assyama'il Imam Tirmidzi Hadits No 95)

Baca Juga: Cincin Rasulullah SAW dan Cara Memakainya

Di riwayat lain disebutkan bahwa Rasulullah memakai cincin terbuat dari perak di jari kelingking. (HR Muslim No 2095). Dalam sahih Al-Bukhari juga menyatakan demikian dengan redaksi hadis: "Rasulullah memakai cincin di kelingkingnya".

"Rasulullah melarang menggunakan cincin di jari tengah dan telunjuk." (HR Muslim No 2078)



Berkata Anas radhiyallahu 'anhu: "Bahwasanya cincin Rasulullah di tanganku, lalu setelahku dipakai oleh Abu Bakar, dan setelah dari tangan Abu Bakar kepada tangan Umar, lalu pada tangan Utsman, dan terjatuh di sumur Aris, hingga tiga hari kami mencarinya dan kami tak menemukannya." (Shahih Al-Bukhari No 5540)

Banyak riwayat menyebutkan cincin yang dikenakan Nabi sangat spesial karena memiliki ukiran. Dalam Kitab Asy-Syamail Imam At-Tirmidzi disebutkan bahwa cincin Rasulullah terbuat dari perak sedangkan permatanya dari Abessina (Habsyi). Dari riwayat yang bersumber dari Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu dijelaskan:

"Tatkala Rasulullah SAW hendak menulis surat kepada penguasa bangsa 'Ajam (asing), kepadanya diberitahukan: "Sungguh bangsa 'Ajam tidak akan menerimanya, kecuali surat yang memakai cap. Maka Nabi SAW dibuatkan sebuah cincin (untuk cap surat). Terbayanglah dalam benakku putihnya cincin itu di tangan Rasulullah SAW ".

Sayyidah Aisyah radhiyallahu 'anha ditanya, apakah sunnah yang paling dicintai Nabi Muhammad? Beliau menjawab: "Yang selalu didawamkan (dirutinkan) walau hal kecil, itulah yang paling dicintai Rasulullah".

Demikian keutamaan memakai cincin sebagaimana dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Semoga Allah melimpahkan keberkahan dan taufik untuk kita semua.

Wallahu A'lam

Baca Juga: 8 Sunnah Nabi yang Bermanfaat Bagi Kesehatan
(rhs)
cover top ayah
وَكَمۡ اَهۡلَـكۡنَا قَبۡلَهُمۡ مِّنۡ قَرۡنٍ هُمۡ اَشَدُّ مِنۡهُمۡ بَطۡشًا فَنَقَّبُوۡا فِى الۡبِلَادِ ؕ هَلۡ مِنۡ مَّحِيۡصٍ
Dan betapa banyak umat yang telah Kami binasakan sebelum mereka, (padahal) mereka lebih hebat kekuatannya daripada mereka (umat yang belakangan) ini. Mereka pernah menjelajah di beberapa negeri. Adakah tempat pelarian (dari kebinasaan bagi mereka)?

(QS. Qaf:36)
cover bottom ayah
preload video